Rekomendasi Penginapan di Jasinga, Bogor




Tugu ikonik di Bogor (sumber: kompas)
Tugu ikonik di Bogor (sumber: kompas)

Jasinga merupakan sebuah kecamatan yang paling luas di Bogor dan memiliki beberapa objek yang bisa dikembangkan sebagai aset kabupaten untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.[1] Meskipun belum banyak faktor penunjang pariwisata seperti penginapan, rata-rata yang disewakan di wilayah ini mematok yang relatif terjangkau dan menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para tamunya.

Salah satu spot rekreasi yang sedang hits di Jasinga adalah RCB Water Park yang berlokasi di Cikopomayak, Jasinga, Bogor. Ini merupakan taman rekreasi air yang memiliki nuansa asri dengan kolam yang dilengkapi waterboom. Selain itu, ada beberapa kolam khusus yang bisa Anda pakai untuk belajar berenang atau berenang santai. Ada juga kolam khusus anak yang dilengkapi dengan seluncur air dan wahana ember tumpah.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan ingin mengajak keluarga untuk piknik dan liburan ke RCB Water Park, Anda dapat mencari di daerah Jasinga. Meskipun tidak terlalu banyak akomodasi yang tersedia di daerah ini, Anda bisa mencoba singgah ke beberapa inap berikut.

Wisma OBEH SUU

Wisma OBEH SUU berlokasi di Kampung Muncang Raya, Sipak, Jasinga, Bogor, Jawa Barat dan dekat dari RCB Water Park. Dari penginapan menuju taman air, cuma memerlukan waktu perjalanan sekitar 12 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Wisma OBEH SUU (google street view)
Wisma OBEH SUU (google street view)

Secara tampilan, penginapan ini menawarkan konsep hunian sederhana di tengah pedesaan. Meskipun begitu, fasilitas umum yang ditawarkan cukup memadai, antara lain kamar mandi, area parkir yang luas, taman, dan area bersantai. Anda juga bisa memakai balkon atau loteng bagian atas bangunan sebagai tempat untuk menjemur pakaian.

Kamar-kamar di wisma ini dilengkapi dengan beranda atau teras kecil yang memiliki kursi dan meja santai. Ruangan ini berfungsi sebagai area bersantai pribadi sekaligus tempat merokok. Untuk bagian dalam kamar, dilengkapi dengan lemari pakaian, set meja rias, dan kasur yang nyaman.

Lihat Juga:   Tarif Bersaing, Ini Rekomendasi Hotel di Taman Sari Bandung

Sayangnya, tarif sewa kamar baru bisa Anda ketahui saat melakukan kamar. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi, karena penginapan ini belum bekerja sama dengan situs booking online dan belum memiliki nomor telepon.

Penginapan Jasinga Herra

Penginapan Jasinga Herra atau biasa disebut dengan Motel Jasinga terletak di Jasinga, Bogor, Jawa Barat dan tidak jauh dari RCB Water Park. Dari tempat inap menuju taman air, cuma membutuhkan waktu tempuh sekitar enam menit menggunakan kendaraan bermotor.

Penginapan Jasinga Herra (google street view)
Penginapan Jasinga Herra (google street view)

Menawarkan konsep hunian yang sederhana, penginapan ini terbilang cukup laris, karena memiliki fasilitas yang lengkap. Sarana umum yang disediakan adalah area bersantai yang luas, taman yang asri, area parkir yang luas, dan pemandangan sekitar hunian yang masih asri. Bisa dibilang, akomodasi ini didirikan di pedesaan dengan kondisi sekitar berupa bukit, sawah, perkebunan, dan hutan kecil.

Setiap kamar di Penginapan Jasinga Hera memiliki balkon dan teras sebagai tempat bersantai pribadi sekaligus area bebas rokok. Spot ini juga dilengkapi dengan tempat air minum, kursi, meja, rak sepatu, dan tempat khusus untuk menjemur pakaian. Sementara, bagian dalam kamar difasilitasi dengan AC/kipas angin, TV, lemari pakaian, lemari penyimpanan, kasur tanpa dipan yang nyaman, set meja rias, dan tikar tambahan. Selain itu, ada kamar mandi pribadi dengan kloset duduk, shower, dan bak air.

Menurut review yang pernah menginap di Penginapan Jasinga Herra, tamu hanya perlu membayar sewa kamar seharga Rp115 ribuan hingga Rp230 ribuan per malam. ini tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak penginapan melalui telepon di nomor 0857 7214 4973.

Lihat Juga:   Daftar Terbaru Villa di Dekat Telaga Sarangan, Magetan

288

Villa 288 beralamat di Kampung Panggilingan, Setu, Jasinga, Bogor, Jawa Barat dan terbilang cukup dekat dengan RCB Water Park. Dari penginapan menuju waterpark, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar tujuh menit menggunakan kendaraan bermotor.

Villa 288 Jasinga Bogor (youtube: West Bogor)
Villa 288 Jasinga Bogor (youtube: West Bogor)

Akomodasi ini memiliki konsep hunian yang mewah dan asri dengan desain bangunan klasik. Anda bisa melihat pondokan, bale-bale, dan gazebo yang terbuat dari kayu dan bata di area villa. Selain itu, tempat inap ini menawarkan beberapa sarana publik, antara lain taman yang sangat luas, area parkir semi outdoor, tempat bermain anak, area piknik dan bersantai, serta ruang makan.

Layaknya di rumah sendiri, tempat inap juga menyediakan ruang tamu dan ruang keluarga di bagian luar kamar. Memasuki kamar, Anda akan menemukan teras atau beranda sebagai ruang bersantai pribadi. Bagian dalam kamar memiliki AC, TV, tempat tidur dengan dipan, lemari pakaian, dan set meja rias. Ada juga kamar mandi pribadi yang dibekali kloset duduk, cermin, shower, dan tempat menggantung baju.

Menurut review pelancong yang pernah menginap di Villa 288, untuk menyewa villa ini, Anda perlu mengeluarkan anggaran mulai Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta per malam. Biaya ini sudah termasuk untuk melihat rusa dan berjalan-jalan di area perkebunan sekitar. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak penginapan melalui telepon di nomor (0251) 8392271.

[1] Syah, Firman & Tuty Herawati. 2019. Pemetaan Potensi Destinasi Wisata Mice di Kabupaten Bogor. Visioner: Jurnal Penelitian Komunikasi Politeknik Negeri Jakarta, Vol. 1(2): 150-159.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan