Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Trawas, Mojokerto




Trawas, Mojokerto (sumber: travelingyuk.com)
Trawas, Mojokerto (sumber: travelingyuk.com)

Selain terkenal dengan tempat ngopi dan cafenya, memiliki banyak spot wisata unik dan hits. Hal ini karena Trawas memang merupakan kawasan wisata yang menyediakan , , dan edukasi.[1] Kebanyakan area wisata itu juga memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau, sehingga tak heran banyak traveler memilih pergi berlibur ke daerah ini. Lalu, apa saja spot rekreasi hits di daerah ini?

Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill merupakan salah satu tempat wisata alam sekaligus buatan yang berlokasi di Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Spot rekreasi ini adalah kawasan wisata lengkap untuk gathering, training, dan refreshing.

Buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB pada hari biasa dan pukul 07.00-17.00 WIB pada hari libur, Duyung Trawas Hill menyediakan beragam menarik. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga, karena menawarkan konsep wisata edukasi sekaligus permainan yang seru. Anda dan keluarga bisa menikmati keseruan bermain air di waterpark, belajar bekerja sama dan ketangkasan di arena outbound, berfoto dengan background menarik, belajar tentang hewan di mini zoo, dan menikmati keindahan dan area bukit.

Setelah puas bermain dan belajar, biasanya para orang tua akan membawa anak-anak menuju food court. Ini adalah area khusus untuk makan dengan menu pilihan yang lezat. Beberapa lapak juga menjual aneka jajanan dan minuman segar kesukaan anak-anak. Bagi Anda yang tertarik ke Duyung Trawas Hill, pastikan Anda mengetahui masuk dan wahananya seperti berikut.

Lihat Juga:   Villa Arsy, Akomodasi Kolam Renang Tarif Rp1 Jutaan Dekat Museum Satwa Batu
Duyung Trawas Hill (sumber: explorewisata.com)
Duyung Trawas Hill (sumber: explorewisata.com)

Harga Tiket Duyung Trawas Hill

Jenis TiketHarga (Rp)
Tiket MasukGratis
Tiket Wahana Reguler20.000
Paket Outbound Hemat Oneday Minimal 30 Pax190.000
Paket Outbound Standar Oneday Minimal 30 Pax240.000
Paket Outbound Premium Oneday Minimal 30 pax290.000

Tarif tiket Duyung Trawas Hill di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung berada di Desa Dlundung, Ketapan Rame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Wisata alam tersebut letaknya memang berada di dalam hutan, tetapi sudah ada jalan setapak yang langsung menuju air terjun, sehingga Anda tidak akan tersesat. Di sekitar air terjun, juga terdapat wahana wisata lain, seperti jembatan dan rumah goblin yang sering dijadikan sebagai spot foto.

Anda pun bisa menikmati view air terjun dari pinggir sungai kecil yang sudah difasilitasi dengan bangku-bangku kayu. Bangku tersebut berbentuk menyerupai tangga dan dicat warna-warni, sehingga kerap menarik perhatian pengunjung. Dengan adanya bangku ini, Anda bisa berfoto-foto sepuasnya di samping air terjun tanpa merasa lelah.

Tak jauh dari area air terjun, terdapat camping ground yang sudah dipetak-petak. Anda bisa menyewanya jika ingin menikmati pemandangan alam lebih dari sehari atau merasakan sensasi tidur di alam liar dengan suara jangkrik dan air terjun. Untuk menikmati semua fasilitas di tempat rekreasi ini, Anda perlu membayar harga tiket seperti berikut.

Air Terjun Dlundung (sumber: travelspromo.com)
Air Terjun Dlundung (sumber: travelspromo.com)

Harga Tiket Air Terjun Dlundung

Jenis TiketHarga (Rp)
Tiket Parkir Motor2.000
Tiket Parkir Mobil3.000
Tiket Masuk Weekday Dewasa10.000
Tiket Masuk Weekday Anak7.500
Tiket Masuk Weekend Dewasa12.500
Tiket Masuk Weekend Anak10.000
Tiket Camping18.000
Tiket Asuransi (Weekday dan Weekend)500
Lihat Juga:   Thoufan Homestay, Penginapan Keluarga Dekat Stadion Gelora Brantas

Biaya tiket Air Terjun Dlundung di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo (sumber: mldspot.com)
Candi Jolotundo (sumber: mldspot.com)

Candi Jolotundo berada di Area Hutan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Meskipun terletak di area hutan, Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena sudah ada jalan setapak dan papan petunjuk menuju candi. Tempat rekreasi ini termasuk spot wisata bersejarah sekaligus religi, karena banyak orang yang masih melakukan pemujaan di candi.

Selain tempatnya yang asri, karena dikelilingi hutan, area depan candi ditumbuhi oleh rumput gajah yang cukup tebal dan terlihat seperti karpet. Memasuki bagian dalam candi, Anda bisa melihat kolam ikan yang cukup besar dengan batuan berbentuk teratai. Ini seperti area pada zaman kerajaan dulu.

Banyak orang yang menjadikan spot ini sebagai area berfoto keluarga atau selfie. Anda juga diperbolehkan untuk memasuki beberapa area yang merupakan sumber air di kawasan tersebut. Untuk melihat keindahan Candi Jolotundo, setidaknya Anda harus membayar tiket masuk mulai Rp10 ribuan per orang.

[1] Rahayu, Karinda Puji. 2018. Pengembangan Potensi Wisata Edukasi di Kawasan Wisata Trawas Kabupaten Mojokerto. Swara Bhumi e-Journal Pendidikan Geografi FIS Unesa, Vol. 5(7): 1-8.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan