Wisata Sumber Nyolo, Pemandian di Malang Dipercaya Bikin Awet Muda




Wisata Sumber Nyolo - (YouTube: BerwisataTV)
Wisata Sumber Nyolo - (YouTube: BerwisataTV)

Ada banyak wisata air yang dapat Anda temukan di Malang. Namun, dari sekian banyak wisata tersebut, mungkin masih sedikit yang mengetahui keberadaan Sumber Nyolo. Ini adalah sebuah spot ekowisata yang tidak hanya menawarkan kesegaran bermain air, tetapi juga konon dapat membuat pengunjungnya menjadi lebih awet muda.

Dalam beberapa tahun belakangan, Pemerintah Kabupaten Malang memang tengah gencar memunculkan potensi wisata di desa-desa tertentu yang punya kekayaan unik. Konsep ekowisata dengan mengembangkan sumber air yang dimiliki desa menjadi salah satu tujuannya. Namun dalam mengembangkan wisata seperti ini tidaklah mudah, karena banyak komponen yang perlu diperhatikan. Sumber air sendiri memiliki komponen-komponen penyusun yang sangat rumit, mulai dari tanaman atau pohon yang mampu menyerap air, sumber air yang mengalir, besaran debit air, luberan sumber, serta kualitas airnya.[1]

Sejarah Sumber Nyolo

Nah, dari sekian banyak wisata air di Kabupaten Malang, salah satu yang menjadi sasaran target pengembangan adalah Sumber Nyolo. Tempat ini awalnya dikenal sebagai wisata religi di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Mojosari Glugur, Karangploso, Kabupaten Malang. Tak jauh berbeda dengan tempat wisata religi lainnya, suasana di Sumber Nyolo pun memang ‘tidak biasa’. Mungkin karena sejarah tempat ini juga dinilai sakral oleh warga setempat.

Ada dua versi asal mula nama Sumber Nyolo yang diyakini warga setempat. Pertama, nama Nyolo berasal dari kata Nyolong yang dalam bahasa Jawa diartikan mencuri. Ada pula versi lain yang beredar, yakni Nyolo bermula dari kata menyala atau semangat dari para prajurit Singasari yang diklaim pernah bersemedi di tempat ini.

Wisata Sumber Nyolo - (YouTube: BerwisataTV)
Wisata Sumber Nyolo – (YouTube: BerwisataTV)

Terlepas dari sejarahnya, Sumber Nyolo memang cukup membuat siapa saja penasaran ingin berkunjung ke sana. Sumber ini disebut-sebut mampu menjadikan orang tampak awet muda. Untuk menjawab rasa penasaran, tak sedikit wisatawan yang akhirnya datang berenang di tempat wisata tersebut. Sumber Nyolo sendiri telah ada sejak 1985, tetapi oleh warga sekitar baru dikelola sebagai tempat wisata religi pada 2009 lalu.

Lihat Juga:   Hotel Pringsewu Kediri, Punya Fasilitas Karaoke dan Restoran

Agar jauh dari kesan mistis seperti yang banyak diyakini sebelumnya. Sumber Nyolo akhirnya dikelola seperti pemandian pada umumnya. Air yang mengalir dikelola warga setempat yang berfungsi untuk kepentingan mandi, minum, dan kebutuhan lainnya. Seiring waktu, tempat ini pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang agar wisatawan yang datang merasa nyaman.

Fasilitas Sumber Nyolo

Sebagai area pemandian, ada sejumlah permainan anak sekaligus tempat kongkow berupa gazebo yang nyaman dan rindang di tengah pepohonan. Ada pula warung makan dan musala sebagai sarana penunjang yang tentu dibutuhkan pula oleh wisatawan. Area parkir yang luas sudah menjadi nilai plus lainnya tempat wisata ini. Jadi, cocok sekali bagi Anda yang datang bersama rombongan.

Beberapa civitas akademika di Malang diketahui turut mendukung pengembangan Sumber Nyolo menjadi lokasi camping ground untuk bisa menarik lebih banyak wisatawan. Sementara ini, pengelolaan Sumber Nyolo ditangani oleh warga dan taruna desa. Para pengunjung pun tak perlu membayar tiket masuk dan cukup menggantinya dengan parkir yang terjangkau.

Harga Tiket Sumber Nyolo

Jenis TiketTarif
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000

Sumber Nyolo berlokasi di tengah hutan dan terbilang jauh dari Malang. Ada baiknya Anda datang bersama rombongan yang paham betul wilayah Kota Malang. Berikut rute yang dapat Anda lalui saat menuju Sumber Nyolo.

Rute Menuju Sumber Nyolo

  • Jika berasal dari arah Malang, silakan menuju arah Arjosari dan lanjut ke lampu merah Karanglo (pertigaan). Belok kiri menuju arah Ngijo/Karangploso, lalu ke arah Desa Ngenep. Sesampainya di sana, Anda tak perlu sungkan untuk bertanya pada warga sekitar.
  • Jika Anda bergerak dari arah Surabaya, ikuti jalan menuju Singosari, Desa Lang-Lang. Sesampainya di sana, Anda bisa bertanya pada warga untuk menuju Glogor/Glugur.
Lihat Juga:   Info Kisaran Biaya & Cara ke Gunung Bromo dari Malang

Selain Sumber Nyolo, rupanya Anda dapat menemukan beberapa sumber air lain di kawasan Karangploso, Kabupaten Malang. Sebagai bahan referensi, berikut kami sajikan infonya.

Wisata Air Dekat Sumber Nyolo

Nama Wisata AirAlamat
Pemandian Sumber UmbulanDesa Ngenep, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang
Wisata Air Sumber SariJl. Raya Karangan, Ngudi, Tawangargo, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Sumber Air MbahJl. Purworejo No.2, Juwet, Tunjungtirto, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Sumber Air SukoBocek Krajan, Bocek, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Wisata Air TirtasaniPerum Tirtasani Royal Resort, Jl. Perusahaan Raya No. 1, Karangploso Wetan, Kepuharjo, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Pemandian AsmorodonoJl. Raya Klampok Kucur, Kuso, Kalisongo, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Wisata Sumber SucengJl. Kramat, Langlang III, Langlang, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Sumber NagaPesanggrahan, Candirenggo, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Itu tadi deretan spot populer terdekat dari Sumber Nyolo. Seperti Sumber Nyolo, sumber air di atas juga menawarkan kejernihan mata air dan rindangnya pepohonan di sekitarnya. Anda pun dapat mampir untuk mengeksplorasi keindahan sumber air lain di kawasan Karangploso, Kabupaten Malang.

[1]Anggraeni, dkk. 2019. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Balitbang Percepatan Pengembangan Desa Mandiri. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, hlm. 103.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan