Tips Menginap & Cara Mendapat Penginapan Murah di Shirakawago




Penginapan di Shirakawago - www.agoda.com
Penginapan di Shirakawago - www.agoda.com

Bagi Anda yang bosan dengan aktivitas pelesir yang biasa-biasa saja, cobalah untuk berpetualang ke desa warisan dunia UNESCO, yakni Shirakawago di Prefektur Gifu, Jepang. Lantaran jaraknya cukup jauh dari Tokyo atau Kyoto dan akses transportasinya masih terbatas, para atau backpacker biasanya disarankan untuk menginap setidaknya 1 malam di Shirakawa-go. Lalu apa sih yang menarik dari Shirakawago? Padahal kabarnya penginapan di sana harganya cukup mahal.

Shirakawago sendiri berbeda dari destinasi wisata pada umumnya. Shirakawago menyuguhkan kampung tradisional ala Jepang yang masih benar-benar eksotis dan tertata. Untuk menuju Shirakawa Go bisa ditempuh lewat perhentian di 2 kota, yakni Takayama dan Kanazawa dengan naik Nouhi Bus. Di Shirakawago ada banyak milik warga setempat yang disewakan. Rata-rata di sana masih bernuansa kental dengan kebudayaan Jepang, sehingga Anda bisa seolah benar-benar bisa merasakan sensasi hidup layaknya penduduk Jepang sungguhan.

Masih di kawasan Shirakawago, khususnya di Desa Ogimachi, Anda kabarnya akan dapat merasakan menginap di rumah gassho-zukuri. Gassho-zukuri artinya adalah bentuk tangan yang berdoa. Rumah-rumah di desa tersebut unik lantaran dibangun tanpa menggunakan paku dan atapnya tinggi membentuk posisi tangan yang sedang berdoa. Bentuk atap semacam itu dipercaya membuat salju tidak menumpuk saat musim dingin alias musim salju. Setidaknya terdapat belasan pemilik rumah gassho-zukuri yang menyewakan ruangan untuk para wisatawan yang hendak menginap di sana.

Penginapan di Shirakawago - www.agoda.com
Penginapan di Shirakawago – www.agoda.com

Berbeda dari menginap di kawasan kota metropolitan layaknya Tokyo atau Osaka, Apabila Anda berencana untuk bermalam di Shirakawago, ternyata Anda tidak bisa hanya mengandalkan melalui aplikasi atau situs pada umumnya. Menurut penuturan beberapa traveler yang pernah pengalaman bepergian sekaligus menginap di Shirakawago, mereka biasanya harus berkirim e-mail terlebih dahulu melalui alamat: info-e@shirakawa-go.gr.jp.

Pasalnya, reservasi atau booking penginapan di Shirakawago ternyata hanya dapat dilakukan melalui email. Melalui alamat email tadi, sampaikan keinginan Anda untuk menginap di Gensaku. Gensaku sendiri adalah istilah untuk menyebut rumah penginapan di sana. Mereka nantinya akan bertanya detail mengenai jumlah orang yang akan menginap, beserta data umur dan jenis kelamin. Bahkan kabarnya untuk tamu anak-anak akan dikenai tarif atau yang berbeda dari tamu dewasa.

Lihat Juga:   Info Penginapan Dekat Stasiun Bekasi (Fasilitas dan Tarif)

Detail penginapan dan rate maupun sebenarnya bisa Anda lihat sendiri melalui situs shirakawa-go.gr.jp/stay. Kemudian segala komunikasi dengan pihak Shirakawago information office selebihnya hanya dilakukan melalui email. Yang lebih menarik, Anda sebagai calon tamu yang akan menginap di Shirakawago ternyata tidak perlu melakukan transfer uang sebagai down payment (DP) atau uang muka apapun.

Jadi biasanya hanya modal kepercayaan, asalkan Anda harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu 1 minggu sebelum berangkat dengan mengirimkan email pada mereka sebelum berangkat. Dengan demikian, bisa dipastikan jika Anda akan mendapatkan penginapan yang Anda kehendaki jika sudah melakukan konfirmasi untuk memastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan Anda pada pihak Shirakawago information office.

Yang perlu Anda ketahui, penginapan di Shirakawago biasanya sudah termasuk fasilitas sarapan dan makan malam. Apabila Anda hendak menginap 2 malam, bisa juga mendapatkan paket yang sudah termasuk makan siang atau Anda bisa makan siang di satu-satunya restoran yang ada di kawasan Shirakawa-Go. Paket penginapan yang disediakan kabarnya memang sudah seperti itu, sebab tak ada lagi pilihan restoran untuk makan di kawasan Shirakawago.

Apabila Anda umat muslim, sebaiknya beritahukan juga pihak pemilik rumah bahwa Anda hanya memakan makanan yang halal. Biasanya pemilik rumah akan dengan senang hati untuk menyajikan menu halal khusus bagi Anda, seperti ikan atau seafood, daging ayam, atau sapi. Jika Anda punya alergi terhadap makanan tertentu, jangan lupa juga untuk sampaikan ke pemilik rumah agar tidak merepotkan nantinya jika alergi Anda kambuh karena tak sengaja makan makanan yang memicu alergi.

Lihat Juga:   The Grand Kost, Kost Harian Murah di Dekat Pasar Blimbing, Malang

Menu masakan yang disajikan selama Anda menginap di Shirakawago tentunya adalah masakan khas Jepang. Tak perlu khawatir, makanannya biasanya sangat melimpah dan tentunya dengan cita rasa yang tentunya unik dan menggugah selera.

Ada pula traveler yang mengungkapkan bahwa untuk Gensaku atau rumah penginapan di Shirakawago akan dipilihkan oleh pihak penyedia jasa, bukan Anda yang menentukan. Jadi bisa saja Anda memperoleh penginapan yang letaknya ada di dekat pintu masuk kawasan atau bisa juga yang posisinya sangat di belakang. Rupanya pilihan penginapan itu ditentukan berdasar ketersediaan dan budget yang Anda miliki.

Penginapan di Shirakawago - www.agoda.com
Penginapan di Shirakawago – www.agoda.com

Sebagai informasi, harga menginap di Shirakawago memang relatif lebih mahal dibandingkan menginap di hotel biasa. Tarifnya rata-rata berkisar antara 7.000 hingga 25.000 yen. Tapi jika Anda ingin menginap di gensuku tanpa mengambil paket makan dan pemanas (heater), maka harganya bisa lebih lagi. Salah satunya Ant Hut, rate yang dipatok sekitar 3.800-4.300 yen saja (tanpa makan dan pemanas). Jika menyewa full 1 rumah saat summer (musim panas) biayanya 35.000 yen dan saat winter (musim salju) lebih mahal, yakni 38.000 yen.

Walaupun Shirakawago adalah sebuah desa tradisional, Anda tak perlu panik soal konektivitas. Pasalnya di desa semacam ini pun ternyata pemerintah Jepang sudah melengkapinya dengan fasilitas berupa koneksi internet gratis alias free Wi-Fi! Asyik sekali bukan? Anda tetap bisa terhubung dengan dunia luar sembari memamerkan foto-foto kegiatan Anda selama berada di Shirakawago.

Harga penginapan yang relatif mahal di Shirakawago tampaknya memang benar-benar sebanding dengan fasilitas full service yang disediakan oleh pihak pemilih rumah. Terlebih karena pemilik rumah biasanya akan memberi Anda banyak informasi mengenai kawasan Shirakawago yang bersejarah tersebut.




Tentang Dian Kartika1110 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan