Rekomendasi Tempat Camping di Bali, Suguhkan Pesona Alam yang Elok




Bukit Teletubbies - www.kintamani.id
Bukit Teletubbies - www.kintamani.id

Berwisata ke Bali tidak hanya menikmati keindahan pantainya atau menghabiskan uang dengan berbelanja. Bagi Anda yang suka dengan tantangan dan berwisata , Anda bisa mencoba camping di Pulau Dewata. Berkemah di pulau ini akan menyajikan pengalaman berbeda, karena banyak camping yang menyuguhkan latar belakang sunset atau sunrise.

Memilih tempat camping di tidak bisa sembarangan, karena Anda perlu mengetahui -lokasi yang baik untuk mendirikan tenda. Kebanyakan tempat di memiliki tanah yang berpasir dan berbatu, sehingga sedikit membutuhkan usaha keras untuk mendirikan tenda. Meskipun begitu, ada beberapa tempat di yang memiliki camping ground berupa lapangan luas dengan tanah yang bersahabat dengan pasak tenda Anda.

Danau Buyan

Salah satu tempat yang populer untuk dijadikan sebagai tempat berkemah di Bali adalah Danau Buyan. Ini merupakan salah satu spot alam yang menyuguhkan panorama danau serta hamparan tanah lapang hijau sebagai camping ground. Tanah di daerah tersebut tergolong tanah basah yang sedikit berlempung.

Anda bisa dengan mudah menancapkan pasak tenda di tanah tersebut. Agar suasana camping Anda lebih menarik, pilihlah daerah yang jaraknya dekat dengan danau. Dari dalam tenda, Anda bisa menikmati indahnya panorama danau yang luas. Menjelang sore, pemandangan danau akan lebih indah dihiasi dengan aneka burung pemakan ikan yang bertengger di pinggiran danau.

Danau Buyan sendiri letaknya di Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali. Lokasinya yang strategis membuat para wisatawan yang berkunjung tidak kesulitan memenuhi kebutuhan harian mereka saat berkemah. Di sekitar area perkemahan, Anda bisa menemukan beberapa warung makanan dengan seafood yang segar.

Danau Buyan - www.kintamani.id
Danau Buyan – www.kintamani.id

Karang Boma

Bagi Anda yang suka dengan tantangan atau hal-hal yang meningkatkan adrenalin, Anda bisa mencoba kemah di Karang Boma. Karang Boma merupakan salah satu daerah di Bali yang dipenuhi dengan tebing-tebing berbatu yang tinggi. Tebing-tebing tersebut ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman perdu, lumut, hingga pohon besar.

Puncak tebing yang datar dan bertanah sedikit gembur menjadi salah satu alasan mendirikan tenda dengan mudah. Anda bisa memasang pasak tenda dengan cepat tanpa harus mengeluarkan energi besar. Namun, ada baiknya Anda memilih tebing yang tidak curang dan menghadap ke laut. Dari tenda, Anda bisa menikmati pemandangan alam berupa pantai dan lautan yang luas.

Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat sunset di tempat tersebut. Karang Boma sendiri lokasinya berada di Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Karena menghadap langsung ke laut, angin di sini cukup kencang. Ada baiknya Anda membawa perlengkapan tidur lengkap, mulai dari sleeping bag hingga jaket untuk menghangatkan tubuh di malam hari.

Karang Boma - ketutne.tumblr.com
Karang Boma – ketutne.tumblr.com

Bukit Cemara

Tempat berkemah yang tak kalah populer dengan Karang Boma adalah Bukit Cemara. Tempat ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan cocok untuk Anda pencinta alam yang ingin berkemah ramai-ramai. Camping ground yang luas dengan pemandangan bukit dan sunrise menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Anda bahkan bisa melihat awan tipis di bawah Bukit Cemara. Selain berkemah, Anda pun bisa melakukan banyak hal menyenangkan lainnya. Beberapa wisatawan kerap bermain motor trail di bukit tersebut. Medannya yang tidak terlalu terjal dan berbatu membuat motor dapat melaju dengan mudah.

Lokasi Bukit Cemara ini tidak jauh dari Pura Puseh, tepatnya terletak di Jungutan, Bebandem, Kab. Karangasem, Bali. Bagi Anda yang hendak berkemah di Bukit Cemara, sebaiknya membawa perbekalan lengkap, terutama makanan dan . Ini karena Bukit Cemara sedikit jauh dari tempat pemukiman penduduk, apalagi warung.

Bukit Cemara - (Youtube: Willy Hartawan)
Bukit Cemara – (Youtube: Willy Hartawan)

Gunung Batur

Bagi Anda yang hobi mendaki sekaligus berkemah, Anda bisa mencoba ke Gunung Batur. Ini merupakan salah satu tempat yang menjadi incaran banyak pencinta alam atau wisatawan backpacker. Memang, mendaki Gunung Batur tidak mudah, apalagi ke puncaknya. Namun, setelah Anda berhasil mencapai puncak gunung, Anda akan dibuat betah dengan pesonanya.

Dari dalam tenda, Anda bisa melihat keindahan puncak Gunung Batur. Di pagi hari, jika beruntung, Anda bisa melihat awan tipis berjalan di sekitar rerumputan tempat Anda berkemah. Pemandangan langka ini bisa Anda nikmati jika cuaca sedang bagus dan tidak mendung. 

Gunung Batur sendiri lokasinya berada di Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali. Jika Anda memilih berkemah di puncak Gunung Batur, sebaiknya hindari pendakian di malam hari, ini karena hawa yang terlalu dingin dan jalanan yang masih sangat terjal. Ada baiknya Anda mendaki di pagi atau siang hari.

Gunung Batur - www.balisunrisetrekkingandtour.com
Gunung Batur – www.balisunrisetrekkingandtour.com

Bukit Teletubbies

Jika Anda tidak terlalu suka mendaki gunung, Anda bisa mencoba berkemah di Bukit Teletubbies. Memiliki nama yang sama dengan bukit di kawasan Bromo Tengger Semeru, Bukit Teletubbies ini berada di Tanglad, Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali. Tanah di tempat ini tergolong cukup gembur dan mudah untuk dipasangi pasak, sehingga Anda bisa memasang tenda dengan cepat dan mudah. 

Dari dalam tenda, Anda bisa melihat hamparan hijau yang luas dengan bukit-bukit kecil. Semua bukit yang ada di area tersebut terbentuk dari gundukan tanah yang dibiarkan hingga ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman rumput dan perdu. Anda bisa memilih spot yang tepat dengan permukaan tanah yang cukup datar untuk dipasang tenda. Perlu Anda ketahui, daerah tersebut sedikit jauh dengan warung makanan dan toilet. Ada baiknya Anda menyiapkan  perbekalan yang lengkap. 

Itulah rekomendasi tempat berkemah yang populer di Bali. Selain menikmati pemandangan dengan cara berkemah, Anda juga bisa berfoto dengan teman atau . Jangan lupa untuk selalu membawa kantong plastik sebagai tempat membuang sampah. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar agar tetap indah.

Bukit Teletubbies - www.kintamani.id
Bukit Teletubbies – www.kintamani.id
Lihat Juga:   Update Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Owabong Waterpark




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan