Bukit Kasih, Spot Wisata Religi Kece di Sekitar Tomohon




Bukit Kasih Sulawesi Utara - www.indonesia-tourism.com
Bukit Kasih Sulawesi Utara - www.indonesia-tourism.com

Selain Bukit Doa Mahawu, religi yang juga punya pemandangan kece, yang dapat Anda datangi di sekitar Tomohon, Utara, adalah Bukit Kasih. Ini adalah sebuah bukit simbol kerukunan umat beragama dan perdamaian. Tak cuma menjadi tujuan religi, Bukit Kasih juga cocok untuk bernuansa alam karena punya sajian yang mengagumkan.

Bukit Kasih

Bukit Kasih sebenarnya tidak terletak persis di Tomohon. ini tepatnya berada di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minasaha, Sulawesi Utara. Jika Anda bertolak dari Kota Manado, perlu menempuh ke arah selatan sepanjang 55 km untuk tiba di tempat ini. Sementara, apabila Anda berangkat dari Tomohon, cukup berkendara sekitar 30 menit.

Rute menuju tempat ini, apabila Anda berangkat dari Kota Manado, Anda bisa melajukan kendaraan ke Pineleng, dilanjutkan ke Tinoor, lalu ke Tomohon, Lahendong, dan Sonder. Perjalanan kemudian diteruskan ke Kawangkoan menuju Desa Kanonang dan tibalah Anda di Bukit Kasih. Waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam jika lalu lintas tidak macet.

Jika Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir. Karena, banyak angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke Bukit Kasih. Dari Manado, Anda bisa menumpang transportasi umum di Terminal Karombasan, Terminal Malalayang, atau Terminal Paal Dua. Dari ketiga spot tersebut, perjalanan dari Terminal Karombasan yang paling mudah, karena Anda cukup menumpang bus jurusan Terminal Kawangkoan, dilanjutkan dengan naik ojek.

Sejarah dan Daya Tarik Bukit Kasih

Bukit ini digagas oleh mantan Gubernur Sulawesi Utara, Adolf J. Sondakh, dan telah dibuka untuk umum sejak tahun 2002.[1] Secara umum, Bukit Kasih ditujukan sebagai pusat spiritual, memungkinkan para penganut agama dapat berkumpul, bermeditasi, hingga melakukan ibadah. Tidak hanya satu agama, Bukit Kasih memfasilitasi lima agama, termasuk Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha, untuk berkumpul dan beribadah dalam damai.

Lihat Juga:   Tips Wisata Hemat ke Vietnam Ala Backpacker
Bukit Kasih Sulawesi Utara - (YouTube: Setiawanaj)
Bukit Kasih Sulawesi Utara – (YouTube: Setiawanaj)

Ketika sampai di tempat ini, Anda akan menemukan lima tempat ibadah dari lima agama yang telah disebutkan di atas, yakni masjid, dua gereja, vihara, serta pura. Kelima ibadah tersebut dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga. Berada di puncak bukit, kelima tempat ibadah ini juga sekaligus sebagai akhir perjalanan kompleks wisata Bukit Kasih.

Sebelumnya, di dekat pintu masuk, Anda akan menjumpai sebuah monumen setinggi 22 meter yang dikenal dengan nama Tugu Toleransi. Dinamai demikian, karena tugu ini berbentuk segi lima, dan di setiap sisinya sudah terdapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat kitab suci dari masing-masing agama. Monumen ini sendiri diharapkan dapat menjadi pengingat akan kehidupan bertoleransi dalam beragama.

Dari Tugu Toleransi menuju ke puncak Bukit Kasih, Anda harus melalui jalur anak tangga. Selama perjalanan, Anda bisa melihat rimbunnya perbukitan di kejauhan. Kelima tempat ibadah yang berada di puncak bukit juga terlihat. Anda juga akan menemukan pahatan wajah yang besar pada dinding tebing. Wajah yang terpahat tersebut adalah wajah nenek moyang masyarakat Minahasa, yakni Toar dan Lumimuut. Pahatan wajah ini bermaksud agar masyarakat Minahasa tidak lupa dengan leluhur mereka.

Di puncak bukit, selain kelima tempat ibadah, Anda pun akan menemukan beberapa kolam air panas atau belerang berukuran kecil, cukup untuk melepaskan penat kaki Anda setelah perjalanan jauh. Sembari berendam, Anda bisa menikmati asrinya suasana sekitar yang dipenuhi pepohonan yang rimbun. Dari puncak ini, Anda akan disuguhi panorama Danau Tondano yang biru.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Nyaman Dekat Vihara Nam Hai, Sukabumi

Menurut pelancong yang pernah datang ke tempat ini, Bukit Kasih memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dijumpai pada objek wisata lainnya. Ini termasuk bangunan rumah ibadah yang terletak berdampingan, menyiratkan toleransi yang besar di kalangan masyarakat Sulawesi Utara, serta kondisi alam yang masih asri, alami, dan berudara sejuk.[2]

Harga Masuk Bukit Kasih

Dengan keunikan yang ditawarkan, ternyata wisatawan yang ingin berkunjung ke Bukit Kasih tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, harga tiket masuk destinasi wisata ini sangat terjangkau, cuma Rp5 ribuan per orang. Namun, apabila pelancong kebetulan membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif tambahan untuk parkir.

Bukit Kasih Sulawesi Utara - www.tribunnews.com
Bukit Kasih Sulawesi Utara – www.tribunnews.com

Penginapan Dekat Bukit Kasih

Sayangnya, di dekat Bukit Kasih, belum tersedia fasilitas penginapan. Jadi, apabila pengunjung datang dari jauh dan membutuhkan tempat bermalam, bisa mencari di Tomohon, lokasi terdekat dengan Bukit Kasih, berjarak sekitar 17 km. Di sini, ada beberapa pilihan , antara lain Airy Lansot Sarongsong Lingkungan 1 Tomohon, Mountain View Homestay, Wise Tomohon, hingga Tulip Inn Tomohon, dengan harga sewa rata-rata Rp200 ribu hingga Rp300 ribuan per malam.

[1] Kawung, Aprillia Vira. 2016. Persepsi dan Sikap Wisatawan terhadap Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 3(1): 66-72.

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan