Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau Sumatera Selatan




Danau Ranau (sumber: grid.id)
Danau Ranau (sumber: grid.id)

Siapa sih yang tak kenal dengan cantiknya Danau Ranau di Sumatera Selatan? Selain menyimpan keindahan yang eksotis, di sekitar danau tersebut ternyata terdapat beberapa tempat lain yang tak kalah menarik Spot-spot rekreasi ini, selain dekat dengan danau, juga memiliki harga tiket yang relatif terjangkau.

Sebagai tempat wisata, Danau Ranau merupakan salah satu danau terbesar kedua di Sumatera yang terletak di Desa Lumbok, Kecamatan Lumbok Seminung atau sekitar 31 km dari Kota Liwa Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Spot rekreasi tersebut hampir selalu ramai turis dengan angka kunjungan yang selalu meningkat setiap tahunnya.[1] Banyaknya wisatawan di Danau Ranau juga diakibatkan oleh adanya spot-spot wisata yang mulai berkembang di sekitarnya. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja di Danau Ranau, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Hot Water (Air Panas Danau Ranau)

Pemandian air panas Danau Ranau (youtube: Ferdian Dian)
Pemandian air panas Danau Ranau (youtube: Ferdian Dian)

Air Panas Danau Ranau, atau yang biasa dikenal dengan Travel Hot Water, terletak di Kaki Gunung Seminung dan di sebelah selatan Dermaga Muara Baru. Anda hanya perlu naik kapal selama 10 hingga 30 menit untuk sampai di dari pintu masuk Danau Ranau. Lamanya perjalanan biasanya tergantung pada kecepatan perahu yang Anda gunakan. Jika Anda memakai sampan tradisional, maka perjalanan akan lebih lambat dan lama.

Tempat rekreasi tersebut terbilang cukup unik, karena air panas yang ada di Travel Hot Water bersumber dari gunung ke danau dan mengandung asam sulfur atau belerang. Konon, dengan berendam di pemandian Air Panas Danau Ranau, gangguan dan penyakit kulit bisa sembuh dan hilang.

Lihat Juga:   Penginapan Nyaman di Kaliurang dengan Fasilitas Kolam Renang

Sambil berendam di pemandian air panas ini, Anda bisa melihat keindahan danau yang dikelilingi oleh hutan, bukit, dan gunung. Untuk menikmati fasilitas seperti ini, Anda hanya perlu membayar biaya kapal. Agar lebih murah, sebaiknya Anda datang beramai-ramai atau ikut rombongan pariwisata.

Air Terjun Subik Tuha

Air Terjun Subik Tuha (twitter: @pesonasriwijaya)
Air Terjun Subik Tuha (twitter: @pesonasriwijaya)

Air Terjun Subik Tuha adalah salah satu air terjun di kawasan Ogan Komering Oku yang paling dekat dengan Danau Ranau. Lokasinya bisa dijangkau dengan melewati jalan sepanjang pinggiran danau atau melewati lintasan Banding Agung atau Jalan Pusri. Selain itu, Anda juga bisa menuju air terjun dari Dermaga Muara Dua dengan waktu tempuh selama 2 jam.

Air terjun tersebut, selain dikelilingi oleh hutan kecil, juga tak jauh dari area persawahan, sehingga pemandangan di sekitarnya terbilang asri dengan udara yang sejuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan lebar 3 m dan berada di ketinggian 560 mdpl.

Keindahan air terjun biasa dijadikan sebagai objek dan background untuk berfoto. Selain itu, banyak juga wisatawan yang berendam di pinggiran air terjun. Airnya yang masih jernih dan segar, membuat tubuh yang lelah setelah berjalan kaki menjadi fit lagi.

Pelangi

Pantai Pelangi (sumber: tribunnews)
Pantai Pelangi (sumber: tribunnews)

Salah satu spot wisata yang terbilang baru dan menjadi favorit banyak pelancong adalah Pantai Pelangi. Tidak seperti pantai pada umumnya, ini adalah area berpasir yang memiliki panjang sekitar 1 km di pinggir Danau Ranau sehingga mirip dengan sebuah pantai di lautan. Spot ini cocok sebagai tempat untuk melihat keindahan Danau Ranau di sore hari.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Di Medan

Sayangnya, ketika senja, Anda perlu sedikit berebut tempat untuk mendapatkan view danau yang indah. Untuk itu, biasanya para wisatawan akan meletakkan alas duduk di tempat pilihan mereka sebelum sore tiba. Ini membuat mereka menjadi tidak kesusahan untuk berebut tempat.

Sesebik Hill

Sesebik Hill (facebook: Danau Ranau)
Sesebik Hill (facebook: Danau Ranau)

Sesebik Hill merupakan area perbukitan yang dikenal sebagai tempat bersantai di dekat Danau Ranau. Dari bukit tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Danau Ranau yang masih asri. Selain itu, dengan memilih spot yang tepat untuk bersantai, Anda juga bisa melihat view Gunung Seminung yang cantik.

Area tersebut biasanya akan ramai di pagi hari sebelum cuaca panas. Berfoto menjadi /kegiatan pilihan banyak pengunjung, dengan latar belakang danau sekaligus bukit. Beberapa orang bahkan rela memanjat pohon demi mendapatkan view yang epik di dalam foto.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Danau Ranau. Untuk mengeksplorasi semua tempat wisata tersebut, biasanya para turis akan menginap di akomodasi dekat danau. Sudah banyak penginapan yang bisa Anda sewa dan dijadikan tempat peristirahatan sebelum atau sesudah menikmati semua wahana di Danau Ranau, antara lain Wisma Delima yang tarifnya Rp275 ribuan per malam, Villa Putri Gunung dengan tarif Rp300 ribuan per malam, dan lainnya.

[1] Prasetya, Dwi Bayu & Zulqadri Ansar. 2017. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism pada Kawasan Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat. Jurnal Plano Madani Institut Teknologi Sumatera, Vol. 6(1): 60-72.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan