Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Keluarga dan Murah di Deli Serdang




Ilustrasi: objek wisata air terjun (sumber: deliserdangmall.com)

Deli Serdang menjadi salah satu daerah yang kerap dikunjungi oleh masyarakat Sumatera Utara ketika berlibur. Pasalnya, kawasan tersebut memiliki banyak alam yang asri dan Instagramable. Selain itu, kebanyakan tempat piknik di area itu juga memiliki harga tiket masuk yang tergolong terjangkau. Lalu, di mana saja spot yang asyik untuk rekreasi?

Wisata Penen

Kabupaten Deli Serdang merupakan wilayah yang di dalamnya memiliki berbagai kekayaan alam sebagai wahana rekreasi, dan salah satunya adalah Wisata Air Panas Penen.[1] Objek rekreasi alam ini letaknya di Desa Penen dan tidak jauh dari Goa Penen, sehingga Anda bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus jika datang ke tempat ini.

Wisata Air Panas Penen (google: lukman wijaya)
Wisata Air Panas Penen (google: lukman wijaya)

Wisata Air Panas Penen memiliki fasilitas kolam air hangat, air panas, dan air dingin yang letaknya berada di pinggir hutan. Suasana alam di area rekreasi ini terbilang asri dan sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan besar. Selain itu, ada juga taman bunga dan tempat bermain anak dengan permainan berupa jungkat-jungkit dan ayunan.

Di , Anda tidak hanya bisa berendam air hangat, tetapi juga berfoto-foto dengan latar belakang berupa pemandangan bukit dan hutan. Menurut review pengunjung, untuk menikmati semua fasilitas di Wisata Air Panas Penen, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per orang untuk masuk dan Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk tiket parkir.

Armaya Wisata Alam

Armaya Wisata Alam merupakan sebuah taman dengan konsep semi alam dan terletak di Jl. Wisata Alam, Desa Sukarende, Deli Serdang, Sumatera Utara. Taman ini memiliki lahan yang cukup luas dan ditumbuhi pepohonan besar serta tumbuhan berbunga. Di sepanjang taman, terdapat tempat duduk dari besi dan kayu yang bisa Anda pakai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang asri.

Lihat Juga:   Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Kunjungi Sederet Tempat Wisata Menarik di Ho Chi Minh Ini!
Armaya Wisata Alam (sumber: gobatak.com)
Armaya Wisata Alam (sumber: gobatak.com)

Selain itu, taman ini memiliki kolam teratai yang sangat luas dan sekilas terlihat seperti danau buatan. Di pinggir kolam, terdapat lapangan rumput yang ditumbuhi oleh pepohonan besar. Kebanyakan tamu yang berkunjung akan berfoto di tempat ini ketika sore hari, karena cahayanya yang bagus dengan background yang cantik.

Tak jauh dari kolam teratai, ada khusus anak dan orang dewasa. Di bagian pinggir kolam, tersedia bangku kayu dan kursi payung yang biasa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berjemur, berfoto, dan bersantai. Menurut review pengunjung, untuk berenang di Armaya Wisata Alam, turis perlu merogoh kocek mulai Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang. ini belum termasuk tiket parkir.

Taman Lope-Lope

Bagi Anda yang mencari tempat untuk foto-foto sekaligus ngopi cantik, bisa singgah ke Taman Lope-Lope yang lokasinya ada di Dusun Kota Rantang, Bulu Cina, Deli Serdang, Sumatera Utara. buatan bertajuk alam ini sudah cukup , karena fasilitasnya yang menarik dan Instagramable.

Taman Lope-Lope (google: rina kritina)
Taman Lope-Lope (google: rina kritina)

Sekeliling area adalah taman dengan tumbuhan bunga dan beberapa pohon besar. Bagian depan taman juga dilengkapi kolam berbentuk hati dan dihias dengan bunga berwarna merah, salah satu spot yang biasa dijadikan sebagai area berfoto. Sementara, di bagian belakang kolam terdapat pondok dan bale-bale yang cukup besar dan bisa Anda jadikan sebagai tempat piknik atau bersantai.

Lihat Juga:   Cari Penginapan Dekat Stasiun Banyuwangi Baru? Cek Info Lengkapnya!

Tak jauh dari area kolam, Anda bisa menemukan beberapa spot foto unik lainnya. Ada pohon gapura yang cukup besar dan terbuat dari pohon dengan bentuk hati dan dihias dengan aneka tumbuhan berbunga. Menurut pelancong yang pernah ke Taman Lope-Lope, untuk mengeksplorasi spot piknik ini Anda hanya perlu membayar tiket parkir mulai Rp2.000 hingga Rp5.000.

Kebun Binatang Simalingkar

Kebun Binatang Simalingkar berlokasi di Jl. Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Ini merupakan salah satu spot wisata edukasi sekaligus rekreasi yang ramah keluarga. Kebun binatang ini juga terbilang besar dan cukup asri, sehingga anak-anak dijamin puas ketika berlibur di sini.

Kebun Binatang Simalingkar (sumber: tempo)
Kebun Binatang Simalingkar (sumber: tempo)

Sama seperti kebun binatang pada umumnya, Anda dan anak-anak bisa melihat aneka satwa, mulai dari buaya, harimau, unta, beruang, hingga panda. Selain itu, ada juga area playground yang fasilitasnya cukup lengkap. Pastinya ini akan membuat si kecil betah berada di tempat rekreasi tersebut.

Berdasarkan review pengunjung, Anda perlu membayar tiket masuk mulai Rp12.000 per orang jika ingin mengeksplorasi kebun binatang ini. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir dan makanan yang dijual di tempat itu.

[1] Manurung, Rianto. 2019. Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Deli Serdang Kecamatan Stm Hilir. Jurnal Manajemen Tools Akademi Pariwisata Hotel School, Vol. 11(2): 117-125.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan