Referensi Tempat Menarik di Janda Baik, Malaysia




Saujana Janda Baik - www.tripadvisor.co.id
Saujana Janda Baik - www.tripadvisor.co.id

Apakah Anda pernah mendengar sebuah daerah bernama Janda Baik? Punya nama cukup unik, ini adalah sebuah wilayah di , tepatnya di Pahang, yang dapat menjadi salah satu alternatif liburan yang oke jika Anda sedang berencana rekreasi ke Negeri Jiran. Pasalnya, Janda Baik menawarkan sejumlah tempat menarik yang dapat menjadi pilihan Anda untuk refreshing sekaligus menginap.

Berwisata telah menjadi salah satu cara banyak orang untuk melepaskan penat dari rutinitas harian dan mengisi waktu luang. Sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari mengisi waktu luang antara lain bisa meningkatkan kesejahteraan jasmani, meningkatkan kesegaran mental dan emosional, membuatĀ  lebih mengenali kemampuan diri sendiri, mendukung konsep diri serta diri, serta pelampiasan ekspresi dan keseimbangan jasmani, mental, intelektual, spiritual, maupun estetika.[1]

Di Indonesia, sebenarnya sudah ada banyak tempat yang dapat dijadikan tujuan . Bali telah terkenal tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di mancanegara. Anda pun bisa mencoba berkunjung ke Lombok, Bandung, Yogyakarta, Bogor, , , Medan, Sulawesi, atau mengeksplorasi keindahan alam Ambon dan Pulau Papua.

Meski Tanah Air tidak kurang-kurangnya menawarkan pesona alam yang oke, masih banyak masyarakat kita yang memilih rekreasi ke negeri tetangga, dan ini memang tidak ada salahnya. Nah, salah satu negara tetangga yang kerap menjadi rujukan adalah Malaysia. Pasalnya, negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini punya sejumlah spot yang oke, termasuk Janda Baik. Berikut referensi tempat menarik dan populer di wilayah Janda Baik.

Chalet Danau Daun

Jika Anda belum familiar, chalet adalah jenis bangunan atau rumah, khas wilayah Pegunungan Alpen di Switzerland.[2] Hunian tersebut umumnya terbuat dari material kayu, dengan atap miring dan lebar, yang ditopang dengan baik di sudut kanan ke depan rumah. Istilah chalet sendiri berasal dari bahasa Arpitan, yang merupakan bagian dari Swiss dan Savoy Prancis, yang awalnya merujuk pada gubuk penggembala.

Lihat Juga:   Terletak di Daerah Tebet, Daun Muda Spa Menjadi Pilihan Tempat Pijat

Nah, salah satu chalet yang direkomendasikan saat liburan ke Janda Baik adalah Chalet Danau Daun. Tidak hanya menawarkan kemudahan dan fasilitas khas bintang lima, akomodasi ini juga menawarkan pemandangan hutan yang mengasyikkan, danau, serta kafe dengan sejumlah kuliner khas Indonesia, seperti soto dan bakso. Jika tertarik menginap, paling murah dipatok 210 ringgit atau setara Rp735 ribuan per malam.

Chalet Danau Daun - www.tripadvisor.co.id
Chalet Danau Daun – www.tripadvisor.co.id

Pulau Santap

Menurut ulasan sejumlah traveler, Pulau Santap adalah tempat piknik yang menyenangkan dan menarik di Janda Baik. Selain mudah dikunjungi dari Kuala Lumpur, daerah sekitarnya adalah sungai yang sangat bersih. Dikelola oleh Riverside Homestay, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di tempat ini, termasuk berenang di sungai menggunakan ban dengan tarif 5 ringgit (Rp17 ribuan) atau berkemah dan mengadakan pesta BBQ.

Di sepanjang sungai tersebut, sudah tersedia gubuk-gubuk untuk beristirahat. Dapat disewa dengan harga mulai 15 ringgit atau Rp50 ribuan, pengunjung sudah bisa beribadah, beristirahat, atau tiduran. Sementara, jika ingin menyewa untuk keperluan pesta BBQ, biayanya berkisar 20 ringgit atau Rp70 ribuan. Apabila membutuhkan info lebih detail, silakan menghubungi nomor telepon 017 9158 002.

Pulau Santap - id.pinterest.com
Pulau Santap – id.pinterest.com

Riverside Janda Baik

Tempat menarik lainnya di Janda Baik adalah Riverside. Seperti namanya, ini adalah sebuah kawasan yang akan memberikan kesempatan Anda untuk menikmati alam di tepian sungai. Berada di samping area Pulau Santap dan diklaim memiliki lahan sekitar 3 hektar, dengan daya tampung hingga 500 orang, pengunjung bisa bebas berkemah atau piknik bersama keluarga atau rombongan.

Untuk fasilitas tempat beristirahat, pihak Riverside Janda Baik sudah menyediakan sejumlah tempat yang dapat disewa untuk harian saja atau untuk bermalam. Untuk sewa harian, ada -pondok yang dipatok dengan tarif mulai 20 ringgit atau Rp70 ribuan. Sementara, untuk menginap, ada chalet, cabin, mini cottage, cottage, hingga homestay dengan tarif sewa mulai 130 ringgit atau Rp455 ribuan per malam.

Lihat Juga:   The Newton Hotel Bandung, Hotel Bintang 3 dengan Fasilitas Mewah namun Bertarif Terjangkau
Riverside Janda Baik - en.tripadvisor.com.hk
Riverside Janda Baik – en.tripadvisor.com.hk

Saujana Janda Baik

Berlokasi di Kampung Janda Baik, Bentong, Pahang, Saujana merupakan sebuah desa di dataran tinggi yang memiliki homestay gaya pedesaan dan kafe yang simpel. Apabila wisatawan berencana liburan dengan suasana kampung yang asri, sambil mandi di sungai, memancing ikan, atau makan rambutan dan buah durian, Saujana menjadi tempat yang dapat dimasukkan ke dalam list.

Mengenai penginapan, hanya ada dua akomodasi besar yang disediakan, yakni Chemperoh Villa dan Meranti Chalet. Chemperoh Villa memiliki kapasitas tampung hingga 20 orang dengan tarif 850 ringgit atau sekitar Rp2,97 jutaan per malam, sedangkan Meranti Chalet dapat dihuni 10 orang tamu dengan harga sewa 500 ringgit atau setara Rp1,75 jutaan per malam. Jika berminat mampir, dapat dilakukan lewat nomor telepon +60 11 1221 4123.

Saujana Janda Baik - www.tripadvisor.co.id
Saujana Janda Baik – www.tripadvisor.co.id

Selain rekomendasi di atas, sebenarnya masih ada tempat menarik lainnya yang dapat didatangi saat liburan ke Janda Baik. Anda bisa camping sekaligus pesta BBQ di Tiarasa Escapes Glamping Resort, menikmati keindahan flora dan fauna di Tanarimba, lebih menyatu dengan alam di Al Sakinah Eco Resort, atau datang ke Kanopi Villa, Hawa Resort, dan Fifty4Ferns.

[1] Hermawan, Heru. 2016. Traveling sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta (Skripsi). Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

[2] Hermawan, H., E. Brahmanto, Faizal Hamzah. 2018. Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Penerbit NEM.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan