Referensi Tempat Wisata Oke di Dampit, Malang




Salah satu objek wisata di Dampit, Kab. Malang (sumber: erctrans.com)
Salah satu objek wisata di Dampit, Kab. Malang (sumber: erctrans.com)

Merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang memang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit banyak pelancong.[1][2] di kawasan Malang bagian selatan memang masih menjadi favorit. Namun, daerah-daerah lainnya tidak kalah populer. Dampit misalnya, sudah memiliki sejumlah tempat yang tidak hanya oke buat , tetapi juga cocok untuk mereka yang hobi selfie karena punya pemandangan yang memanjakan mata.

Dampit sendiri merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Malang, berbatasan langsung dengan pesisir pantai selatan Pulau Jawa. Kawasan ini terkenal sebagai salah satu penghasil kopi robusta, yang diklaim sebagai kopi unggulan di kawasan Jawa Timur.[3] Tidak cuma kopi, daerah tersebut ternyata juga punya sejumlah yang oke dan sayang untuk dilewatkan. Apa saja itu?

Kampung Bunga Grangsil

Kampung Bunga Grangsil (sumber: topwisata.com)
Kampung Bunga Grangsil (sumber: topwisata.com)

Tempat wisata ini mulai dikenal sekitar tahun 2018, sebelum akhirnya diresmikan pada tahun 2019. Sejak saat itu, ramai didatangi domestik. Seperti namanya, Kampung Bunga Grangsil (biasa disingkat KBG) berlokasi di Dusun Grangsil, Desa Jambangan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Ini adalah sebuah kampung eksotis yang punya spot berbasis penataan taman bunga, yang ternyata dilakukan secara mandiri oleh warga setempat.

Bagi mereka yang menyukai keindahan bunga, KBG merupakan tempat yang pas. Selain dapat menyaksikan warna-warni aneka bunga, spot tersebut juga cocok dijadikan latar belakang selfie. Bagi mereka yang ingin membawa cendera mata, bisa membeli bunga atau pernak-pernik khas KBG langsung di tempat. Jika ingin berkunjung, KBG beroperasi setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 5 sore,

Lihat Juga:   Mardi Homestay, Penginapan Keluarga Murah di Karangploso

Pemandian Umbulan

Pemandian Umbulan Dampit (sumber: mkoran.com)
Pemandian Umbulan Dampit (sumber: mkoran.com)

Selain pantai, Kabupaten Malang juga terkenal akan keindahan pemandian alaminya. Nah, salah satu yang sudah cukup populer adalah Pemandian Umbulan yang berada di Dusun Umbulrejo, Desa Ubalan, Kecamatan Dampit. Anda bisa menuju tempat wisata ini dengan berkendara sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Malang. Sementara, apabila datang dari pusat Dampit, jarak ke cuma 2 km atau 10 menit berkendara.

Dikelola oleh masyarakat setempat, Pemandian Umbulan menyediakan satu kolam dengan air yang diklaim langsung berasal dari sumber mata air alami. Ada juga sebuah sungai kecil dengan air yang jernih di sisi kolam. Selain itu, bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen, terdapat sebuah pohon beringin yang telah ditata sedemikian rupa. Harga tiket masuk pemandian cuma Rp5.000 per kendaraan bermotor.

Puncak Binglis

Puncak Binglis Dampit (sumber: kemalangaja.com)
Puncak Binglis Dampit (sumber: kemalangaja.com)

Pamor wisata bukit di Malang beberapa waktu belakangan memang semakin menanjak, tidak hanya di kalangan pendaki, melainkan juga wisatawan umum. Sejumlah nama yang sudah populer antara lain Bukit Budug Asu di Kecamatan Singosari, Bukit Asmara di Pantai Ngudel, Bukit Cinta di Kecamatan Poncokusumo, serta Bukit Binglis yang terletak di Dusun Wonosari, Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit.

Khusus nama yang disebutkan terakhir, Puncak Binglis menawarkan view Gunung Semeru yang menjulang megah di satu sisi serta Pantai Tambak Asri di sisi yang lain. Jika wisatawan ingin menyaksikan panorama yang tiada dua, disarankan untuk datang sekitar pukul 4 pagi bertepatan dengan terbitnya matahari. Sayangnya, di bukit ini memang sangat minim, dengan akses yang cukup terjal untuk mencapai puncak.

Lihat Juga:   Sumber Sira, Lokasi Foto Bawah Air Terbaik di Kabupaten Malang

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan (sumber: merdeka.com)
Coban Ciblungan (sumber: merdeka.com)

Secara administratif, air terjun ini memang terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Namun, Coban Ciblungan berada cukup dekat dengan Dampit, tepatnya di Jalan Raya Dampit-Lumajang. Jika wisatawan bertolak dari Kota Malang, bisa menuju Turen, dilanjutkan ke Dampit, lalu menuju Tirtoyudo hingga sampai Kecamatan Ampelgading, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam berkendara.

Jika air terjun kebanyakan menyajikan satu aliran air, maka Coban Ciblungan memiliki beberapa aliran air yang turun deras dari atas bukit. Yang unik, ada pula aliran air yang berasal dari dalam tanah. Berkat adanya media sosial, terutama Instagram, popularitas air terjun ini lambat laun meningkat. Nah, apabila Anda juga tertarik liburan ke kawasan ini, cukup membayar tiket masuk Rp5.000, dengan tambahan tarif parkir mulai Rp5.000 jika membawa kendaraan pribadi.

[1] Aprilia, Eka Rosyidah, Sunari, Edriana Pangestuti. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 51(2): 16-21.

[2] Darmawati, Lusi Endang Sri. 2018. Analisis Internal Marketing dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Wendit Water Park. Jurnal Media Wisata, Vol. 16(1): 730-739.

[3] Rahmawati, Media Alia dan Kiki Fibrianto. 2018. Karakterisasi Sensori Kopi Robusta Dampit: Kajian Pustaka. Jurnal Pangan dan Agroindustri FTP Universitas Brawijaya, Vol. 6(1): 75-79.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan