Rekomendasi 5 Penginapan Dekat Tempat Kuliner Hits di Malang




Bakso, salah satu menu kuliner khas Malang (sumber: rajatour.com)
Bakso, salah satu menu kuliner khas Malang (sumber: rajatour.com)

Dibandingkan dengan , Bandung atau Padang, Kota memang kalah populer sebagai destinasi . Namun, di Kota Malang sebenarnya terdapat banyak tempat makan yang citarasanya tidak kalah nikmat dengan kota-kota tersebut.

Di kota yang juga populer sebagai destinasi pendidikan tinggi favorit tersebut, bakso merupakan salah satu kuliner yang paling digemari wisatawan. DiMalang, Anda dapat menemukan dengan mudah tempat makan bakso yang enak, di antaranya Bakso Bakar Pak Man dan Bakso Kota Cak Man. Selain itu, jangan lupakan pula Bakso Presiden yang menjadi salah satu tempat makan favorit pelancong.

Selain Bakso makanan khas Jawa Timuran seperti rawon di Rawon Rampal merupakan salah satu makanan yang banyak disukai. Sementara, bagi penggemar makanan yang berbahan dasar buah dan sayur, pecel di Warung Pecel Kawi dan Rujak Manis di Rujak Semeru juga bisa menjadi pilihan santapan kala berkunjung ke Kota Malang.

Nah, bagi Anda yang datang dari luar daerah, dan tertarik untuk mencicipi kuliner yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa penginapan yang letaknya tidak jauh dari destinasi wisata tersebut. Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang bisa dijadikan lokasi bermalam.

Tugu

Hotel tugu merupakan sebuah penginapan bintang lima yang letaknya di tengah Kota Malang, tepatnya di Jl. Tugu No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, . Hotel yang didesain dengan memadukan unsur etnik Jawa dan China serta sedikit sentuhan Eropa ini, sangat cocok bila dijadikan tempat inap jika Anda ingin mencicipi sedapnya Rawon Rampal dan Bakso Bakar Pak Man. Kedua tempat tersebut dapat dijangkau dengan berkendara kurang dari 5 menit.

Hotel Tugu Malang - www.tripadvisor.co.id
Hotel Tugu Malang – www.tripadvisor.co.id

Untuk menjangkau destinasi kuliner yang telah disebutkan, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang setiap tiga menit sekali lewat di depan hotel dengan sekitar Rp4.000. Agar lebih praktis, Anda juga bisa memesan jasa transportasi online dengan biaya sekitar Rp6.000 – Rp10.000. Namun, jika Anda ingin menikmati suasana Kota Malang, Anda bisa menyewa becak yang biasanya berjajar di depan hotel.

Selain memiliki lokasi yang menarik, karena letaknya persis di seberang Balai Kota Malang, hotel yang telah berdiri sejak tahun 90an ini tentu saja menawarkan mewah, misalnya tiga restaurant, bar & winehouse, dining room, outdoor pool, meeting room, akses Wi-Fi gratis, layanan antar-jemput , dan tea house. Jika Anda tertarik untuk bermalam, pihak hotel telah menyediakan delapan tipe kamar dengan tarif sewa mulai Rp1,3 jutaan per malam.

Hotel Savana

Salah satu hotel bintang empat yang populer bagi wisatawan yang ingin berlibur di Kota Malang adalah Hotel Savana. Akomodasi yang juga menjadi salah satu pilihan menarik untuk acara wedding tersebut beralamat di Jalan Letjend Sutoyo No. 30-34, Kota Malang, Jawa Timur.

Savana Hotel Malang
Savana Hotel Malang

Nah, saat menginap di Hotel Savana, salah satu tempat kuliner yang wajib untuk didatangi adalah Bakso Presiden. Untuk bisa menikmati semangkuk bakso panas di pinggir rel kereta api, dari hotel ini jaraknya hanya sekitar 200 meter. Selain itu, depot mie Gang Jangkrik jaraknya juga tidak terlampau jauh. Namun, jika Anda sedang malas keluar dari hotel, Anda bisa memesannya melalui layanan pesan antar seperti Go-Food atau Grab Food.

Sebagai hotel bintang empat, fasilitas yang ditawarkan Hotel Savana terbilang mumpuni. Saat menginap, Anda bisa menemukan fasilitas seperti akses Wi-Fi gratis, lounge area, restaurant, indoor pool, bar, dan business center. Jika Anda tertarik untuk bermalam di hotel tersebut, tarif yang harus Anda bayar adalah sekitar Rp700 ribuan per malam.

Hotel Morina

Olahan bakso di Malang memang sangat beragam. Selain bakso biasa yang dilengkapi dengan kuah, kota berjuluk Paris van East Java ini juga masyhur dengan bakso bakarnya. Salah satu tempat terbaik untuk menyantap sajian adalah Bakso Bakar Pak Man, yang menurut sebagian orang merupakan salah satu pionir di Kota Malang.

Morina Smart Hotel Malang

Jika Anda ingin kulineran di tempat tersebut, ada beberapa penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh, dan salah satu yang tarifnya lumayan terjangkau dan fasilitasnya cukup memadai adalah Morina Smart Hotel. Penginapan tersebut dapat Anda temukan di Jalan Dr. Cipto No. 5, Kelurahan Rampal Celaket, Kota Malang, Jawa Timur. Dari Bakso Bakar Pak Man, Anda cukup menjangkaunya dengan berkendara sekitar 3 menit. Nah, jika kebetulan Anda tidak membawa kendaran pribadi, Anda bisa memanfaatkan ojek online dengan biaya sekitar Rp5.000 – Rp8.000 sekali antar.

Hotel Morina merupakan salah satu pilihan yang pas bagi traveler yang ingin menghemat bujet. Meski lokasinya strategis, Anda cukup membayar biaya sewa mulai Rp288.000 saja per malam untuk bisa bermalam. Selain itu, fasilitas kamarnya juga cukup lengkap, misalnya saja LED TV, akses Wi-Fi gratis, AC, private bathroom, shower panas & dingin, ketel listrik, dan mineral water.

Kertanegara Premium Guest House

Meski dikategorikan sebagai guest house, namun akomodasi ini menawarkan fasilitas layaknya hotel bintang tiga. Ketika menginap di Kertanegara Premium Guest House, pengelola sudah menyediakan berbagai macam fasilitas mumpuni di dalam kamar, misalnya saja AC, kamar mandi dalam, shower panas & dingin, ketel listrik, room amenities, LED TV, telepon, dan refrigerator untuk beberapa tipe kamar.

kertanegara premium guest house - www.kertanegaraguesthouse.com
kertanegara premium guest house – www.kertanegaraguesthouse.com

Selain menawarkan fasilitas yang oke, Kertanegara Premium Guest House juga berdiri di kawasan premium. Yup, penginapan ini beralamat di Jalan Semeru, yang merupakan salah satu kawasan elit di Kota Malang. Dari jalan tersebut, Anda bisa menuju Jalan Besar Ijen dengan mudah, yang merupakan salah satu ikon wisata bersejarah di Kota Pendidikan.

Tidak hanya dekat dengan Jalan Ijen, penginapan tersebut juga dekat dengan berbagai tempat kuliner hits, misalnya saja Rujak Semeru, yang menyediakan menu rujak manis Malangan. Tempat tersebut merupakan salah satu tempat favorit warga Malang untuk menyantap rujak manis kala cuaca kota sedang panas. Eits, tapi Anda jangan menyantapnya sendiri, karena satu porsi Rujak Semeru bisa dinikmati 2-3 orang.

Fendy’s

Homestay merupakan salah satu pilihan akomodasi dengan tarif yang cukup terjangkau ketika bertandang ke Kota Malang. Salah satu homestay yang cukup populer karena lokasinya yang strategis adalah Fendy’s Homestay.

Fendi’s Guest House
Fendi’s Guest House

Dikatakan strategis, karena Fendy’s Homestay letaknya tidak jauh dari Jalan Besar Ijen, tepatnya di Jalan Kawi No. 48, Gading Kasri, Kota Malang, Jawa Timur. Beberapa kuliner legendaris di Kota Malang juga dekat. Jika Anda sedang ingin menyantap sepiring pecel, Pecel Kawi Hj. Musilah berada persis di seberang penginapan. Ketika makan di sana, jangan lupa untuk memesan sate komoh, karena lauk yang berbahan dasar daging tersebut merupakan salah satu menu favorit.

Nah, jika kulineran siang hari saja Anda rasa kurang, Anda bisa tetap jajan di malam hari. Di dekat homestay tersebut, ada sebuah warung STMJ yang sudah lama menjadi favorit warga Malang, namanya adalah STMJ Sentot. Selain itu, jika Anda ingin menyantap jagung bakar, sentra kuliner Pulosari jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Tidak hanya menjual lokasi yang strategis, homestay yang dibanderol dengan harga sewa mulai Rp290 ribuan per malam tersebut juga dibekali dengan fasilitas yang oke, misalnya saja televisi dengan channel internasional, AC, kamar mandi dengan shower dan pemanas air, meja tulis, koran harian, dan akses internet gratis via Wi-Fi .

Lihat Juga:   Update Tarif Penginapan Murah di Kawasan Dieng, Wonosobo




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan