Update Tips Berwisata Murah ke Yogyakarta Ala Backpacker




Berwisata ke Yogyakarta - www.withlocals.com
Berwisata ke Yogyakarta - www.withlocals.com

Pesona Kota Yogyakarta memang selalu berhasil membuat siapapun tergoda. Namun, Anda salah kalau mengira butuh merogoh kocek dalam untuk berlibur ke kota ini. Nyatanya, jika Anda bisa mengatur semuanya dengan baik, berwisata selama tiga hari dua malam di Jogja ala backpacker tidak akan membutuhkan biaya yang banyak.

Memilih Transportasi Ekonomis

Ketika hendak ke luar kota, hal pertama dan utama yang harus Anda persiapkan adalah . Jika Anda warga ibukota, maka tiket yang murah dan mudah dari Jakarta-Jogja adalah kereta api, Anda bisa memilih kelas ekonomi untuk menghemat biaya. Anda dapat memanfaatkan sarana transportasi kereta api untuk mengawali petualangan ke Jogja.

Karena memosisikan diri sebagai backpacker alias budget traveler, maka pilih kereta api yang low-budget, misalnya KA Bengawan. Kereta ini biasanya berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 11.30 WIB dan sampai di Jogja pukul 19.50 WIB di Stasiun Lempuyangan. Harga tiket kelas Ekonomi terbilang sangat murah untuk jauh, sekitar Rp74 ribuan.

Sebagai kereta api jarak jauh kelas ekonomi, KA Bengawan telah menggunakan gerbang penumpang ber-AC serta dilengkapi dengan toilet. Setiap gerbong penumpang berisi 106 duduk yang disusun 3-2, dengan 3 tempat duduk di sisi kanan dan 2 tempat duduk di sisi kiri. Tempat duduk kereta kelas ekonomi tidak memiliki sekat pemisah sebagaimana kereta eksekutif.

Tempat duduk juga disusun berhadapan tanpa dapat diputar balik. Masing-masing penumpang dapat menggunakan stop kontak yang tersedia di bawah jendela setiap baris tempat duduk. Adapun bantal dan selimut tersedia dengan biaya sewa. Layanan makan tersedia layaknya kereta kelas eksekutif di gerbong penumpang maupun pada kereta makan tersendiri.

Wisata, ke, yogyakarta, ala, backpacker, murah, hemat, bujet, jakarta, stasiun, kerta, Sosrowijayan, penginapan, Prawirotaman, rute, biaya, liburan,
Wisata ala backpacker (royalindowisata.com)

Sesampainya di Jogja, Anda bisa mencari penginapan dengan berjalan kaki ke daerah Sosrowijayan, yang memang terkenal sebagai pusatnya penginapan murah di kalangan para backpacker. Sebenarnya, jika Anda ingin jalan kaki ke kawasan Sosrowijayan, akan lebih dekat jika turun di Stasiun Tugu. Namun, karena kereta Bengawan adalah kereta kelas ekonomi, sehingga turun di Stasiun Lempuyangan. Jika ditarik garis lurus, jaraknya sekitar 500 meter menuju daerah Sosrowijayan yang ada di Jalan Malioboro ini.

Anda juga bisa memanfaatkan moda transportasi Trans Jogja untuk menuju Sosrowijayan. Jarak halte Trans Jogja dari Stasiun Lempuyangan hanya sekitar 50 meter. Dari pintu keluar, Anda cukup berjalan ke arah kiri. Tak jauh di antara jembatan layang, Anda akan mendapati halte Trans Jogja. Harga tiket untuk menggunakan Trans Jogja pun sangat terjangkau, yakni Rp3.500. Trans Jogja beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30-21.30 WIB.

Memilih Penginapan di Yogyakarta

Dari Lempuyangan ke arah Malioboro, Anda bisa menggunakan Trans Jogja rute 2A. Dari halte Malioboro, Anda tinggal masuk ke dalam gang Sosrowijayan, dan pilihlah penginapan yang banyak ditawarkan di dalamnya. Aneka murah, mulai dari kelas melati, losmen, hotel bintang 1 hingga bintang 5 semuanya tersedia. Penginapan dengan tarif Rp100 ribu per malam pun masih ada.

Selain Sosrowijayan, daerah lainnya yang terkenal dengan penginapan murah adalah Jalan Prawirotaman. Daerah ini masih belum begitu familiar di telinga Indonesia karena memang lebih sering didatangi oleh asing. Banyak penginapan murah di sini, mulai Rp100.000 per malam. Jalan Prawirotaman ini lokasinya lebih dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan daerahnya relatif lebih sepi daripada Jl. Sosrowijayan.

Wisata, ke, yogyakarta, ala, backpacker, murah, hemat, bujet, jakarta, stasiun, kerta, Sosrowijayan, penginapan, Prawirotaman, rute, biaya, liburan,
Daerah Sosrowijayan (Flickr: Epy)

List Wisata Murah di Yogyakarta

Sebagai backpacker, tentu Anda akan lebih nyaman berjalan sendiri ketimbang mengikuti tur untuk mengunjungi suatu tempat. Karena angkutan umum di Jogja masih jarang dan tidak fleksibel, Anda bisa menyewa motor untuk menikmati wisata-wisata menarik yang ada di Jogja. Yang paling murah harganya Rp50 ribuan per hari, namun belum termasuk bahan bakar.

Di Yogyakarta, wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah pantai. Anda bisa menyempatkan waktu untuk menjamah pasir-pasir pantai di daerah Gunungkidul. Meskipun terhitung jauh, namun pantai-pantai di sana lebih sepi dan alami dibanding Parangtritis. Pantai-pantai di Gunungkidul sangat cocok sebagai tempat pengusir penat.

Di Kabupaten Gunungkidul, terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak 35 kilometer di selatan Wonosari. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan. Harga tiket masuk pantai ini juga terbilang terjangkau, hanya Rp15 ribuan per orang. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga tiket masuk pantai tersebut Rp10 ribuan per orang.

Setelah mengusir penat dengan keindahan pantai di Gunungkidul, hari berikutnya di Jogja, Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi wisata yang ada di pusat kota. Pada pagi hari, Anda bisa mengunjungi keraton, yang juga disebut sebagai museum hidup kebudayaan Jawa, karena hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal raja. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu saja, Anda bisa memuaskan hasrat berwisata sejarah dan menyaksikan aneka pagelaran seni di dalamnya. Tahun sebelumnya, harga tiket masuk ke Keraton Jogja dipatok mulai Rp7 ribu per orang.

Wisata, ke, yogyakarta, ala, backpacker, murah, hemat, bujet, jakarta, stasiun, kerta, Sosrowijayan, penginapan, Prawirotaman, rute, biaya, liburan,
Pantai Gunung Kidul Yogyakarta (eksotisjogja.com)

Keraton Jogja beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang. Setelah mengunjungi keraton, Anda bisa beralih ke Taman Sari. Di tempat ini, Anda akan terpesona dengan gemericik air, keindahan arsitektur yang kuno, dan pemandangan menakjubkan. Untuk masuk ke kawasan Taman Sari, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp5 ribu untuk tiket.

Kemudian, pada sore hari, Anda bisa menikmati sunset di Candi Ratu Boko. Meski harga tiketnya tidak semurah Keraton dan Taman Sari, yakni Rp40 ribuan, kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8 ini akan memberikan Anda kedamaian. Harga tiket masuk Candi Ratu Boko tersebut telah naik dari tahun sebelumnya, yang dipatok mulai Rp25 ribuan per orang.

Selain wisata alam dan budaya Jawanya yang kental, kuliner Jogja juga sangat sayang untuk dilewatkan. Di sepanjang Jalan Malioboro saja, Anda akan menemukan banyak pedagang makanan yang berjajar di pinggir jalan, mulai dari gudeg, penyetan, sampai angkringan. Namun, bagi para backpacker yang menghemat biaya, sangat disarankan supaya tidak makan di pinggir Jalan Malioboro. Sebab, harganya cukup mahal bagi Anda yang memiliki dana pas-pasan. Agar bisa menikmati kuliner murah meriah, Anda bisa pilih nasi kucing di angkringan (kalau bisa yang jauh dari keramaian) atau warung nasi seperti warteg.

[Almasshabur]

Lihat Juga:   Daftar 10 Tempat Wisata Di USA Paling Top




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan