Fasilitas dan Harga Wahana di Pantai Gili Ketapang, Probolinggo




Pulau Gili Ketapang (sumber: wisatabagus.com)
Pulau Gili Ketapang (sumber: wisatabagus.com)

Gili Ketapang merupakan salah satu aset wisata bahari yang ada di Kabupaten Probolinggo, karena memiliki pemandangan laut dalam yang indah.[1] Pulau yang terkenal dengan pantainya yang cantik ini juga sudah cukup populer di kalangan lokal maupun asing, karena harga tiket masuk yang relatif terjangkau dengan air yang lengkap.

dan Fasilitas Pantai Gili Ketapang Probolinggo

Pantai Gili Ketapang letaknya ada di Desa Ketapang, Sumberasih, Pulau Gili, Probolinggo, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 9,2 km dari pusat Kabupaten Probolinggo dan dipisahkan lautan. Untuk sampai ke Gili Ketapang, turis harus naik kapal di Pelabuhan Tanjung Tembaga. Anda juga bisa naik perahu motor atau boat dengan lama waktu berlayar sekitar 30 menit. Biasanya, pengunjung akan ditarik sewa kapal mulai Rp20 ribuan per orang.

Sesampainya di pulau, Anda bisa langsung menikmati suasana Pantai Gili Ketapang dengan gratis. Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk ke pulau atau pantai, cukup dengan membayar wahana air yang ingin Anda mainkan. Namun, sebelum menikmati serunya bermain wahana air, pastikan Anda sudah melihat keseluruhan pulau ini.

Susur Gili Ketapang memang menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan dan banyak diminati wisatawan, karena gratis juga menghadirkan pengalaman yang seru. Anda bisa mengeksplorasi pulau tersebut dengan bebas tanpa harus mengganggu penduduk yang sedang bekerja atau beristirahat. Kebanyakan penduduk di pulau ini adalah nelayan dan pengrajin ikan asin atau ikan asap.

Kapal menuju Gili Ketapang (sumber: travelingyuk.com)
Kapal menuju Gili Ketapang (sumber: travelingyuk.com)

Sambil berkeliling pulau, Anda juga bisa melihat-lihat produk ikan asin atau ikan asap yang dijual oleh penduduk. Sebagian besar penduduk Gili Ketapang adalah masyarakat Madura, sehingga logat berbahasa Indonesianya sedikit unik. Inilah yang membuat desa di pulau ini menjadi semakin menarik bagi pelancong.

Lihat Juga:   Mendaki Bukit Besar Lahat, Tawarkan View Elok di Ketinggian

Menjelajahi Gili Ketapang tidak harus mengeksplorasi desa atau dusun di itu. Anda juga bisa menyusuri pinggir pulau yang berupa pantai dengan pemandangan laut biru dan pasir putih, Di beberapa spot di pinggir pantai, terdapat beberapa ornamen yang bisa Anda jadikan sebagai objek foto, antara lain ayunan, patung, dan karang.

Kurang puas rasanya jika Anda hanya melakukan susur pulau. Setidaknya Anda perlu berenang atau menyelam. Arus laut di sekitar Gili Ketapang tidak terlalu kencang dan cukup aman bagi Anda yang baru saja belajar berenang. Untuk peralatan renang dan menyelam, Anda tidak harus membawanya sendiri karena di pinggir pantai terdapat banyak pos dan gubuk yang menyewakan alat renang dan selam.

Jika Anda sudah pandai berenang, Anda bisa menyelam hingga ke dasar laut untuk menikmati keindahan bahari Gili Ketapang. Tak jauh dari pantai, Anda bisa melihat terumbu karang yang tumbuh dengan indah dan ikan-ikan kecil di dalamnya, seperti ikan nemo, ikan pari, dan ikan kakap.

Saat menyelam dan menikmati keindahan terumbu karang, jangan lupa untuk membawa kamera. Anda bisa bebas berfoto di bawah air dengan berbagai pose. Anda bisa menemukan spot-spot khusus untuk berfoto di bawah air dengan ornamen berupa patung, tulisan Gili Ketapang, dan taman karang.

Pesona terumbu karang Gili Ketapang (sumber: ngetripkemana.com)
Pesona terumbu karang Gili Ketapang (sumber: ngetripkemana.com)

Setelah puas snorkeling dan menyelam, Anda bisa menikmati beberapa wahana air lain di pinggir pantai. Kebanyakan turis memilih untuk menikmati sensasi menegangkan naik banana boat. Perahu pisang ini bisa diisi oleh 4 hingga 6 orang dewasa dan ditarik oleh perahu super cepat. Durasinya ini sekitar 20 menit dengan rute keliling Pantai Gili Ketapang.

Lihat Juga:   Villa Paralayang D3 Batu, Penginapan Populer Dekat Gunung Banyak

Meskipun permainan air tersebut cukup menegangkan, tetapi aman untuk anak-anak hingga orang dewasa. Setiap penumpang banana boat akan diberi pelampung sebagai pengaman. Selain itu, Anda akan diberitahu tentang tata cara bermain banana boat dengan tepat, sehingga tidak berisiko terlempar ke laut.

Selain itu, ada juga jetski yang bisa Anda sewa kapan pun. Perahu motor super cepat ini bisa melaju hingga di atas 40 km/jam, memiliki tempat duduk yang memanjang dan bisa diisi hingga 2 orang dewasa. Durasi permainan ini sekitar 20 menit dan bisa dipakai keliling pulau. Untuk biaya setiap wahana yang ada di Pantai Gili, termasuk jetski dan lainnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

Tarif Wahana Pantai Gili Ketapang

Wahana banana boat di Gili Ketapang (sumber: snorkelingprobolinggo.com)
Wahana banana boat di Gili Ketapang (sumber: snorkelingprobolinggo.com)
WahanaTarif (Rp)
Banana Boat300.000 per permainan
Jetski Seadoo150.000 per permainan
Snorkeling100.000 per orang
Perahu Private500.000 per perahu

Biaya wahana di Pantai Gili Ketapang atau Pulau Gili Ketapang di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga wahana tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Dermawan, Decky Abdi & I Putu Anom. 2019. Sistem Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pulau Gili Ketapang sebagai Aset Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumber Asih, Kabupaten Probolinggo. Jurnal UNUD, Vol. 7(2): 382-389.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan