Suka Berbaur dengan Alam? Ini Referensi Tempat Kemah di Gianyar




Tenda camping
Tenda camping

Bali tidak cuma menyediakan , , atau resort untuk kebutuhan menginap turis yang berkunjung. Bagi mereka yang gemar dengan petualangan alam, Pulau Dewata juga memiliki banyak yang cocok dijadikan berkemah, termasuk di kawasan Gianyar. Selain dapat menghemat pengeluaran, bisa dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan alam.

Gianyar sendiri telah menjadi salah satu lokasi favorit banyak wisatawan. Ini karena wilayah tersebut memiliki sejumlah faktor pendukung, seperti kebudayaan dan kehidupan masyarakat setempat yang masih tradisional, keindahan alam serta peninggalan sejarah, fasilitas transportasi dan telekomunikasi yang memadai, serta fasilitas lain seperti hotel, homestay, hingga restoran.[1]

Ada banyak spot wisata yang dapat Anda jelajahi ketika liburan ke Gianyar. Salah satu yang sudah populer tentu saja Desa Wisata Ubud, yang merupakan pusat seni dan budaya di Bali. Kemudian, ada pula Taman Nusa yang menyajikan informasi seputar kebudayaan dan suku dari Sabang hingga Merauke. Tempat oke lainnya adalah Bukit Campuhan, Bali Bird & Reptile Park, Bali Zoo, hingga Pasar Seni Sukawati dan Sekar Bumi Farm.

Dengan objek wisata yang berlimpah dan beragam, tidak heran jika kunjungan pelancong ke Gianyar tidak pernah sepi. Ini membuat fasilitas penginapan seperti hotel, guest house, hingga villa menjamur di daerah tersebut. Namun, bagi mereka yang enggan menginap di hotel dan lebih ingin menyatu dengan alam, Gianyar juga menawarkan sejumlah spot yang cocok untuk camping.

Rangkung Hill Camping Ground

Rangkung Hill Camping Ground (sumber: balitoursclub.net)
Rangkung Hill Camping Ground (sumber: balitoursclub.net)

Ini adalah objek wisata yang cukup terkenal di Gianyar, yang menawarkan konsep berkemah outdoor yang menarik. Wisatawan dapat menemukan Rangkung Hill Camping Ground di Jalan Carik Sekalangan, Lebih Beten Kelod, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jika wisatawan berangkat dari kawasan Sanur, membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara untuk tiba di tempat ini.

Lihat Juga:   Tips Sukses Jalan-jalan Murah ke Thailand

Untuk wisatawan yang hendak berkemah, Rangkung Hill Camping Ground sudah menyediakan sejumlah tenda dengan ukuran sekitar tiga orang dewasa, yang dilengkapi dengan kasur angin dan bantal duduk di masing-masing tenda. Selain itu, tersedia pula fasilitas toilet dan yang digunakan bersama. Bahkan, pengelola telah menyiapkan paket camping yang dapat dikombinasikan dengan malam.

Tidak hanya tempat berkemah, Rangkung Hill Camping Ground juga sudah dilengkapi dengan sejumlah spot menarik untuk background foto. Pengunjung bisa selfie-selfie cantik di spot bulan sabit, bintang, sarang burung, atau payung warna-warni. Jika Anda tertarik berkunjung ke kawasan ini, biaya sewa tenda per malam berkisar Rp200 ribuan untuk kapasitas 2 orang atau Rp300 ribuan untuk kapasitas 4 orang.

Tegal Dukuh Camp

Tegal Dukuh Camp (sumber: hikersbay.com)
Tegal Dukuh Camp (sumber: hikersbay.com)

Tempat berkemah selanjutnya di Gianyar adalah Tegal Dukuh Camp yang berlokasi di Desa Taro, Tegallalang, Ubud, Gianyar, Bali. Spot ini berselang sekitar 9 km dari Terasering Tegallalang serta dapat dijangkau dengan berkendara sekitar satu jam dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Jika wisatawan bertolak dari Elephant Safari Park, jarak menuju Tegal Dukuh Camp cuma berkisar 1,26 km.

Awalnya dibangun sebagai sarana gratis peristirahatan sementara untuk cycling tours yang melewati Desa Taro, sekarang Tegal Dukuh Camp sudah dilengkapi dengan setidaknya 8 unit tenda yang mampu menampung 2 sampai 4 orang serta dua tenda ukuran besar dengan kapasitas 4 sampai 8 orang. Untuk kenyamanan traveler, semua tenda dilengkapi dengan kasur, bantal, selimut, dan bath towel.

Lihat Juga:   Referensi Hotel Murah di Genting Highland Malaysia

Untuk menyewa tenda kapasitas kecil, pengunjung akan dikenakan tarif mulai Rp450 ribuan per malam. Sementara, harga sewa tenda kapasitas besar berkisar Rp780 ribuan hingga Rp840 ribuan per malam. Apabila tertarik bermalam di tempat, bisa melakukan reservasi via sejumlah situs booking online atau melalui nomor ponsel 0878 6144 5333 atau 0831 1934 7618.

Keramas Beach Camping Ground

Keramas Beach Camping Ground
Keramas Beach Camping Ground

Ini adalah salah satu lokasi favorit di Gianyar untuk berkemah. Tempatnya sendiri berada di Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Menurut ulasan para wisatawan yang sempat singgah, Keramas Beach Camping Ground merupakan lokasi yang asyik untuk berkemah, termasuk untuk keluarga. Pasalnya, spot ini menawarkan udara yang tenang serta panorama yang sangat elok.

Ketika berkemah di tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang mengasyikkan bersama anggota keluarga atau teman dekat. Anda bisa menyalakan api unggun sambil memetik gitar, membuat pesta BBQ, atau sekadar duduk-duduk sambil memandangi langit dan deburan ombak lautan di malam hari. Jika membutuhkan informasi lebih detail, silakan menghubungi nomor ponsel 0819 9908 7070.

Itulah rekomendasi beberapa tempat di Gianyar yang asyik dijadikan lokasi berkemah. Selain spot-spot di atas, sebenarnya ada sejumlah tempat menarik lainnya seperti di Bukit Campuhan, Taman Apis Carana, WOW Camp Gianyar, hingga Desa Guwang di Kecamatan Sukawati. Sebelum berkemah, pastikan Anda membawa peralatan dan perbekalan komplet agar camping Anda menjadi nyaman dan menyenangkan.

[1] Atmojo, Wahyu Tri. 2008. Pariwisata di Gianyar Bali dari Wisata Budaya Sampai Wisata Wana. Jurnal BAHAS Universitas Negeri Medan, Vol. XXV(69).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan