Update Tempat Wisata Terfavorit di Jogja Dengan Harga Tiket Murah




Istana Air Taman Sari - anekatempatwisata.com
Istana Air Taman Sari - anekatempatwisata.com

Yogyakarta, sebuah daerah istimewa di kawasan Jawa Tengah yang menyuguhkan suasana tentram dengan budaya jawa kental dan berbagai macam hal-hal berbau tradisional. Yogyakarta sendiri sudah menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan mancanegara ke Indonesia, selain Bali dan Gunung Bromo di . Tak hanya turis asing, Jogja juga masih menjadi destinasi wisata wisatawan domestik dari berbagai luar Kota Yogyakarta. Ada banyak sekali tempat wisata yang menjadi tempat terfavorit wisatawan membuat kota ini semakin ramai.

Dan bagi Anda yang sedang merencanakan ke Yogyakarta, Anda terlebih dahulu bisa membuat rencana menarik mengenai tempat-tempat tujuan wisata Anda di Yogyakarta. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali akan menginjakkan kaki di Yogyakarta, Anda tidak perlu bingung karena hampir di tiap sudut yogyakarta terdapat tempat wisata terfavorit yang bisa Anda eksplor. Dan, berikut kami sampaikan informasi mengenai beberapa wisata yang sangat direkomendasikan di Yogyakarta,

Candi Prambanan

Seperti yang Anda ketahui, Yogyakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan banyak sekali ditemukan candi dan peninggalan kuno lainnya seperti arca. Salah satu candi di Yogyakarta yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu Candi Prambanan.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dengan jarak sekitar 17 km dari pusat Kota Jogja, Anda bisa menjangkaunya menggunakan bus dan turun di halte Prambanan. Bangunan Candi Prambanan menampakkan relief yang diukir mengelilingi candi, dan dalam ukiran tersebut menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

Adapun harga tiket masuk bagi Anda wisatawan domestik sebesar Rp38 ribu. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, akan dikenakan tarif sangat berbeda yaitu sebesar Rp339.500.

Candi Prambanan - ratujogjatransport.com
Candi Prambanan – ratujogjatransport.com

Candi Borobudur

Sebagai tempat wisata terfavorit di Yogyakarta berikutnya yaitu Candi Borobudur. Candi ini sangat terkenal tidak hanya di kalangan wisatawan lokal saja, banyak sekali wisatawan mancanegara datang untuk melihat megahnya bangunan Candi Borobudur ini.

Candi Borobudur sebenarnya tidak termasuk dalam wilayah Jogja, melainkan berlokasi di kabupaten Magelang dengan lokasi agak jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 40 km. Berbeda dengan Candi Prambanan, Candi borobudur adalah situs warisan Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur memiliki relief dan patung Buddha dengan jumlah terbanyak di dunia, dan inilah yang menjadikan Candi Borobudur sangat indah bagi para wisatawan.

Adapun harga tiket masuk yang harus Anda bayar jika ingin menikmati keindahan Candi Borobudur yaitu, untuk pelajar maupun anak-anak domestik akan dikenakan tarif Rp12.000, untuk orang dewasa ataupun wisatawan domestik dikenakan tarif Rp30.000, sedangkan untuk pelajar maupun anak-anak mancanegara dikenakan tarif Rp140.000 dan untuk orang dewasa maupun wisatawan mancanegara dikenai tarif Rp200.000.

Candi Borobudur - borobudurpark.com
Candi Borobudur – borobudurpark.com

Jalan

Malioboro merupakan nama dari sebuah ruas jalan di Jogja. Nama Malioboro berasal dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti “karangan bunga”. Seakan menjadi ikon Kota Jogja, Malioboro menjadi destinasi wajib kunjung para wisatawan yang datang ke Jogja. Di sepanjang Jalan Malioboro, Anda akan menemukan banyak penjual souvenir dan berjajar rapi di pinggir jalan.

Untuk menuju Jalan Malioboro sangat mudah apalagi jika Anda turun dari Stasiun Kereta Tugu, Anda hanya perlu jalan kaki selama 5 menit saja untuk sampai di Jalan Malioboro.

Jalan Malioboro - id.wikipedia.org
Jalan Malioboro – id.wikipedia.org

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh sultan dan keluarganya. Menyajikan arsitektur kesultanan kuno, Anda juga akan menemui koleksi barang-barang antik milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Adapun jam buka Kraton Yogyakarta yaitu pada hari biasa, Keraton Yogya dibuka mulai pukul 08.00 WIB-14.00 WIB, namun pada hari tertentu seperti hari Jumat hanya buka sampai pukul 12.00 WIB. Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta yaitu mulai dari Rp7 ribu.

Keraton Yogyakarta - news.detik.com
Keraton Yogyakarta – news.detik.com

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi hewan dari berasal dari berbagai belahan dunia. Selain itu, tersedia juga beberapa wahana permainan di dalam area kebun binatang yang bisa Anda nikmati bersama , di antaranya arena sepeda air, kolam tangkap ikan, ATV, perahu kayuh, serta berfoto dan menunggangi hewan kesayangan Anda. Adapun harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka yaitu mulai dari Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp35.000 pada hari libur.

Kebun Binatang Gembira Loka - www.wisatania.com
Kebun Binatang Gembira Loka – www.wisatania.com

Goa Jomblang

Jika ingin merasakan nuansa jaman purba, datanglah ke Gua Jomblang. Goa wisata ini bentuknya vertikal dan berlokasi di sekitar Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengalaman tak biasa akan Anda rasakan saat masuk ke sebuah hutan purba di dalam goa. Adapun tarif pemandu Goa Jomblang yang harus Anda siapkan jika ingin menikmati keindahan alam dari Goa Jomblang yaitu mulai dari Rp450.000.

Goa Jomblang - merahputih.com
Goa Jomblang – merahputih.com

Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di sekitar Yogyakarta dan menjadi salah satu lokasi favorit pendakian para pecinta alam dan menjadi lokasi terindah di seantero Jogja untuk menikmati keindahan sunrise di pagi hari. Adapun harga tiket masuk Gunung Merapi sebelum Anda memulai pendakian yaitu mulai Rp5.000.

Gunung Merapi - id.wikipedia.org
Gunung Merapi – id.wikipedia.org

Istana Air Taman Sari

Sebelumnya, Istana Air Taman Sari merupakan tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap serangan musuh. Kini, Anda dapat menikmati udara sejuk di Istana Air Taman Sari dengan diiringi semilir wangi bunga dari kebun-kebun di sekitarnya dengan membayar harga tiket masuk mulai Rp5.000.

Istana Air Taman Sari - anekatempatwisata.com
Istana Air Taman Sari – anekatempatwisata.com

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis berlokasi sekitar 25 km di sebelah selatan pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki karakteristik ombak dan arus yang kuat karena berada di tepi Samudra Hindia. Untuk menikmati suasana dan keindahan Pantai Parangtritis, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000.

Pantai Parangtritis - www.gunungkidulku.com
Pantai Parangtritis – www.gunungkidulku.com

Pantai Pok Tunggal

Gunung Kidul populer dengan beberapa pantainya yang berpasir putih, namun ada satu pantai indah yang letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing, yakni Pantai Pok Tunggal di mana pantai ini memiliki ikon berupa sebuah jenis pohon yang dinamakan pohon duras. Adapun harga tiket masuk Pantai Pok tunggal yaitu mulai Rp3.000.

Pantai Pok Tunggal - jogjapedia.net
Pantai Pok Tunggal – jogjapedia.net

[Almas]

Lihat Juga:   Penginapan di Pulau Tidung, kepulauan Seribu




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*