Pulau Reusam Aceh Jaya, Wisata Tropis dengan Tarif Terjangkau




Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: pesonaaceh.blogspot.com)
Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: pesonaaceh.blogspot.com)

Reusam terletak di Kabupaten Aceh Jaya, tepatnya di Teluk Rigaih, dan merupakan kawasan berupa yang perkembangannya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan cara menjadikan pulau ini sebagai kawasan konservasi terumbu karang.[1] Untuk menikmati keindahan Pulau Reusam, Anda perlu membayar atau harga tiket masuk yang untungnya relatif terjangkau.

Pulau Reusam

Dilansir dari berbagai sumber, sebelum menjadi destinasi wisata populer, Pulau Reusam merupakan salah satu tempat yang dipakai warga Aceh Jaya untuk bermusyawarah dan menyelesaikan permasalahan secara hukum adat. Ini sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat setempat.

Tak hanya itu, dulunya Pulau Reusam juga dijadikan sebagai tempat khusus untuk melaksanakan sebuah tradisi dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Ketika bulan puasa hampir tiba, masyarakat setempat akan berbondong-bondong datang ke pulau untuk melakukan ritual membersihkan diri dengan mandi di pantai dan biasanya ini dilakukan sehari sebelum Ramadan. Seiring waktu, ketika pariwisata Aceh Jaya semakin maju, Pulau Reusam menjadi salah satu spot wisata daerah.

Saat Anda menginjakkan kaki di Pulau Reusam, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai pasir putih yang indah dengan garis pantai yang dikelilingi tumbuhan dan pepohonan kecil. Di sekitar pantai ini, terdapat sebuah dermaga kayu yang biasa dipakai untuk akses menuju pulau-pulau lain di sekitar Pulau Reusam. Anda bisa menyewa sampan kayu tradisional untuk berkeliling pulau atau menuju pulau lain.

Dermaga Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: acehprov.go.id)
Dermaga Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: acehprov.go.id)

Sama seperti kebanyakan pantai yang ada di Aceh, pantai di pulau ini pasirnya bertekstur lembut dan sedikit berkarang. Selama di pantai ini, Anda bebas untuk bermain dan bersantai sambil menikmati udara yang sejuk. Jika Anda merasa kurang nyaman, karena di pinggir pantai sangat panas, Anda bisa berteduh di area pepohonan sekitar. Biasanya, para pelancong akan menggelar tikar di bawah pohon yang besar dan rindang.

Lihat Juga:   Backpacker ke Jakarta, Objek Wisata dan Penginapan Recommended

Bagi Anda yang ingin berpiknik di Pulau Reusam, Anda tidak hanya harus membawa alas sendiri, tetapi juga makanan dan minuman. Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup, karena fasilitas di pulau ini belum terlalu lengkap dan belum banyak warung atau restoran di sekitar pulau.

Selain sebagai tempat piknik atau wisata keluarga, Pulau Reusam juga sering dijadikan spot foto. Pulau ini diapit dua buah yang tampak eksotis dan menjadi background yang menarik untuk Anda yang suka berfoto dengan .

Air laut di sekitar Pulau Reusam tampak jernih kebiruan dengan pemandangan bawah laut yang indah. Ini membuat para turis tergoda untuk menceburkan diri ke dalam air. Anda bisa loncat dari dermaga kayu ke dalam laut dan berenang. Diketahui, arus dan angin laut pulau ini tidak terlalu kencang, sehingga aman untuk dijadikan tempat snorkeling.

Sama halnya dengan piknik, untuk berenang atau snorkeling, Anda harus membawa peralatan sendiri. Di pulau ini belum ada lapak yang menawarkan peralatan menyelam atau berenang. Selain itu, pastinya akan lebih nyaman jika Anda memakai peralatan sendiri yang dibawa dari rumah.

Lihat Juga:   Objek Wisata Menarik dan Info Penginapan di Pulau Peucang Ujung Kulon

Untuk masalah penginapan, di pulau ini sayangnya juga belum ditemukan pondok atau akomodasi yang bisa disewa. Biasanya para pelancong akan mendirikan tenda sebagai tempat berteduh dan bermalam. Jika Anda ingin berkemah di pulau ini, sebaiknya Anda membawa peralatan sendiri dari rumah.

Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: triptrus.com)
Pulau Reusam Aceh Jaya (sumber: triptrus.com)

Jika Anda berkemah di Pulau Reusam, saat menjelang malam, Anda bisa mulai membuat api unggun untuk menghangatkan badan, karena hawa di pantai ini terbilang sangat dingin. Anda bisa membawa kayu bakar sendiri dari rumah atau mencarinya di sekitar pantai. Sudah ada banyak pepohonan yang tumbuh, sehingga tidak sulit mencari kayu yang kering di sekitar pulau.

Saat Anda berkemah, Anda harus mematuhi aturan setempat, yakni dilarang merusak tanaman dan membuang sampah sembarangan. Setelah berkemah dan menyalakan api unggun, Anda juga harus membersihkan dan membereskan sisa atau bekas api unggun yang Anda buat dengan cara dikubur pasir pantai.

Tiket Masuk Pulau Reusam

Bagi Anda yang tertarik berwisata ke Pulau Reusam, Anda harus mengetahui harga tiketnya. Menurut pelancong yang pernah berlibur ke pulau Reusam, tarif atau biaya masuk ke pulau ini sekitar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per orang. masuk ke Pulau Reusam tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Izwar. 2020. Pengelolaan Pulau Reusam – Kabupaten Aceh Jaya Menjadi Kawasan Ekowisata Berbasis Syariah (Disertasi). Program Doktor Ilmu Pengelolaan SDA dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Utara Medan.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan