Tiket Coban Lanang, Air Terjun Unik di Tengah Kota Batu




Coban Lanang Batu - (YouTube: BerwisataTV)
Coban Lanang Batu - (YouTube: BerwisataTV)

Umumnya, lokasi air terjun tersembunyi di tengah hutan. Namun, di Batu, Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun yang berada di tengah kota. Bernama Coban Lanang, air terjun yang dialiri Sungai Brantas Kali Lanang ini dibuka pada tahun 2017 dan saat ini masih dalam tahap penyempurnaan. Meski berada di tengah kota, keindahan alam di Coban Lanang tak kalah menarik dengan coban-coban lainnya. 

Lokasi dan Rute Coban Lanang

Coban Lanang berada di Jl. Bromo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Jika Anda bertolak Surabaya, jaraknya sekitar 90 kilometer, melalui Pandaan kemudian Lawang, setelah itu melewati Singosari dan belok kanan menuju Jl. Karanglo, lalu mengikuti jalan menuju Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu, Anda bisa berkendara 11 menit menuju Coban Lanang lewat Jl. Diponegoro, Sisir. 

Setelah sampai loket tiket masuk, Anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit menuju lokasi air terjun. Meski harus berjalan kaki, selama perjalanan, Anda akan puas menikmati keindahan alam dan pepohonan rindang di sekitar Coban Lanang. Selain pepohonan hijau, di sana juga banyak tebing batu yang menambah keasrian coban seluas 1 hektar ini. Untuk bisa masuk ke Coban Lanang, pengunjung cukup membayar tiket mulai Rp10 ribu per orang. 

Daya Tarik Coban Lanang

Coban Lanang atau yang juga disebut Coban Lanang Ngujung (Colajung) menjadi salah satu destinasi wisata yang potensial dan sukses menjadi magnet pelancong dari berbagai daerah. Dinamakan Coban Lanang karena air terjun ini dialiri Kali Lanang, dan memiliki tinggi sekitar 20 meter. Coban Lanang mempunyai aliran air yang cukup deras dengan kejernihannya yang membius traveler untuk segera bermain air di sana.

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, hingga kafe dan warung makan yang menawarkan menu khas Kota Batu. Selain itu, terdapat pula gazebo untuk duduk bersantai sebelum melakukan treking atau setelah dari Coban Lanang. Di gazebo tersebut, Anda bisa berswafoto dengan latar keindahan alam Kota Batu.

Coban Lanang Batu - (YouTube: BerwisataTV)
Coban Lanang Batu – (YouTube: BerwisataTV)

Aktivitas Seru di Coban Lanang

Tak hanya bermain air, berenang, atau berfoto, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti outbond bersama rombongan. Selain itu, ada banyak permainan yang bisa Anda coba seperti fun trekking, paralayang, dan paintball. Anda juga bisa mencoba kegiatan offroad menggunakan motor trail yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Dengan motor trail tersebut, Anda akan dibawa mengelilingi area Coban Lanang hingga menyusuri gunung.

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan adalah rafting. Tak jauh dari Coban Lanang, ada Kaliwatu yang merupakan tempat pusat pelatihan berbasis wisata adventure dan siap dengan raftingnya. Anda bisa menyesuaikan paket dengan budget. Untuk itu, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dulu paket mana yang cocok.

Kaliwatu Rafting juga telah menyediakan lokasi penginapan yang nyaman bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam Coban Lanang. Berikut rincian harga wisata yang disiapkan Kaliwatu Rafting saat ini.

Harga Wisata Kaliwatu Rafting

Pilihan WisataHarga
Outbound Corporate Gathering (3-5 jam)Rp160.000
Outbound Team Building (5-7 jam)Rp250.000
Outbound Medium Impact Outdoor Learning (24 jam) Rp400.000
Outbound Hight Impact Outdoor Learning (48 jam) Rp1.500.000
Petik Apel (1-2 jam)Rp25.000
Wisata Tanam dan Petik Bunga (1 jam)Rp25.000
Perah Susu Sapi (1,5 jam)Rp25.000
Fun Trekking (3-5 jam)Rp75.000
Adventure Donut Boat (2-3 jam)Rp150.000
Paintball (1 jam)Rp150.000
Paralayang (1 jam)Rp400.000
Trail Adventure (5-6 jam)Rp750.000
Mountain Adventure (3 hari)Rp1.500.000

Selain wisata, tersedia pula paket rafting lengkap dengan layanan menginap yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Bagi yang tidak ingin menginap, ada paket rafting saja dengan durasi waktu 1 sampai 2 jam.

Tarif Kaliwatu Rafting

Pilihan RaftingTarif per Orang
Trip 1 Kaliwatu Rafting (1-1,5 jam)Rp195.000
Trip 2 Sahabat Air Rafting (2 jam)Rp215.000
Trip 3 Pujon Rafting (1,5 jam)Rp205.000
Trip 7 km (Kaliwatu Rafting dan menginap)Rp355.000
Trip 8 km (Kaliwatu Pujon dan menginap)Rp365.000
Trip 9 km (Sahabat Air dan menginap)Rp375.000

Perlu diingat, tarif di atas tidak terikat dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak Kaliwatu Rafting di nomor 0856 4965 8600 atau 0877 5975 5788.

Selain Coban Lanang, masih ada banyak kawasan air terjun lain di Kota Batu yang layak Anda kunjungi. Sebagai bahan referensi, berikut kami sajikan daftar coban di Kota Batu beserta alamatnya.

Coban Lain di Kota Batu

Nama CobanAlamat
Coban RaisJalur Lingkar Barat No. 8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.
Coban PutriDusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.
Coban TalunDusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.
Coban KacaOro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.

Meski tidak sebanyak di wilayah Kabupaten Malang, tetapi air terjun di Kota Batu tak kalah menarik dengan udara sejuk dan view pegunungannya. Demi keamanan, ada baiknya, Anda tidak mengunjungi kawasan air terjun saat musim hujan.

Lihat Juga:   TBM 10 Syariah Homestay, Akomodasi Hemat Dekat UB dan Polinema




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan