Tips Liburan Hemat Biaya ke Kota Malang




BNS (batu night spectacular) Malang - www.hargatiket.net
BNS (batu night spectacular) Malang - www.hargatiket.net

Daripada jauh-jauh pergi ke luar negeri, cobalah untuk menjelajahi kekayaan yang ada di Indonesia. Ungkapan ini tampaknya benar-benar berlaku bagi Anda yang memang cinta Indonesia. Tak berlebihan, pasalnya Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata yang layak untuk dieksplor, misalnya saja Kota . Kota satu ini memang tidak segemerlap atau sepadat Jakarta dan Bandung, namun keunikan yang ada di Kota menjadikannya salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Apalagi biaya liburan ke juga tidak terlalu mahal kok!

Jika Anda bertekad untuk berlibur ke Malang ala backpacker, Anda setidaknya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 500-600 ribuan saja untuk berkunjung ke Malang selama 3 hari 2 malam. Murah kan? Yuk, simak rinciannya berikut ini!

Kalau berbicara soal transportasi, bagi Anda yang berangkat dari Jakarta dan hendak ke Malang, maka pilihan transportasi yang murah dan nyaman adalah dengan naik kereta api. Ada beberapa pilihan kereta api yang bisa Anda tumpangi, mulai dari KA Bima dan KA Gajayana kelas eksekutif, serta KA Jayabaya, KA Matarmaja, dan KA Majapahit untuk kelas ekonomi.

Supaya hemat, pilih saja KA Matarmaja dengan tarif paling murah Rp 109 ribu saja per orang. Kereta ini berangkat dari Pasar Senen jam 15.15 WIB dan dijadwalkan tiba di Malang Kota Baru pukul 07.51 WIB keesokan harinya. Kabar baiknya, sistem pemesanan tiket kereta api kini juga bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari, yakni H-90 tanggal keberangkatan. Asyik kan? Anda pun bisa merencanakan perjalanan ke Malang secara lebih matang.

Naik Kereta Api Gajayana - www.tribunnews.com
Naik Kereta Api Gajayana – www.tribunnews.com

Jika sudah berada di Malang, Anda bisa menggunakan jasa sewa motor atau mobil saja untuk memudahkan transportasi di dalam kota. Di Malang ada banyak persewaan sepeda motor dengan biaya sekitar Rp 70 ribuan per 24 jam, sedangkan untuk carter mobil biayanya berkisar Rp 300 ribuan. Namun perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk dengan bensin.

Untuk urusan akomodasi, apabila Anda berkantong cekak tampaknya jangan berharap muluk-muluk untuk bisa menginap di berbintang. Pasalnya -hotel berbintang di Malang saat ini mematok tarif mulai dari Rp 300 ribuan ke atas. Jika ingin penginapan yang murah, Anda bisa memilih -hotel kelas melati, wisma, maupun guest house yang tarifnya masih di bawah Rp 300 ribu. Bahkan untuk penginapan-penginapan model dormitory tarifnya hanya berkisar Rp 100 ribuan saja lho!

Tapi jika Anda memang berjiwa petualang sejati dan ingin merasakan backpacker yang sesungguhnya, cobalah untuk menginap di penginapan gratis bernama Omah Backpacker. Omah Backpacker beralamatkan di Jl. Raya Ngepeh No. 17, Ngijo, Karangploso, Kabupaten Malang. Jika dari stasiun, Anda dapat naik angkot berwarna merah jurusan Karangploso, kemudian turun di depan Masjid An-Nur sebelah kiri jalan. Posisi Omah Backpacker ada tepat di seberang masjid tersebut.

Penginapan ini sebenarnya tidak benar-benar gratis, sebab para pengunjung yang ingin menginap di Omah Backpacker diwajibkan untuk menyumbang satu buku, baik baru maupun bekas untuk menginap per malam di Omah Backpacker. Buku-buku tersebut nantinya akan disimpan di Bacaan yang ada di desa sekitar. Keren ya! Anda bisa menginap sekaligus beramal di Omah Backpacker.

Destinasi Wisata

Meskipun cuma liburan singkat, bukan berarti Anda tak punya kesempatan untuk menjelajahi kota sejuk satu ini. Nah, untuk tempat wisata Anda bisa mengatur sendiri ingin ke mana saja Anda berpetualang. Hari pertama mungkin Anda bisa memilih untuk menjelajahi , kemudian hari kedua pergi ke yang berada di wilayah Malang Selatan, atau bisa juga pergi ke Bromo.

Bila ingin yang dekat-dekat saja, Anda bisa berkunjung ke Museum Malang Tempo Doeloe yang menampilkan Kota Apel ini. Harga tiket masuk museum cukup murah, hanya sekitar Rp 25 ribuan saja. Kemudian Anda juga bisa berkunjung ke Kampung Jodipan yang terkenal lewat warna-warninya yang cerah. Puas berjalan-jalan, pada malam hari Anda bisa mengunjungi Batu Nigh Spectacular (BNS) atau theme park lain yang berada di sekitarnya.

Kuliner

Ke Kota Malang tentu belum lengkap jika tak mengunjungi beberapa kuliner khas yang ada di sana. Di Malang ada banyak kuliner legendaris yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi perut, misalnya saja seperti Rawon Nguling, Depot Hok Lay, Pecel Kawi, dan sebagainya. Namun jika Anda ingin menghemat biaya, tak ada salahnya untuk makan di warung-warung pinggir jalan.

Pecel Kawi Malang - www.tripadvisor.com
Pecel Kawi Malang – www.tripadvisor.com

Untuk Anda yang tak ingin repot, cobalah untuk merapat ke daerah Sukarno Hatta (Suhat), sebab di sana ada banyak cafe, warung, dan restoran yang bisa Anda cicipi. Pusat kuliner juga bisa Anda temui di mall-mall yang ada di Malang seperti Mall Olympic Garden (MOG), Malang Town Square (Matos), hingga ke kawasan Kota Malang.

Jika dirinci, berikut perhitungan biaya liburan ke Malang:

Tiket kereta api Matarmaja PP Rp 109 ribu x 2 = Rp 218 ribu
Sewa motor 2 hari @ Rp 70 ribu = Rp 140 ribu
Bensin 2 hari = Rp 60 ribu
Tiket masuk Museum Malang Tempo Doeloe = Rp 25 ribu
Tiket masuk Kampung Jodipan = Rp 3 ribu
Tiket masuk BNS = Rp 30 ribu
Tiket masuk Pantai Balekambang = Rp 15 ribu
Makan 6 kali @ Rp 13 ribu = Rp 78 ribu
Total = Rp 569 ribu

Bagaimana? Sudah memutuskan kapan Anda akan berangkat ke Malang? Jangan lupa, jika Anda ke Malang pada saat high season seperti libur Natal, Lebaran, maupun Tahun Baru, biasanya harga tiket masuk ke tempat-tempat hiburan seperti BNS, Jatim Park, dan sebagainya akan dipatok lebih mahal. Oleh sebab itu, siapkan budget lebih saat berlibur ya!

[Dian]

Lihat Juga:   Tips Liburan: Kisaran Biaya Jalan-Jalan ke Jepang




Tentang Dian Kartika1066 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*