Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Bukit Tinggi Sumenep




Bukit Tinggi Sumenep - www.idntimes.com
Bukit Tinggi Sumenep - www.idntimes.com

Berlibur ke Sumenep, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Bukit Tinggi. Ini merupakan salah satu spot rekreasi bertema alam. Kebanyakan pengunjungnya berasal dari kalangan turis lokal dan beberapa ada yang dari mancanegara. Selain ramai karena tempat yang asyik, yang juga disebut dengan Boekit Tinggi Daramista itu juga ramai karena harga tiket masuknya yang terbilang terjangkau.

Wisata Boekit Tinggi Daramista

Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang terletak di daerah ujung paling timur Madura. Kawasan ini memang dikenal memiliki aset kekayaan daerah, berupa wisata budaya, wisata alam, dan wisata .[1] Dari semua potensi wisata yang ada, paling laris adalah wisata alamnya, seperti Boekit Tinggi Daramista. Berlokasi di Daramista, Lenteng, Sumenep, Jawa Timur, wisata Boekit Tinggi Daramista tak pernah sepi pengunjung.

Meskipun Daramista merupakan tempat yang agak terpencil di Madura, namun Anda tidak perlu khawatir karena akses menuju wisata Boekit Tinggi tidaklah sulit. Bagi Anda yang datang dari arah Pamekasan, waktu yang diperlukan untuk sampai di tersebut sekitar 1,2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari arah Pamekasan, pergilah ke arah Jl. Raya Pamekasan-Sumenep menuju Jl. Talang Siring. Ikuti jalan tersebut dan lintasi Jl. Talang Siring ke arah Nyamplong.

Sesampainya di Jl. Nyamplong, ambil arah menuju Jl. Lenteng Timur-Sumenep di Billa Tompok. Setelah menemukan perempatan, belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Di perempatan selanjutnya, belok kanan hingga Anda menjumpai pertigaan, lalu belok kiri ke Jl. PS. Telaga. Lurus saja hingga Anda menemukan pertigaan dekat Kantor Kepala Desa Daramista, lantas belok kiri. Lurus saja ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan Boekit Tinggi Daramista di sebelah kiri jalan.

Lihat Juga:   Wisata Djaman Doeloe di Kampung Kemasan Gresik
Bukit Tinggi Sumenep - m.kaskus.co.id
Bukit Tinggi Sumenep – m.kaskus.co.id

Rute akan berbeda jika Anda datang dari arah Pantai Slopeng. Dari Pantai Slopeng menuju Wisata Boekit Tinggi Daramista, waktu tempuhnya sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari arah pantai, ambil arah menuju Jl. Balokondang. Lurus ke utara ke Jl. Raya Ambunten menuju Jl. Raya Dask. Telusuri jalan tersebut hingga Anda berada di Jl. Raya Rubaru di Daya. Setelah Anda menemukan percabangan, ambil arah kiri menuju Jl. Raya Rubaru ke arah Jl. Balamondang. Sesampainya di Billa Tapok, ikuti jalan di kanan menuju Mushalla Raudatul Jannah. Telusuri jalan tersebut, dan tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan.

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute di atas, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar atau melihat GPS. Sebenarnya rute di atas tidaklah sulit karena sudah ada tanda berupa patokan menuju wisata Boekit Tinggi Daramista.

dan Masuk Wisata Boekit Tinggi Daramista

Sesampainya di gerbang menuju tempat wisata, Anda bisa langsung memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Berada di sebuah bukit, Boekit Tinggi Daramista menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Dari area tersebut, Anda bahkan bisa melihat panorama Kabupaten Sumenep yang dikelilingi dengan tumbuhan hijau. Memandang jauh ke depan, Anda juga bisa melihat pemandangan bukit dan rumah-rumah penduduk yang tidak terlalu padat.

Lihat Juga:   Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Akomodasi Premium Dekat Pantai

Selain menjadi spot foto yang apik, Boekit Tinggi juga terkenal sebagai wisata ramah . Ini bisa dilihat dari banyaknya permainan anak yang disediakan, mulai dari ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain. Di bagian tengah area wisata, juga dilengkapi dengan taman dan bangku-bangkunya, yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk bersantai. Di setiap pojok area, juga tersedia pondokan atau gazebo kecil. Biasanya, tempat tersebut menjadi spot pengunjung untuk berpiknik dan nongkrong.

Bukit Tinggi Sumenep - www.idntimes.com
Bukit Tinggi Sumenep – www.idntimes.com

Untuk fasilitasnya sendiri, wisata Boekit Tinggi Daramista menyediakan, spot foto di taman, spot foto berbentuk hati dengan ketinggian lebih dari 2 m, jembatan kayu, lampion, toilet, warung makan, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati semua fasilitas sekaligus keindahan di wisata Boekit Tinggi Daramista, Anda harus membayar harga tiket masuknya terlebih dahulu. Menurut beberapa pengunjung yang pernah datang, harga tiket masuknya Rp5.000 per orang. Tentu harga tiket masuk wisata Boekit Tinggi Daramista tersebut tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola. Wisata Boekit Tinggi Daramista buka pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

[1] Alifiyah, Nur Inna. 2019. Upaya Peningkatan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Sumenep melalui Smart City System. Journal of Innovation, Vol. 1(1): 29-41.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan