Referensi dan Tarif Sleeper Bus Jakarta-Semarang




PO Rosalia Indah - @PilarTRTA7123F
PO Rosalia Indah - @PilarTRTA7123F

Untuk melakukan perjalanan darat, memang masih menjadi pilihan sejumlah orang, salah satunya karena menetapkan harga tiket yang relatif terjangkau. Sayangnya, durasi perjalanan menggunakan bus memang relatif lama, sehingga sering membuat bosan. Nah, untuk memberikan kenyamanan selama bepergian, sejumlah perusahaan otobus alias PO saat ini telah menghadirkan armada sleeper bus dengan fasilitas mentereng untuk berbagai rute, termasuk -.

Saat ini, memang semakin banyak orang yang telah memiliki kendaraan pribadi. Namun, keberadaan angkutan umum masih penting bagi keberlangsungan pergerakan masyarakat. Angkutan umum sendiri adalah angkutan setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk digunakan oleh publik, dengan dipungut bayaran atau tertentu.[1] Kendaraan umum ini dapat berupa mobil penumpang, bus kecil, bus sedang, dan bus besar.

Nah, dari sekian angkutan umum yang sudah beroperasi, bus merupakan salah satu jenis yang masih sering digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya melayani perjalanan antar-wilayah di daerah yang sama, bus yang beroperasi di Indonesia juga menyediakan rute yang menghubungkan satu provinsi dengan provinsi yang lain, dikenal sebagai AKAP (Antar Antar Provinsi). Bus AKAP ini memiliki ciri-ciri antara lain mempunyai jadwal tetap, pelayanan cepat, dilayani bus umum, tersedia terminal penumpang tipe A, dan prasarana jalan yang dilalui memenuhi kelas jalan.[2]

Apa Itu Sleeper Bus?

Namun, seperti yang Anda ketahui, perjalanan dari satu provinsi ke provinsi lain menggunakan bus umum membutuhkan waktu yang lumayan lama. Lain lagi jika Anda menumpang pesawat terbang, yang dapat dicapai dalam hitungan jam. Kondisi ini tentu dapat membuat penumpang merasa bosan dan lelah, terlebih jika jalanan yang dilalui kebetulan sedang macet.

Nah, untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi perjalanan jarak jauh penumpang, sejumlah PO saat ini menghadirkan apa yang dinamakan sleeper bus. Sleeper bus ini mulai eksis di jalanan Indonesia pada tahun 2016 silam. Kala itu, PO Brilian menghadirkan sleeper bus AKAP untuk rute Jakarta menuju Purwokerto dan Purbalingga, sekaligus sleeper bus pertama di Indonesia.

Lihat Juga:   Villa Anggrek 2, Penginapan Keluarga Dekat Kolam Renang Tirta Buana Batu
Tarif Sleeper Bus - mnews.id
Tarif Sleeper Bus – mnews.id

Lalu, apa itu sleeper bus? Ini adalah sebuah bus yang dimodifikasi sedemikian rupa, menyediakan kasur untuk dipakai penumpang duduk atau tidur. Pada bagian kabin, dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk kursi biasa dan tempat tidur. Sleeper bus berbeda dengan sleeper seat dan suite class yang beberapa tahun terakhir ini menjadi tren. Keduanya ‘hanya’ menggunakan kursi dengan kerebahan yang dapat diatur hingga 150 derajat, sehingga tidak rata seperti ranjang.

Sempat booming pada 2016 hingga 2017, kemudian hilang, ternyata saat ini masih ada beberapa PO yang menawarkan sleeper bus kepada calon penumpang. PO Putra Jaya misalnya, menyediakan sleeper bus yang dinamai Vicolux, dengan fasilitas berupa kasur yang dilengkapi bantal dan guling, tidak ketinggalan audio video on demand (AVOD). Armada bus ini sekarang melayani trayek Makassar-Palopo PP.

Masih di Pulau Sulawesi, ada sleeper bus PO Bintang Prima yang melayani relasi Makassar-Toraja PP. Sleeper bus ini memiliki empat hingga delapan kursi yang diletakkan di sisi belakang bus. Sementara, bagian depan hingga tengah tetap diisi kursi-kursi yang nyaman. Fasilitas yang diperoleh penumpang kelas sleeper antara lain bantal, guling, serta selimut.

Pilihan Sleeper Bus Jakarta-Semarang

Lalu, bagaimana dengan sleeper bus di Pulau Jawa? Walaupun tidak terlalu banyak, ternyata ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan sleeper bus, seperti PO Sinar Jaya, PO Tami Jaya, PO Handoyo, PO Rosalia Indah, dan PO New Shantika. Sejumlah rute yang dioperasikan antara lain Jakarta-Yogyakarta, Bogor-, Yogyakarta-Denpasar, Merak-Jepara, dan Jakarta-Surabaya.

Lihat Juga:   Info Terkini Penginapan Murah Dekat Terminal Leuwi Panjang Bandung

Apabila Anda ingin bepergian dari Jakarta menuju Semarang menggunakan sleeper bus, Anda bisa menumpang armada milik PO New Shantika. Perusahaan ini telah menghadirkan bus suite class yang nyaman dan dilengkapi fasilitas sleeper seats yang mewah untuk tidur. Bus tersebut melayani relasi Merak-Lebak Bulus-Semarang-Demak-Kudus-Jepara dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti bantal, selimut, dan AVOD.

Alternatif lainnya adalah PO Rosalia Indah, yang memiliki First Class Double Decker sebagai kelas tertinggi. Kelas ini biasanya hanya tersedia dua kursi yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur yang datar. PO Rosalia Indah melengkapinya dengan fasilitas personal LCD TV, slot USB, lampu baca pribadi, tirai, take order service, hingga fasilitas umum seperti bantal, selimut, air minum, dan toilet.

PO New Shantika - www.hargatiket.net
PO New Shantika – www.hargatiket.net

Tarif Sleeper Bus Jakarta-Semarang

Nama Sleeper Bus
PO New ShantikaMulai Rp300 ribuan
PO Rosalia IndahMulai Rp350 ribuan

Harga tiket sleeper bus di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa tarif tiket sleeper bus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda kesulitan mendapatkan sleeper bus jurusan Jakarta-Semarang, Anda bisa menumpang relasi Jakarta-Surabaya yang mungkin singgah di Kota Lumpia, seperti PO Sinar Jaya dan PO Harapan Jaya.

[1] Munawar, Ahmad. 2005. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

[2] Widiyanti, Dwi. 2016. Analisis Kinerja Pengoperasian dan Pelayanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Umum (BPU) “Rosalia Indah”). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 18(1): 63-78.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan