5 Penginapan Dekat Tempat Wisata Hits di Kota Batu




Objek wisata di Kota Batu (sumber: viskrenus.co.id)
Objek wisata di Kota Batu (sumber: viskrenus.co.id)

Klaim Batu sebagai Kota Wisata bukanlah isapan jempol belaka. Di kota yang berada di Kaki Gunung Panderman tersebut, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis wisata mulai dari alam hingga buatan.

Keberadaan Batu sebagai kota wisata sendiri sebenarnya sudah masyhur, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Kala itu, Taman Rekreasi Selecta didirikan oleh seorang Belanda sebagai salah satu plesiran ekspatriat. Lalu, setelah Indonesia merdeka, taman rekreasi yang populer dengan taman bunganya tersebut juga menjadi salah satu destinasi favorit Ir. Soekarno.

Jika Selecta merupakan ikon masa lalu Kota Batu, kini theme park menjadi pilihan objek wisata favorit. Di Kota Apel, jumlahnya cukup banyak dan tema yang ditawarkan pun beragam, misalnya saja Museum Angkut yang menawarkan koleksi kendaraan yang unik, Jatim Park 1 yang menghadirkan permainan dan edukasi yang menantang dan juga menarik, serta Jatim Park 3 Dino Park) yang menghadirkan kembali nuansa zaman jurassic sebagai tema utamanya.

Nah, selain destinasi wisata buatan yang telah disebutkan, Kota Batu juga masih memiliki objek wisata alam yang tak kalah menawan. Di kota berjuluk Little Swiss of Java tersebut, Anda bisa menemukan beberapa air terjun dengan pemandangan yang spektakuler, misalnya saja Coban Rais, Coban Putri, dan Coban Talun. Selain itu, ada pula objek wisata alam yang cocok dikunjungi malam hari, yakni Gunung Banyak atau dikenal juga dengan Paralayang. Di atas puncak gunung tersebut, Anda bisa menikmati keindahan gemerlap sorot lampu Kota Batu.

Selain wisata berbasis alam, agrowisata juga menjadi salah satu daya tarik Kota Batu, dan salah satu destinasi yang menjadi favorit para pelancong untuk berwisata jenis ini adalah Kusuma Agrowisata. Di sana, Anda bisa belajar tentang bagaimana cara menanam buah dan sayur. Selain itu, Anda juga bisa memetik buah apel langsung dari pohonnya.

Setelah membaca paparan di atas, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Kota Batu? Jika iya, ada beberapa tempat inap dekat tempat-tempat tersebut yang cocok untuk Anda pilih. Berikut rekomendasi 5 penginapan dekat tempat wisata hits di Kota Batu.

Senyum World

Senyum World Hotel merupakan sebuah akomodasi yang masih terbilang cukup anyar. Baru dibuka pada akhir 2018 yang lalu, penginapan yang juga dikelola oleh Jatim Park Group tersebut bisa menarik banyak wisatawan untuk menginap di sana. Maklum saja, lokasinya yang masih berada satu kompleks dengan Dino Park yang kini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit merupakan keunggulan dari penginapan ini.

Di Senyum World Hotel, pengunjung juga mendapatkan beragam servis menarik, salah satunya adalah Anda bisa diantarkan mobil shuttle secara cuma-cuma ke seluruh theme park yang dikelola oleh Jatim Park Group. Selain itu, pengelola juga menawarkan masuk khusus untuk masuk ke theme park-theme park tersebut.

Senyum World Hotel Batu, fasilitas kamar
Senyum World Hotel Batu, kamar

Sebagai hotel bintang tiga, Senyum World Hotel juga dibekali dengan bermacam fasilitas yang menawan, misalnya saja taman, kidz zone, lounge area, restaurant, akses Wi-Fi gratis, dan cafe. Di dalam kamar, pengelola juga menyediakan fasilitas seperti LED TV, sambungan TV kabel, kamar mandi dalam, shower panas & dingin, coffee & tea maker, AC, dan telepon.

Lihat Juga:   Diklaim Mampu Tampung 80 Orang, Villa Yeny Cocok untuk Gathering di Kota Batu

Nah, Jika Anda berminat untuk bermalam di Senyum World Hotel, Anda perlu terlebih dahulu membayar biaya sewa mulai Rp800.000 per malam. Untuk pemesanan, Anda bisa melakukannya melalui beberapa situs online.

Pohon Inn

Sebelum Senyum World Hotel, Jatim Park Group juga sudah sejak lama memiliki hotel yang berlokasi satu kawasan dengan theme park yang dibangunnya. Salah satunya adalah Pohon Inn, yang letaknya berada di kompleks Jatim Park 2.

Penginapan yang dibangun menyerupai batang pohon tersebut merupakan salah satu favorit penginapan untuk mengunjungi beberapa theme park selain Jatim Park 2, misalnya saja Eco Green Park, BNS, dan Museum Angkut. Untuk menuju ke sana, Anda hanya butuh waktu sekitar 5 menit dengan berkendara dari properti.

Kamar di Pohon Inn

Pohon Inn menawarkan tiga kamar, yaitu Superior Room, Deluxe Room, dan Executive Room. Deluxe Room sering menjadi incaran pengunjung karena balkonnya tepat menghadap kebun binatang. Anak-anak pun akan antusias menuju balkon, mengamati aktivitas rusa di kandangnya.

Sebagai hotel bintang tiga, tiap kamar tentunya dilengkapi fasilitas yang menawan, antara lain pendingin ruangan (AC), ketel, LED TV dengan channel internasional, refrigerator, wardrobe, private bathroom dengan shower air panas & dingin, working desk, safe deposit box, dan telephone.

Nah, bagi yang berminat untuk menginap di hotel ini, Anda bisa langsung melakukan melalui telepon di nomor (0341) 596111. Untuk informasi lebih lanjut soal promo dan penawaran menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi website resmi hotel di alamat www.pohoninnhotel.com.

Kusuma Agrowisata Hotel

Kusuma Agrowisata Hotel masih berlokasi di kawasan agrowisata, tepatnya di Jl. Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, . Properti ini berdiri di dekat pintu masuk agrowisata. Kusuma Agrowisata Hotel sendiri merupakan one stop accommodation, maksudnya hanya di tempat ini saja pengunjung bisa menikmati beraneka macam hiburan, berbelanja, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Kusuma Agrowisata Hotel - (Sumber: pegipegi.com)
Kusuma Agrowisata Hotel – (Sumber: pegipegi.com)

Sebagai akomodasi bintang empat, Kusuma Agrowisata Hotel tentu dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. Di public area, pelancong bisa menikmati fasilitas seperti akses Wi-Fi gratis, billiard table, spa, meeting room, swimming pool, restaurant, jogging track, tennis court, football court, dan gym. Selain itu, Anda juga bisa menikmati seluruh wahana di Kusuma Agrowisata seperti kebun apel dan Kusuma Waterpark.

Nah, untuk ruang istirahatnya, Kusuma Agrowisata Hotel tak hanya menawarkan kamar. Di tempat ini, pengunjung juga bisa menginap di cottage yang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mewah. Tiap kamar di akomodasi ini telah didukung AC, LED TV dengan sambungan TV kabel, lemari, kamar mandi pribadi dengan shower panas & dingin, meja kerja, dan ketel listrik.

Lihat Juga:   Penginapan Fitra Mandiri, Alternatif Akomodasi Dekat Masjid Jamik Pangkalpinang

Villa Paralayang D3

Ngomong-ngomong tentang penginapan yang dekat dengan Paralayang (Gunung Banyak), Songgoriti merupakan salah satu daerah yang tepat untuk mencarinya. Di wilayah yang terkenal dengan sumber air panasnya tersebut, salah satu penginapan yang cukup recommended untuk dipilih adalah Villa Paralayang D3.

Villa Paralayang D3 beralamat di Jalan Trunojoyo Gang 2D, Kavling Paralayang Blok D3, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk menuju ke Paralayang di Gunung Banyak, Anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan berkendara dari akomodasi ini.

villa, penginapan, akomodasi, kamar, kapasitas, alamat, lokasi, booking, telepon, kota batu, jawa timur, kuliner, songgokerto, wisata, mewah, terjangkau
Kamar di Villa Paralayang D3 Batu

Apabila Anda termasuk doyan berwisata kuliner, beberapa tempat makan yang oke seperti Pupuk Bawang Bar & Cafe, Rumah Makan Kapal, dan Cafe Angel berjarak tak jauh dari akomodasi. Sementara, beberapa wisata alam seperti Coban Rondo, Goa Pinus, dan Gunung Banyak dapat dijangkau dengan berkendara selama sekitar 15 menit.

Untuk mereka yang ingin mengunjungi theme park populer di Kota Apel, juga tak perlu khawatir. Pasalnya, beberapa theme park seperti Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), Batu Secret Zoo, Jatim Park, dan Eco Green Park dapat dijangkau dengan berkendara selama 10-15 menit ketika lalu lintas normal.

Villa Paralayang D3 menawarkan fasilitas yang oke. Di tempat umum, pengunjung bisa menikmati dapur lengkap dengan kitchen set, ruang makan lengkap dengan peralatannya, ruang tamu, kulkas, dan ruang keluarga. Selain itu, ada juga taman yang dapat digunakan sebagai tempat mengakses internet (dengan Wi-Fi) saat cuaca sedang cerah.

Jika ingin menginap di akomodasi ini, pihak pengelola menawarkan tarif sebesar Rp750.000 per malam. Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu saat musim libur tiba. Perubahan rate paling tinggi biasa terjadi saat libur Lebaran dan Tahun Baru.

Hotel Selecta

hotel selecta – shining-batu.com

Menikmati Taman Rekreasi Selecta akan lebih afdal jika Anda menginap di Hotel Selecta atau Selecta Cottage. Hotel ini memang masih satu kawasan dengan Taman Wisata Selecta. Berlokasi di dekat pintu masuk, mobilitas Anda untuk berwisata di sana akan lebih mudah jika Anda menginap di Hotel Selecta. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan view terbaik untuk melihat Selecta.

Terdapat 4 tipe kamar di Hotel Selecta Batu, yakni Suite Room untuk kapasitas 1 orang dengan tarif menginap per malam Rp650.000, Suite Room untuk kapasitas 3 orang dengan Rp812.000 per malam, Executive Room untuk kapasitas 1 orang seharga Rp1.100.000 per malam, dan yang terakhir Executive Room untuk kapasitas 3 orang tarifnya Rp1.375.000 per malam.Jika Anda ingin menginap bersama keluarga, tidak ada salahnya juga untuk menginap di selecta cottage. menginap di sini sebesar Rp2.300.000 per malam.

Hotel dengan panorama yang asri dan udara sejuk ini menyediakan sederet fasilitas yang cukup memadai seperti layanan kamar 24 jam, akses internet gratis (free WiFi) di area umum, fasilitas rapat, fotocopy, TV kabel, shower, ATM/Bank, layanan laundry, dan kolam renang outdoor untuk bermain air bersama pasangan atau keluarga.




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan