Sajikan View Instagenic, Ini Rekomendasi Tempat Camping di Malang




Lembah Indah - travelspromo.com
Lembah Indah - travelspromo.com

Bagi banyak orang, berkemah merupakan aktivitas yang dapat memberikan suatu kualitas kesenangan tertentu yang sulit ditemukan dalam kegiatan-kegiatan lain sebagai pengisi waktu luang.[1] Umumnya dilakukan di ruangan terbuka, memberikan peluang bagi traveler untuk lebih dekat dengan dan meninggalkan sejenak kebisingan kota. Tidak sulit menemukan tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan ini, termasuk ketika Anda liburan ke .

Camping sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas rekreasi yang kreatif dan mengandung unsur pendidikan, yang dapat dilakukan dengan cara tinggal, bermalam, dan melakukan kegiatan secara berkelompok di ruangan terbuka.[2] Kegiatan ini dapat dibedakan menjadi bermacam-macam, seperti perkemahan bakti, perkemahan ilmiah, perkemahan pendidikan, dan perkemahan rekreasi.

Nah, apabila Anda sedang atau hendak melakukan kunjungan ke Malang Raya, tidak sulit menemukan tempat yang cocok untuk berkemah. Pasalnya, kawasan ini masih memiliki ruang terbuka yang luas. Tidak cuma di dataran tinggi, bukit, atau gunung, Anda pun bisa mencoba camping di pinggir pantai. Sebagai referensi, berikut sejumlah tempat camping hits di kawasan Malang dengan panorama alam yang luar biasa.

Bumi Perkemahan Bedengan

Destinasi ini berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Apabila Anda bertolak dari pusat kota, bisa menempuh perjalanan ke arah barat sejauh 13 km. Anda bisa melewati rute Universitas Brawijaya, kemudian ITN, terus saja ke Merjosari, lalu, belok kiri menuju Perumahan Joyo Grand. Perjalanan dilanjutkan ke Jalan Joyo Agung hingga masuk wilayah Selokerto.

Bumi Perkemahan Bedengan sangat cocok bagi mereka yang mencintai kegiatan alam terbuka. Tak jauh dari , Anda akan menemukan sungai dengan air yang sangat jernih dan konon berasal dari sebuah air terjun bernama Brues. yang disediakan lumayan memadai, termasuk kamar mandi, musala, dan lahan untuk mendirikan tenda. Jika berminat camping, bisa menyewa tempat dengan tarif Rp100 ribuan per malam, plus masuk Rp10 ribuan per orang.

Bumi Perkemahan Ledok Ombo

Ini adalah kawasan camping ground atau tempat berkemah di Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang sering dijadikan lokasi kegiatan anak-anak Pramuka maupun para pencinta alam. Suhu udara yang sejuk di bawah pohon pinus yang rindang, serta pemandangan alam yang memanjakan mata, menjadi sajian utama destinasi ini. Saat ini, kepopuleran Ledok Ombo sebagai tempat liburan semakin naik seiring dengan keberadaan Pinus Café.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket dengan harga Rp5.000 per orang. Namun, apabila ingin menyewa tenda, akan dikenakan biaya Rp40.000 per malam, sedangkan biaya untuk sewa sleeping bag adalah Rp10.000 per bag. Sementara, jika membutuhkan kayu bakar untuk api unggun, bisa membelinya dengan harga sekitar Rp20.000 per ikat.

Lihat Juga:   Indahnya Senja Berbalut Aura Mistis di Pantai Ngliyep
Bumi Perkemahan Bedengan - (YouTube: Faris Kota Malang)
Bumi Perkemahan Bedengan – (YouTube: Faris Kota Malang)

Budug Asu Camp

Popularitas Budug Asu menanjak sekitar tahun 2018 lalu ketika banyak traveler mengunggah foto liburan mereka di media sosial. Budug Asu sendiri merupakan sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 1.500 hingga 2.000 m di atas permukaan , yang berlokasi di perbatasan Lawang dan Singosari. Lokasinya masih satu arah jika Anda berwisata ke Kebun Teh Wonosari, Lawang.

Perjalanan menuju puncak memang cukup menantang. Diawali dengan trek yang datar di awal perjalanan, kemudian pendaki akan dihadapkan pada medan yang menanjak. Meski cukup melelahkan, semuanya akan terbayar setelah tiba di puncak berkat pemandangan alam yang luar biasa dan suasana yang menyegarkan. Apabila tertarik camping di tempat ini, perlu menyiapkan biaya Rp35 ribu sampai Rp50 ribuan apabila melalui rute Kebun Teh Wonosari (sudah termasuk tiket kebun teh, tiket Budug Asu, dan parkir motor).

Bumi Perkemahan Coban Rondo

Salah satu tempat camping hits di Malang Raya. Seperti namanya, Bumi Perkemahan Coban Rondo memang terletak dekat Coban Rondo, tepatnya di Jalan Coban Rondo, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, bisa menuju barat ke arah Kediri atau Jombang, dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam berkendara.

Berbeda dengan bumi perkemahan lainnya, untuk menuju lokasi camping di Coban Rondo, wisatawan tidak perlu susah-susah mendaki. Pasalnya, jalanan sudah beraspal dan dapat dilewati kendaraan bermotor, sehingga cocok untuk liburan keluarga. Sensasi utama kawasan ini adalah udaranya yang sangat dingin lantaran memang berada di dataran tinggi. Harga tiket masuk Coban Rondo sendiri berkisar Rp40 ribuan per orang.

Bumi Perkemahan Coban Rondo - menone.wordpress.com
Bumi Perkemahan Coban Rondo – menone.wordpress.com

Pantai Watu Lepek

Apabila Anda ingin suasana camping yang berbeda, Anda bisa langsung meluncur ke Pantai Watu Lepek. Ini adalah sebuah pantai yang berada satu kompleks dengan Pantai Batu Bengkung. Setelah melewati gerbang masuk dan membayar tiket Rp10 ribu, wisatawan dapat memarkir kendaraan di lokasi yang tersedia. Kemudian, berjalan kaki menuju sebuah bukit karang di sisi karang. Di sana, ada jalan setapak menuju Pantai Watu Lepek.

Lihat Juga:   Update Info Lengkap Jadwal, Harga Tiket, dan Fasilitas KMP Legundi Surabaya-Lombok

Bukan merupakan pantai unggulan di Malang Selatan, Pantai Watu Lepek memang cukup sepi pengunjung. Karena itu, pantai ini sangat cocok bagi mereka yang ingin refreshing dan menghindari hiruk-pikuk perkotaan. Anda bisa berkemah di pinggir pantai dengan suguhan ombak Samudera Hindia serta suguhan batu karang kokoh yang berdiri di tengah-tengah lautan.

Pantai Kuncaran

Masih berbicara camping di pinggir laut, lokasi lainnya yang juga dapat Anda jadikan rujukan adalah Pantai Kuncaran. Lokasinya terletak Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Mirip dengan Pantai Watu Lepek, belum banyak orang yang berkunjung ke kawasan ini sehingga suasananya cenderung sepi, pas untuk Anda yang ingin liburan dengan nyaman.

Meski pamornya masih kalah dengan pantai-pantai lainnya, seperti Pantai Goa Cina maupun Pantai Balekambang, sebenarnya Pantai Kuncaran memiliki panorama yang mengagumkan. Garis pantai ini cukup panjang, dengan pasir yang masih putih bersih. Beberapa spot juga bisa dijadikan lokasi memancing. Selain itu, harga tiket masuknya sangat murah, cuma Rp7.500 per orang, belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Lembah Indah

Ini adalah tempat wisata yang mulai naik daun dalam beberapa waktu belakangan seiring popularitas glamping. Lembah Indah dapat Anda temukan di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Berada di kawasan Gunung Kawi, Anda bisa bertolak dari pusat kota, menuju Jalan Supriadi, dilanjutkan ke Jalan Garuda di Karangpandan, kemudian langsung ke Desa Balesari.

Lembah Indah cocok bagi mereka yang ingin camping tanpa perlu repot menyiapkan tenda atau perlengkapan lainnya. Pasalnya, pengelola sudah menyediakan tenda berukuran sedang yang dapat diisi 2 hingga 4 orang. Tidak hanya menikmati suasana tidur di alam bebas, pengunjung pun bisa berfoto-foto di gazebo yang telah ditata sedemikian rupa. Untuk tiket masuk, traveler cuma dikenakan biaya Rp15 ribuan per orang.

Selain lokasi-lokasi di atas, sebenarnya masih ada banyak tempat camping di Malang yang oke. Anda bisa berkemah di Pantai Balekambang, Pantai Teluk Asmara, atau Pantai Seling Ombo. Jika ingin ke tetangga, Kota Batu, juga bisa berkemah di Coban Rais, Coban Talun, Romantic Camp Ground Gunung Banyak, atau Latar Ombo di puncak Bukit Panderman.

Lembah Indah - travelspromo.com
Lembah Indah – travelspromo.com

[1] Sulaeman, I. 1983. Petunjuk Praktis Berkemah. Jakarta: Gramedia.

[2] Rinaldi, Ogi. 2015. Kawasan Bumi Perkemahan di Kota Singkawang. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, Vol. 3(2): 198-210.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan