Tarif Penginapan di Sirah Kencong, Perkebunan Teh Eksotis di Blitar




Villa Sirah Kencong - sirahkencongptpn12.blogspot.com
Villa Sirah Kencong - sirahkencongptpn12.blogspot.com

Selain pantai, juga memiliki beberapa lain yang asyik untuk liburan, salah satunya Sirah Kencong. Ini adalah perkebunan teh yang berada di lereng Gunung Kawi. ini menghadirkan hawa sejuk dan hamparan kebun teh, selain juga yang menyegarkan. Dan, meski belum banyak, Anda juga bisa menemukan penginapan yang berlokasi dekat dengan Sirah Kencong.

Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. tempat ini berada sekitar 12 km dari pusat kota Wlingi. Sementara, apabila wisatawan berangkat dari pusat kota Blitar, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam berkendara untuk tiba di Sirah Kencong. Ada dua jalur untuk menuju Sirah Kencong, yaitu jalur Semen dan jalur Tegalasri.

Jika memilih jalur Semen, maka yang harus ditempuh yaitu dari arah kota Blitar menuju Wlingi. Dari Wlingi, lanjutkan perjalanan menuju Semen, dan ketika sampai di Masjid Raya Wlingi, belok kiri pada pertigaan pertama. Kemudian, pada perempatan pertama Perumahan Bening, belok kanan, lalu belok kiri pada perempatan kedua hingga mencapai Pasar Semen.

Dari Pasar Semen, belok kanan pada jalan bercabang hingga menemukan jalanan berbatu yang merupakan jalan menuju Sirah Kencong. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sepanjang 11 km, hingga menemukan jalan bercabang. Jalur kiri merupakan jalur yang lebih pendek, sedangkan jalur kanan lebih jauh dan cukup sulit tetapi punya pemandangan yang indah.

Seperti dijelaskan di atas, daya tarik utama Sirah Kencong adalah hamparan perkebunan teh yang hijau dan asri. Di tempat ini, selain bisa merasakan udara yang sejuk, para wisatawan juga dapat mengabadikan diri melalui lensa kamera di Wukir Negoro. Pengelola juga telah menyediakan beberapa spot yang asyik, termasuk gazebo, area outbound, serta camping ground.

Nah, bagi pengunjung yang ingin merasakan segarnya air pegunungan, di Sirah Kencong juga terdapat air terjun yang kece. Meski tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu deras, namun karena berada di area hutan, maka suasana air terjun ini sangat sejuk, asri, dan masih sangat alami. Air terjun ini sendiri memiliki beberapa nama seperti Air Terjun Tirta Kencana, Air Terjun Suro Tani, dan Air Terjun Sirah Kencong.

Lihat Juga:   Villa Davendra, Penginapan Mewah dengan Kapasitas Besar di Jalan TVRI, Kota Batu
Villa Sirah Kencong - sirahkencongptpn12.blogspot.com
Villa Sirah Kencong – sirahkencongptpn12.blogspot.com

Untuk mereka yang hobi petualangan, bisa meluncur ke beberapa gua yang berlokasi tidak jauh dari air terjun. Lorong goa ini melingkar dan membentuk huruf U. Di dalam gua, konon masih banyak hewan liar, seperti kelelawar dan ular. Gas amoniak di dalam gua juga sangat pekat, sehingga wisatawan disarankan untuk berhati-hati jika ingin menyambangi gua-gua tersebut.

Nah, bagi traveler yang doyan dengan wisata sejarah, bisa mengunjungi Candi Sirah Kencong yang berada di area tempat wisata agro ini. Candi Sirah Kencong katanya ditemukan pada tahun 1967 silam oleh para pekerja perkebunan. Ketika ditemukan, kondisi fisik candi telah runtuh dan tidak utuh lagi. Candi ini sendiri terdiri dari tiga bangunan pokok, yaitu bangunan candi pertama yang terletak di sebelah utara, kemudian candi kedua di tengah, dan bangunan ketiga terletak di sebelah selatan. Pada dinding candi, terdapat beberapa relief unik yang tidak timbul layaknya relief candi kebanyakan, melainkan hanya tergurat dangkal, seperti digores-gores saja.

Sirah Kencong sendiri juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Buthak. Karena itu, di tempat ini terdapat pula pos peristirahatan Brak Papat. Brak Papat berupa hamparan kebun teh yang luas, terletak pada ketinggian 1.340 m dari permukaan laut, perbatasan antara kebun teh dengan hutan yang disebut Ukir Negoro. Setelah melewati Ukir Negoro, para pendaki masih harus melewati 5 pos lagi sebelum mencapai puncak Gunung Buthak, yang memiliki ketinggian 2.868 m dari permukaan laut, dan merupakan puncak tertinggi di eks Karesidenan Kediri (Blitar, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung).

Lihat Juga:   Daftar 10 Tempat Wisata Di USA Paling Top

Lalu, bagaimana dengan masalah ? Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun ada beberapa akomodasi yang bisa Anda temukan di dekat Sirah Kencong. Akomodasi-akomodasi tersebut dikelola oleh pemilik perkebunan. Publik umumnya mengenal ini dengan nama Villa Sirah Kencong, merujuk tempat berdirinya .

Tarif Villa Sirah Kencong

Akomodasi ini merupakan salah satu pilihan tempat bermalam yang dekat dengan Sirah Kencong. Pengelola siap menyambut wisatawan dengan total empat unit kamar tidur, yang terdiri dari dua kamar tidur double bed dan dua kamar tidur single bed. Tarif sewa per malam untuk satu unit villa sekitar Rp1,25 jutaan. Sementara, apabila tamu datang beberapa orang saja, bisa menyewa secara kamaran dengan biaya Rp300 ribuan per malam untuk tipe single bed atau Rp400 ribuan per malam untuk tipe double bed.

Villa Sirah Kencong - sirahkencongptpn12.blogspot.com
Villa Sirah Kencong – sirahkencongptpn12.blogspot.com

Meski harganya cukup affordable, namun di Villa Sirah Kencong cukup memadai. Berdiri dengan bangunan berdesain modern dan dilengkapi hijau, villa ini sudah menyediakan fasilitas seperti kamar mandi pribadi plus shower di masing-masing kamar, ruang tamu, ruang makan dan dapur, garasi, hingga akses Wi-Fi berkecepatan tinggi untuk mereka yang ingin selalu up to date.

Nah, apakah Anda hendak berwisata ke Sirah Kencong dan berminat bermalam di tempat ini? Jika iya, Anda bisa melakukan pemesanan langsung di lokasi. Namun, apabila tidak ingin kehabisan tempat, reservasi juga bisa dilakukan jauh-jauh hari dengan menghubungi nomor ponsel 0852 1850 6608, 0856 3510 124, dan 0858 5392 2822.

Jika Anda kebetulan tidak kebagian kamar di Villa Sirah Kencong, Anda masih menemukan alternatif akomodasi di kawasan Wlingi. Di sini, terdapat beberapa tipe penginapan, mulai , homestay, hingga guest house. Tarif penginapan di Wlingi bervariasi, mulai Rp150 ribuan per malam, tergantung tipe kamar dan fasilitas yang disediakan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*