Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pemandian Alam Sibayak




Pemandian Alam Sibayak - @Jovem Berastagi
Pemandian Alam Sibayak - @Jovem Berastagi

Berlibur ke Utara, memang belum lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan alamnya. Nah, salah satu spot alam di provinsi ini adalah kawasan Gunung Sibayak. Bahkan, di area tersebut, terdapat pemandian alam yang kerap dijadikan destinasi wisata oleh para turis lokal. Ini karena harga tiket masuk Pemandian Alam Sibayak cukup terjangkau.

seringkali menjadi tujuan wisatawan yang jenuh dengan kehidupan perkotaan. Banyak orang rela pergi ke luar kota demi mencari suasana pedesaan dan alam yang hijau dengan udara yang bersih, dan salah satu wilayah yang masih kaya dengan potensi alamnya adalah Sumatera Utara.[1] Di daerah tersebut, Anda bisa menikmati view Gunung Sibayak yang indah dari Pemandian Alam Sibayak.

dan Rute ke Pemandian Alam Sibayak

Berlokasi di Jaranguda, Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kebanyakan pengunjung Pemandian Sibayak berasal dari kalangan remaja, dewasa, rombongan , dan rombongan wisatawan lokal. Selain terkenal karena keindahan alam sekitarnya, Pemandian Alam Sibayak juga populer karena lokasi yang strategis dengan akses jalanan yang mulus.

Bagi Anda yang datang dari arah Medan, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 2 jam 13 menit ke arah utara menuju Jl. Deli. Setelah berada di Jl. Deli, lurus saja hingga Anda melewati Jl. Guru Patimpus. Lanjutkan ke Jl. Setiabudi dan Jl. Jamin Ginting. Lewati dua jalan tersebut menuju Jl. Doulu di Kabupaten Karo. Ikuti saja jalan tersebut hingga Anda berada di Jaranguda dan menemukan pertigaan. Belok ke kiri ke Jl. Doulu. Lurus saja hingga Anda menemukan pertigaan dan belok ke kiri, ikuti jalan tersebut dan tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan.

Lihat Juga:   10 Objek Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Surabaya

Rute akan berbeda jika Anda datang dari arah Sidikalang. Dari Sidikalang menuju Pemandian Alam Sibayak menggunakan kendaraan bermotor, waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 2,5 jam. Dari arah Sidikalang, ambil jalan menuju Jl. F. L Tobing yang mengarah ke Jl. Ahmad Yani di Batang Beruh. Lalui jalan tersebut menuju ke Jl. Besar Kabanjahe.

Pemandian Alam Sibayak - medan.tribunnews.com
Pemandian Alam Sibayak – medan.tribunnews.com

Ikuti jalan tersebut hingga Anda melewati Jl. Sukanalu ke Jl. Jamin Ginting di Dolat Rayat. Setelah Anda melewati Tugu Jeruk Berastagi, belok ke kanan menuju Jl. Jamin Ginting. Ikuti jalan tersebut hingga Anda melewati Jl. Doulu ke arah Jaranguda. Anda akan menemukan pertigaan, belok kiri dan ikuti jalan tersebut, maka tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan.

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute di atas, atau jika Anda datang dari arah lainnya, Anda bisa menanyakan rute perjalanan dengan rinci kepada warga sekitar. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan fitur map online atau GPS yang ada pada kendaraan dan smartphone.

Selama perjalanan, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat, karena aksesnya tidak terlalu sulit. Selain itu, jalanan aspal ramah dengan berbagai macam ban kendaraan. Anda tidak perlu khawatir dengan insiden mogok di jalan karena ban rusak.

Sepanjang perjalanan, Anda akan dihibur dengan keindahan pemandangan alam Kabupaten Karo. Jalanan menuju pemandian alam dihiasi dengan pepohonan hijau yang membuat jalanan menjadi teduh dan sedikit dingin. Selain itu, Anda juga bisa melihat rerumputan luas dengan beberapa rumah adat penduduk.

Lihat Juga:   9 Objek Wisata Ikonik di Sumatera Barat

Fasilitas dan Tiket Pemandian Alam Sibayak

Memasuki kawasan pemandian alam, Anda bisa melihat banyaknya kolam pemandian dengan berbagai macam kedalaman dan ukuran. Selain pemandian alam dengan air biasa, ada juga kolam khusus yang berisi air panas bercampur belerang. Konon, air kolam panas yang memiliki kandungan belerang dapat menyembuhkan dan mengatasi penyakit kulit.

Pemandian Alam Sibayak - (YouTube: Bang Zulham)
Pemandian Alam Sibayak – (YouTube: Bang Zulham)

Untuk anak-anak, Pemandian Alam Sibayak juga menyediakan kolam khusus yang dilengkapi dengan wahana air yang seru. Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain seluncur air dan permainan air lainnya agar mereka tidak bosan. Sambil mengawasi anak yang sedang bermain air, Anda bisa bersantai sejenak di pinggir kolam atau di gazebo kecil yang sudah disediakan.

Sambil menikmati kehangatan kolam air panas, sesekali Anda bisa selfie dengan latar belakang Gunung Sibayak yang megah. Selain fasilitas yang sesuai pilihan dan waterboom anak, Pemandian Alam Sibayak juga dilengkapi dengan toilet umum yang bersih, tempat makan, spot foto menarik, dan area bersantai yang cukup luas.

Menurut orang yang pernah datang ke Pemandian Alam Sibayak, untuk menikmati semua fasilitas tersebut, Anda harus membayar tiket masuk mulai Rp10.000 hingga Rp15.000. tersebut belum termasuk tarif parkir. Perlu Anda ketahui, tiket masuk Pemandian Alam Sibayak tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Brahmana, B., dkk. 2017. Nilai Ekonomi Wisata Gunung Sibayak Berdasarkan Metode Biaya Perjalanan (Travel Cost Method) di Berastagi Sumatera Utara. JOM Faperta UR, Vol. 4(2): 1-6.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan