Pondok Prigi Trenggalek, Lokasi Pinggir Pantai Fasilitas Lengkap




Pantai Prigi Trenggalek (sumber: travelspromo.com)
Pantai Prigi Trenggalek (sumber: travelspromo.com)

Kawasan Pantai Prigi merupakan salah satu pantai yang menjadi sasaran pengembangan wisata Pemerintah Kabupaten Trenggalek.[1] Untuk menarik lebih banyak pelancong agar datang ke wilayah ini, di sekitar pantai sudah dibangun beberapa penginapan dan salah satunya adalah Pondok Prigi. Meskipun inapnya tidak bisa dibilang murah, fasilitas yang ditawarkan terbilang lengkap.

Lokasi dan Fasilitas Pondok Prigi

Pondok Prigi merupakan salah satu penginapan dekat Pantai Prigi, tepatnya berlokasi di Jl. Pantai Karanggongso, Prigi, Tasikmadu, Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Dari menuju Pantai Prigi, dapat ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, tempat inap ini dekat dengan Pantai Karanggongso, dengan waktu tempuh sekitar 1 menit berjalan kaki.

Tempat bermalam ini mengusung konsep hunian pinggir pantai yang dikelilingi dengan bukit dan hutan. Pondok Prigi memiliki area pelataran yang luas dan biasanya dipakai sebagai tempat parkir. Khusus untuk area parkir, berada di pojok dekat gerbang dan pos penjagaan, sehingga cukup aman. Spot parkir ini dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk kendaraan beroda dua dan kendaraan beroda empat.

Pondok Prigi (sumber: visittrenggalek.go.id)
Pondok Prigi (sumber: visittrenggalek.go.id)

Tak jauh dari area parkir, Anda akan menemukan yang terhubung langsung ke Pantai Karanggongso. Berbeda dengan area pantai yang tandus, taman ini ditumbuhi dengan pepohonan berukuran sedang dan rumput hijau. Di bagian pinggir taman, sudah ada bangku dan aneka tumbuhan berbunga yang biasa dipakai untuk berfoto sekaligus bersantai.

Lihat Juga:   Penginapan Kapsul Populer dan Recommended di Bandung

Taman ini cukup luas hingga tersambung ke area hutan dan bukit di belakang bangunan Pondok Prigi. Sehingga, tak heran jika banyak tamu tertarik melakukan tracking di area hutan atau gunung lewat taman ini. Selain itu, di bagian tengah taman ada beberapa gazebo kecil yang bisa dipakai sebagai tempat nongkrong sekaligus piknik. Memang, Anda bisa piknik di area ini dengan bebas bersama atau teman.

Akomodasi ini juga terbilang ramah anak, karena memiliki spot khusus untuk bermain si kecil. Di bagian belakang taman, telah terdapat playground yang difasilitasi dengan permainan lengkap, termasuk ayunan yang muat untuk empat orang. Di samping ayunan, ada kotak pasir yang bisa dipakai untuk membuat istana pasir oleh buah hati Anda.

Bagi Anda yang tidak malas berkeliling Pondok Prigi, Anda akan menemukan jembatan dan area penyewaan perahu. Jembatan kayu ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto, dengan latar belakang berupa pondok kayu dan perahu yang berlayar. Di area ini, Anda juga bisa mencoba keseruan naik banana boat dan perahu sampan.

Salah satu kamar di Pondok Prigi (sumber: indonesia-tourism.com)
Salah satu di Pondok Prigi (sumber: indonesia-tourism.com)

Selain menyediakan akses terdekat ke Pantai Karanggongso, Pondok Prigi juga memiliki restoran berkonsep outdoor yang unik. Restoran keluarga ini tidak hanya menawarkan menu makanan seafood dengan bahan segar, tetapi juga pemandangan alam berupa pantai dan laut. Sehingga, Anda bisa bersantap sambil menikmati angin laut dan mendengarkan suara ombak.

Lihat Juga:   Tarif Bersaing, Ini Rekomendasi Penginapan di Pamekasan

Memasuki area kamar, Anda dapat menemukan bangunan seperti rumah kecil di komplek pinggir pantai. Cottage di Pondok Perigi terbilang cukup asri, karena dikelilingi taman dengan pohon kelapa berukuran mungil. Setiap kamar juga memiliki jalan setapak sebagai akses untuk pergi ke pantai. Semua kamar di tempat inap ini sudah dilengkapi dengan teras yang menghadap ke pantai, yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat bersantai, tetapi juga untuk foto dan nongkrong.

Untuk fasilitasnya, setiap kamar memiliki AC/kipas angin, lemari pakaian, lemari penyimpanan, set meja rias, dan tempat tidur yang nyaman. Ada juga kamar mandi pribadi di pojok kamar yang dibekali dengan shower air hangat, cermin, wastafel, WC duduk, dan peralatan mandi. Beberapa kamar ada yang memiliki mesin pembuat minuman dan TV.

Tarif Pondok Prigi

Menurut review tamu yang pernah menginap di Pondok Prigi, harus mengeluarkan kocek setidaknya Rp850.000 per malam untuk menginap di sini. ini belum termasuk sarapan dan snack. sewa kamar ini tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. bisa Anda lakukan secara langsung, karena penginapan belum bekerjasama dengan situs online.

[1] Atana, Tsalits & Joni Purwohandoyo. 2018. Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Prigi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Geografi Universitas Gadjah Mada, Vol. 15(1): 76-85.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan