Tarif Penginapan di Pulau Kayangan, Spot Wisata Eksotis Dekat Makassar




Hotel Beril Nur - www.traveloka.com
Hotel Beril Nur - www.traveloka.com

Apakah Anda pernah mendengar nama Kayangan? Ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di seberang Makassar, Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 0,9 km menggunakan perahu. Seperti namanya, saat liburan ke tempat ini, Anda dapat merasakan sensasi yang nyaman seperti sedang berada di kayangan. Selain pemandangan yang elok, pulau ini ternyata juga sudah didukung penginapan meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Dalam sejarahnya, Kota Makassar dulunya merupakan salah satu kota yang terkenal akan kepahlawanan Sultan Hasanuddin melawan penjajah Belanda. Saat ini, kota yang sempat disebut sebagai Ujung Pandang tersebut telah menjadi pusat pengembangan dan perjalanan, sekaligus pintu gerbang di kawasan Indonesia bagian timur, serta masih populer sebagai kota bahari.[1][2]

Berbicara mengenai bahari di Kota Makassar, daftarnya bisa sangat panjang. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Losari, yang bahkan kerap dijadikan landmark Kota Makassar. Selain populer berkat keindahannya, Pantai Losari juga menjadi kawasan kuliner utama di Kota Anging Mamiri, karena menghadirkan banyak penjual makanan khas daerah setempat.[3]

dan Pesona Pulau Kayangan

Selain Pantai Losari, wisata bahari Makassar juga dapat ditemukan di pulau-pulau kecil di dekatnya. Seperti diketahui, di seberang selatan Makassar, terdapat setidaknya sebelas pulau kecil yang eksotis, seperti Pulau Kayangan, Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke, dan Pulau Lanjukang yang punya hamparan terumbu karang dan lamun serta panorama pantai dan laut yang indah.[4]

Nah, apabila Anda ingin liburan ke pulau yang sepi, tetapi tetap punya fasilitas memadai, maka Pulau Kayangan merupakan rekomendasi yang menarik. Pulau ini berada di Desa Bulogading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, atau berjarak hanya sekitar 900 meter dari ibukota Sulawesi Selatan. Anda bisa berkendara dari Makassar menuju dermaga, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu.

Lihat Juga:   Referensi Penginapan di Kademangan Blitar Fasilitas Lengkap
Pesona Pulau Kayangan - jejakpiknik.com
Pesona Pulau Kayangan – jejakpiknik.com

Dengan luas yang tidak terlalu besar, hanya sekitar 1 hektar, Pulau Kayangan nyatanya menawarkan apa yang dibutuhkan sebuah tempat wisata. Di pulau ini, Anda dapat menyaksikan panorama laut lepas di sisi barat. Sementara, di bagian timur, Anda akan disuguhi lautan yang menghadap langsung Kota Makassar dan pelabuhan. Sudah bisa membayangkan, bukan?

Pasir putihnya yang lembut dengan airnya yang jernih akan menggoda Anda untuk melakukan aktivitas di pantai, mulai dari bermain air hingga hanya memandang keindahan dari pinggir pantai. Bagi Anda yang menyukai olahraga seperti diving atau snorkeling, juga bisa dilakukan di pulau eksotis ini. Pemandangan bawah lautnya, dengan terumbu dan biota laut yang melimpah, akan menjadi salah satu pemandangan yang tidak akan Anda lupakan begitu saja.

Setelah menghabiskan waktu dengan bermain atau beraktivitas lainnya, tentunya perut akan mengeluh untuk diisi. Untuk memuaskan ‘jeritan perut’, Anda dapat menikmati kuliner di restoran pinggir pantai. Menariknya restoran ini terlihat seperti dermaga yang memiliki pemandangan yang oke. Anda dapat menyantap hidangan seperti konro, pallu basa, hingga minuman seperti es palu butung.

Harga Penginapan di Pulau Kayangan

Walaupun punya ukuran yang terbilang tidak terlalu luas, fasilitas yang ditawarkan Pulau Kayangan ternyata cukup memadai. Selain restoran, kafe, dan juga renang, di pulau ini juga sudah terdapat penginapan. Berupa resort pinggir pantai, akomodasi ini sudah didukung dengan area permainan anak-anak, anjungan untuk memancing, hingga sebuah panggung hiburan.

Lihat Juga:   Info Lengkap Lokasi & Tarif Penginapan Dekat Candi Prambanan

Lalu, berapa yang perlu dikeluarkan untuk bisa bermalam di penginapan-penginapan tersebut? Menurut bocoran salah satu pengunjung, tarif akomodasi tersebut sekitar Rp250 ribuan per malam. Sumber yang lain menyebutkan bahwa harga sewa penginapan sekitar Rp100 ribu hingga Rp300 ribuan per malam, tergantung kamar yang akan ditempati.

Miko Hotel Makassar - www.agoda.com
Miko Makassar – www.agoda.com

Penginapan Dekat Pulau Kayangan

Apabila Anda kebetulan tidak kebagian kamar, Anda tidak perlu risau. Pasalnya, Anda masih dapat mencari akomodasi di Kota Makassar. Ada sejumlah tempat inap yang berjarak cukup dekat dengan Pulau Kayangan, seperti Hotel Beril Nur (1,3 km), Hotel Bandar Makassar (1,47 km), Miko Hotel Makassar (1,62 km),  Grand Palace Hotel Makassar (1,72 km), D’Holiday Hotel Makassar (1,8 km), OYO 90386 Hotel Makassar (1,89 km), dan OYO 2291 Hotel Bahagia (1,98 km). Tarif kamar paling penginapan-penginapan tersebut rata-rata Rp166 ribuan hingga Rp250 ribuan per malam.

[1] Setiawan, Iwan, Justinus Andjarwirawan, Andreas Handojo. 2013. Aplikasi Makassar Tourism pada Kota Makassar Berbasis Android. Jurnal Infra, Vol. 1(2).

[2] Kuta, Mirza Andina P. dan Faizah Mastutie. 2015. Museum Bahari di Makassar ‘Ekspresi Budaya Masyarakat Bugis-Makassar dalam Perancangan Arsitektur’. Jurnal Arsitektur Daseng UNSRAT Manado, Vol. 4(1): 89-99.

[3] Chandra, Irvan Kristianto. 2013. Fasilitas Wisata Kuliner di Pantai Losari Makassar. Jurnal eDimensi Arsitektur, Vol. 1(2): 8-13.

[4] Kuta, Mirza Andina P. dan Faizah Mastutie. Op cit.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan