Pulau Tikus Kepulauan Seribu, Spot Wisata Mini dengan Aneka Kepiting




Pulau Tikus Kepulauan Seribu - ihategreenjello.com
Pulau Tikus Kepulauan Seribu - ihategreenjello.com

Pulau Tikus merupakan gugusan Pulau Pari yang ada di dan termasuk pulau tak berpenghuni dengan keanekaragaman kepiting sebagai daya tariknya.[1] Tak hanya dijadikan sebagai meneliti kepiting, pulau ini juga menjadi spot rekreasi yang tepat untuk keluarga. yang ada di pulau pun sudah lengkap, dengan harga tiket terbilang relatif terjangkau.

Terletak di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Pulau Tikus termasuk salah satu pulau yang agak sulit dijangkau dari Jakarta. Untuk menuju pulau ini, turis disarankan menyewa perahu nelayan dari Pelabuhan Muara Angke dan transit di Pulau Pari. Setelah itu, wisatawan bisa langsung menuju Pulau Tikus.

Fasilitas Pulau Tikus

Termasuk pulau kecil, Pulau Tikus memiliki pesona alam yang indah dan masih asri. Di tengah pulau, terdapat hutan kecil dengan pepohonan besar yang lebat. Selain itu, tempat ini terkenal sebagai salah satu kawasan yang sering disinggahi kepiting yang akan bertelur. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat kepiting yang berenang di area pinggir pantai.

Pantai di sekeliling pulau tergolong pantai berpasir putih yang lembut dengan sedikit batuan karang. Meskipun terlihat aman, Anda disarankan tidak melepas alas kaki ketika berlarian atau berjalan di pinggir pantai. Hal ini karena biasanya ada batuan runcing atau cangkang kepiting yang berisiko melukai telapak kaki.

Memiliki suasana yang masih asri dengan pantai yang bersih tanpa sampah, wisatawan akan merasakan sensasi seperti di pulau pribadi. Apalagi, jarang ada wisatawan yang datang ke pulau ini bersama banyak rombongan. Bisa dibilang, kebanyakan pengunjung adalah mereka yang berlibur bersama keluarga kecil.

Lihat Juga:   Referensi Tempat Kemah di Kintamani, Sajikan Panorama Elok Gunung Batur
Pulau Tikus Kepulauan Seribu - @黄德雪
Pulau Tikus Kepulauan Seribu – @黄德雪

Suasana di pinggir hutan dekat pantai terbilang cukup sepi dengan pepohonan yang rindang sebagai peredam suara angin dan ombak. Selain itu, hawa di daerah ini cukup sejuk dan tidak akan membuat Anda kepanasan. Tentunya, ini terbilang cocok bagi Anda yang ingin berlama-lama di pantai saat siang hari.

Sambil menikmati pemandangan pantai di Pulau Tikus yang elok, Anda bisa menggelar tikar bambu atau plastik sebagai alas duduk untuk bersantai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai alas untuk berpiknik. Memang, kebanyakan wisatawan yang singgah di pulau ini bertujuan untuk piknik.

Jika Anda ingin piknik, pastikan untuk membawa perbekalan secara lengkap. Meskipun Anda repot, akan lebih repot lagi jika tidak membawa makanan dan dari rumah. Hal ini karena belum ada lapak atau toko yang menjual jajanan di pulau ini. Tak hanya itu, Anda juga harus membawa air bersih yang cukup, karena sumber air air cukup jauh di tengah hutan.

Di pinggir hutan Pulau Tikus, juga sudah disediakan tempat duduk yang terbuat dari kayu. Meskipun cukup sederhana, tetapi ini sangat bermanfaat bagi pelancong yang tidak membawa alas duduk saat singgah ke pulau. Tak hanya itu, ada juga gazebo kecil dengan atap berupa daun dan jerami.

Lihat Juga:   Penginapan di Danau Kembar dengan Fasilitas Lengkap

Wisatawan juga bebas berkemah atau mendirikan tenda di pinggir pantai, tetapi sebaiknya Anda memperhatikan pasang surut air laut saat mendirikan tenda. Selain itu, jangan terlalu dekat dengan pantai jika tidak ingin tenda roboh akibat angin pantai yang kencang. Saat malam hari, Anda bebas menyalakan api unggun dan memasak. Beberapa turis biasanya membuat pesta BBQ kecil-kecilan di pinggir Pantai Pulau Tikus.

Saat pagi hingga siang, ombak di pantai pulau ini tidak terlalu kencang, sehingga aman untuk berenang. Termasuk pulau yang masih asri, terumbu karang dan biota laut di Pulau Tikus juga cantik. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut pulau dengan snorkeling. Tentunya, Anda harus membawa peralatan renang dan menyelam sendiri dari rumah atau menyewanya sebelum datang ke Pulau Tikus, karena belum ada lapak peminjaman alat-alat renang di pulau ini.

Pulau Tikus Kepulauan Seribu - indonesiakaya.com
Pulau Tikus Kepulauan Seribu – indonesiakaya.com

Harga Pulau Tikus

Menurut review wisatawan yang pernah ke Pulau Tikus, Anda tidak perlu membayar tiket masuknya alias gratis. Namun, jika Anda pergi ke Pulau Tikus menggunakan jasa tour, Anda harus membayar perjalanan sekitar Rp170 ribu hingga Rp300 ribu per rombongan. jasa tour ke Pulau Tikus ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Pratiwi, Rianta. 2019. Kepiting Brachyura Pulau Tikus, Kepulauan Seribu. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera: A Scientific Journal, Vol. 36(2): 63-70.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan