Alternatif Tempat Wisata Kece Dekat Tanah Lot




Dream Museum Zone - www.traveloka.com
Dream Museum Zone - www.traveloka.com

Dari sekian banyak spot wisata di Bali, Tanah Lot menjadi salah satu yang cukup banyak menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, berkat keberadaan pura di atas bukit dan pemandangan yang cantik. Namun, jika Anda kebetulan terjebak kemacetan saat akan ke sana, Anda tidak perlu sewot terlebih dahulu. Pasalnya, ada banyak tempat alternatif di dekatnya yang dapat mengobati kekecewaan Anda.

Pura Bolong

Ini adalah pura kecil yang terletak hanya seperlemparan batu dari sisi barat Tanah Lot yang terkenal, sekitar 300 meter. Pura ini tepatnya berada di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 30 menit berkendara dari Kuta. Jika wisatawan bertolak dari Bandara Internasional I Gusi Ngurah Rai, perjalanan ke pura sekitar 45 menit berkendara.

Pura ini dinamakan demikian karena berdiri kira-kira 50 meter dari bibir Pantai Canggu dengan posisi menghadap ke arah selatan pulau. Di bawahnya, ada lubang sepanjang 30 meter, dengan lebar 10 meter dan tinggi 5 meter, yang terbentuk oleh abrasi gelombang laut yang terjadi selama puluhan tahun. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa lubang di tebing karang ini terjadi akibat letusan Krakatau pada tahun 1883 silam.

Terlepas dari itu, pura ini, juga pantainya, menawarkan pesona yang tidak kalah dengan Tanah Lot. Karakteristik batu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan berujung pada tempat peribadatan umat Hindu Dharma menjadi magnet utamanya. Pura yang dibangun untuk menyembah Ida Batara Segara ini tidak pernah sepi dikunjungi warga Hindu Dharma untuk melakukan ritual ibadah keagamaan. Ia selalu dipenuhi umat Hindu saat ada upacara Melasti, Pekelem, Purnama Kapat, dan Piodalan.

Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan sunset dengan jajaran kafe di tepi pantai. Tak ayal jika pantai ini lebih ramai dipadati wisatawan saat hari mulai sore. Panorama sunset di Pantai Batu Bolong yang menghadap ke barat daya sungguh menakjubkan, semakin menambah eksotismenya. Bagi penggemar aktivitas water sports, ombak Batu Bolong yang arusnya lebih lamban pun mudah didapatkan. Buat yang ingin belajar berselancar, Pantai Batu Bolong adalah salah satu lokasi terbaik.

Pura Batu Bolong - kumparan.com
Pura Batu Bolong – kumparan.com

Pantai Canggu

Sebenarnya, ada banyak pantai yang dapat Anda temukan di daerah Canggu. Namun, yang berlokasi satu searah dengan Tanah Lot adalah Pantai Canggu. Jika wisatawan bertolak dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, memerlukan waktu sekitar satu jam berkendara untuk tiba di pantai ini. Turis harus melewati Pantai Batu Bolong terlebih dahulu sebelum sampai di Pantai Canggu.

Pantai ini memiliki ciri khas pasir yang berwarna hitam, ombak kecil, dan air laut yang berwarna kebiruan, sehingga sangat cocok digunakan untuk berendam bagi anak-anak. Selain itu, di pantai ini, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Wisatawan pun dapat melakukan aktivitas seperti berjemur atau berkuda mengelilingi pantai.

Berjarak sekitar 20 menit di sebelah utara Pantai Kuta, dan tidak jauh dari Pantai Legian, Pantai Canggu memesona jutaan mata dengan ombak besar yang ideal untuk para peselancar. Uniknya lagi, di seberang pesisir pantai, Anda juga dapat menikmati petak-petak sawah yang menguning, ditemani kicauan burung yang beterbangan dan siluet matahari terbenam di kejauhan. Tempat wisata ini juga dilengkapi oleh beragam yang lain, seperti vila, resort, , , dan café.

Pantai Canggu - natantransport.com
Pantai Canggu – natantransport.com

Dream Museum Zone

Tempat wisata ini terletak di Jalan Nakula No. 33X, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, tidak terlalu jauh dari Shell Museum. Diresmikan pada 12 April 2014 lalu, Dream Museum Zone menyuguhkan koleksi lukisan tiga dimensi yang dihasilkan dari berbagai macam trik. Setidaknya, ada 14 tema dengan 120 gambar yang berbeda, seperti binatang, kapal laut, alam terbuka, fantasi, tokoh ternama, dan lain-lain.

Pengunjung yang memasuki Dream Museum Zone pertama kali akan melihat lukisan dengan tema perahu seperti di Venesia Italia, area gurun pasir Mesir dengan latar belakang piramid, kemudian wilayah yang ada di Indonesia seperti Candi Prambanan, juga tersedia lukisan 3D tema Hutan Amazon. Selain tema alam dan arsitektur, juga tersedia tema parodi lukisan terkenal, seperti lukisan Monalisa yang terlihat tangannya keluar dari lukisan sambil membawa keranjang berisi buah. 

Jika Anda mengunjungi sebuah museum 3D, tujuan utamanya pasti ingin mengambil foto. Nah, salah satu perlengkapan foto yang harus Anda ingat bawa selain kamera adalah tripod. Dengan menggunakan tripod saat mengambil foto, selain membantu Anda untuk mengambil foto bersamaan dengan atau teman tanpa bantuan orang lain, juga membantu Anda menjaga ketajaman hasil foto yang ingin Anda hasilkan dengan menghindari gerakan tangan saat menekan tombol shutter.

DMZ Bali buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 22.00. Mengenai waktu terbaik berkunjung, adalah pada saat waktu sepi. Waktu ramai pengunjung biasanya pukul 10.00 hingga 16.00. Setelah pukul 16.00, jumlah pengunjung mulai berkurang dan tempat parkir luas mulai terlihat sedikit kendaraan. Harga tiket masuk tempat ini sekitar Rp100 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

Dream Museum Zone - www.traveloka.com
Dream Museum Zone – www.traveloka.com

Taman Ayun

Alternatif wisata lainnya yang berlokasi searah dengan Tanah Lot adalah Taman Ayun Temple atau Pura Taman Ayun. Objek wisata ini dapat Anda temukan di Jalan Ayodya No. 10, Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Dari kawasan Seminyak, perjalanan menuju lokasi ini sekitar 1 jam 10 menit berkendara saat lalu lintas normal, melewati Jalan Kerobokan.

Pura Taman Ayun merupakan Pura Paibon/Pedarman Raja Mengwi untuk memuja roh leluhur dari raja-raja yang diwujudkan dengan dibangunnya sebuah Gedong Paibon, serta dibangun pula meru-meru untuk pemujaan dan persembahyangan kepada para dewa. Pada tahun 2012, UNESCO telah menetapkan pura ini sebagai bagian dari situs warisan budaya dunia.

Kompleks pura dibagi menjadi 4 halaman yang berbeda, yang satu lebih tinggi dari yang lainnya. Halaman pertama disebut dengan Jaba yang bisa dicapai hanya dengan melewati satu-satunya jembatan kolam dan pintu gerbang. Sambil menuju halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama. Area ketiga atau halaman kedua, posisinya lebih tinggi dari halaman pertama.

Taman Ayun - www.kintamani.id
Taman Ayun – www.kintamani.id
Lihat Juga:   Info Terbaru Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan