Harga Tiket Masuk Uluwatu dan Tari Kecak untuk Turis Domestik dan Asing




Tari Kecak di Uluwatu - www.kintamani.id
Tari Kecak di Uluwatu - www.kintamani.id

Bagi Anda yang berkunjung ke Bali, belum lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan tari khas Dewata, terutama Tari Kecak. Ada banyak wisata dan sanggar yang menyajikan pertunjukan Tari Kecak untuk asing maupun lokal. Salah satu spot yang terkenal dan menyajikan pertunjukan Tari Kecak, yaitu Uluwatu, dengan harga tiket masuk dan tiket pertunjukan yang bervariasi.

Tidak sulit menemukan letak Uluwatu, apalagi tempat tersebut sudah sangat terkenal, hampir semua orang tahu tempat itu. Uluwatu sendiri juga dikenal sebagai pura suci dengan nama Pura Luhur Uluwatu yang berada di pinggir Uluwatu. Untuk menuju ke sana, ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan, seperti berikut.

dan Rute Menuju Uluwatu

Uluwatu berlokasi di Pecatu, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini selalu ramai pengunjung, apalagi ketika menjelang sore saat Tari Kecak akan dimulai. Banyak turis asing maupun lokal yang berkunjung ke tempat tersebut yang biasanya membawa keluarga. Tempat ini juga termasuk salah satu spot wisata keluarga yang menarik.

Rute pertama yang bisa Anda lalui, jika Anda dari arah Kuta, Anda perlu melewati Jl. Raya Kuta menuju Jl. Sunset Road dan melewati putaran ke kanan menuju Jl. By Pass Ngurah Rai. Ikuti terus jalan tersebut hingga Anda menemukan pertigaan, lalu belok kanan menuju Jl. Uluwatu II. Ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan bundaran, kemudian belok kanan menuju Jl. Raya Uluwatu.

Lurus saja hingga Anda berada di Jl. Raya Uluwatu Pecatu. Setelah Anda menemukan perempatan pertama, belok ke kanan menuju Jl. Pantai Suluban. Sekitar 100 m hingga 300 m, Anda akan menemukan Pura Uluwatu. Waktu tempuh yang dibutuhkan ketika menggunakan rute ini, sekitar 48 menit menggunakan kendaraan bermotor.  

Rute lainnya yang bisa Anda gunakan, jika Anda datang dari arah Pantai Nusa Dua, Anda bisa mengambil arah ke Jl. Kurusetra di kiri dan terus melewati Jl. Dharmawangsa. Ikuti jalan tersebut hingga Anda menjumpai pertigaan, belok ke arah Jl. Nusa Dua. Lewati Jl. Nusa Dua, Anda akan menemukan Jl. Wibisana Ungasan di pertigaan sebelah kiri.

Harga Tiket Masuk Uluwatu - travel.tempo.co
Tiket Masuk Uluwatu – travel.tempo.co

Ikuti Jl. Wibisana Ungasan hingga Anda berada di Jl. Bali Cliff. Setelah Anda melewati jalan tersebut, Anda akan menemukan pertigaan dan belok kiri menuju Jl. Melasti Ungasan. Di ujung Jl. Melasti Ungasan, belok kanan ke Jl. Toya Ning I. Melewati Jl. Toya Ning I, Anda akan menemukan perempatan menuju jalan besar bernama Jl. Raya Uluwatu-Pecatu. 

Dari Jl. Raya Uluwatu-Pecatu, lurus saja dan lewati Jl. Pura Cupitan hingga Anda berada di Jl. Raya Uluwatu-Pecatu lagi. Lurus saja hingga Anda menemukan perempatan terakhir dan belok kanan menuju Jl. Pantai Suluban. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk jalan langsung menuju Pura Uluwatu dengan jarak sekitar 100 m hingga 300 m. Jika Anda masih bingung dengan rute tersebut, Anda bisa bertanya ke penduduk lokal atau mengikuti arahan dari GPS.

Keindahan Tari Kecak dan Fasilitas di Uluwatu

Tari Kecak sendiri merupakan salah satu tarian adat dalam sebuah acara keagamaan (berasal dari ritual Sanghyang). Sebagai bagian dari sebuah upacara keagamaan, para penarinya akan menari dalam keadaan tidak sadar atau trance. Dalam kondisi tidak sadar tersebut, mereka akan melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur. 

Setelah tarian selesai, para penari akan disadarkan kembali dan mereka akan menceritakan tentang harapan leluhur atau Tuhan saat mereka berkomunikasi. Harapan-harapan tersebut mereka ceritakan kepada pendeta dan masyarakat, tak jarang pula ada yang menceritakan ramalan. Ramalan tidak hanya tentang bencana, tetapi bisa juga tentang berkah.

Tari Kecak diadopsi dari kisah Ramayana, yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Sinta. Di Uluwatu sendiri, Tari Kecak yang disajikan memiliki alur cerita lengkap dengan waktu pertunjukan sekitar 1 jam. Tari Kecak tersebut menghadirkan banyak peserta, terutama untuk penari pria dengan jumlah sekitar 50 orang lebih. Sementara, untuk penari intinya, termasuk penari wanita, kurang dari 15 orang saja.

Para penari yang tampil dengan kostum khusus membuat tarian semakin indah. Pada bagian tertentu, seperti saat Anoman membakar kahyangan Rahwana, membuat tarian tersebut menjadi semakin dramatis. Para penari tidak hanya berlenggak-lenggok di pelataran pura saja, tetapi mereka juga akan melakukan pertunjukan ekstrem menggunakan api.

Dalam aksinya, para penari tak jarang melakukan kontak dengan para penontonnya. Biasanya, Anoman atau Rahwana akan muncul dari arah penonton. Mereka menghibur para penonton dengan mengajaknya berinteraksi dalam tarian tersebut. 

Selain menikmati keindahan Tari Kecak di Uluwatu, Anda bisa menggunakan beragam fasilitas di sekitarnya. Ada spot foto yang menarik di pelataran pura, lengkap dengan ornamen khas Bali serta patung yang unik. Di area tersebut, juga disediakan tempat untuk membeli oleh-oleh dan toilet yang bisa Anda gunakan.

Hanoman Putih Tari Kecak Bali - flickr: Joao Kho
Hanoman Putih Tari Kecak Bali – flickr: Joao Kho

Harga Tiket Masuk Uluwatu

WisatawanJenis TiketHarga (Rp)
DomestikAnak-Anak 20.000
Dewasa30.000
AsingAnak-Anak30.000
Dewasa50.000

Harga Tiket Tari Kecak Uluwatu

Jenis TiketHarga (Rp)
Anak Usia di Bawah 2 thnGratis
Anak Usia di Atas 3 thn65.000-75.000
Dewasa 135.000-150.000

Semua tersebut kami ambil dari berbagai macam sumber. Harga tiket Uluwatu dan pertunjukan Tari Kecak di atas tentu dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda juga akan dikenakan biaya parkir mulai Rp5.000.

Lihat Juga:   Losmen dan Penginapan Murah di Baturaden




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan