Tarif Penginapan di Gili Nanggu, Pulau Cantik di Lombok




Pulau Gili Nanggu di Nusa Tenggara Barat (sumber: mynuansaindonesia.com)
Pulau Gili Nanggu di Nusa Tenggara Barat (sumber: mynuansaindonesia.com)

Jika Anda sedang berlibur ke Lombok, jangan hanya berkunjung ke Gili Trawangan, Gili Meno, atau Gili Air saja. Sempatkan juga untuk mampir ke Gili Nanggu. Pasalnya, pulau seluas sekitar 12,5 hektar ini juga punya panorama yang tidak kalah cantik dibandingkan tiga pulau sebelumnya. Selain itu, fasilitas di pulau ini pun cukup memadai, termasuk sudah adanya penginapan.

Gili Nanggu

Gili Nanggu bisa Anda temukan di barat daya Lombok, tepatnya di wilayah Sekotong dan dapat dicapai menggunakan speedboat dari dua yang berbeda, yaitu melalui Pelabuhan Lembar (lokasi kapal ferry berlabuh dari Pulau Bali) serta dari Sekotong Barat. Namun, kebanyakan memilih untuk bertolak dari Sekotong Barat karena durasi waktu yang lebih pendek.

Jika Anda memutuskan untuk berangkat dari Sekotong Barat, Sekotong di Lombok Barat menjadi titik awal berperahu, yang bisa dicapai dalam waktu 1,5 jam dari . Ada deretan perahu nelayan yang siap membawa menyeberang gili yang terletak di Desa Tawun tersebut. Durasi waktu perjalanan dari Sekotong Barat ini hanya 15 hingga 20 menit. Bandingkan jika Anda berangkat dari Pelabuhan Lembar yang bisa memakan waktu sekitar 40 menit.

Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan berkapasitas delapan orang dengan mulai Rp350 ribuan. Dalam perjalanan menuju Gili Nanggu, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menawan. Beberapa menit meluncur, Anda sudah bisa melihat deretan pulau kecil yang menyajikan view unik. Gili Nanggu sendiri tampak paling besar dibandingkan pulau-pulau di sekitarnya.

Di tengah perjalanan menggunakan boat ke Gili Nanggu, ada sebuah pemandangan yang kerap menyita atensi wisatawan. Pasalnya, ada Gili Poh di sana, yang merupakan gili terkecil dari semua gili di Lombok. Untuk berkeliling Gili Poh dengan berjalan kaki, kabarnya Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit. Penampakan Gili Poh dengan Gunung Agung sebagai latar belakang-nya membuat perjalanan di boat menjadi tidak membosankan.

Pesona dan Aktivitas di Gili Nanggu

Aktivitas snorkeling di Gili Nanggu (sumber: blogkulo.com)
Aktivitas snorkeling di Gili Nanggu (sumber: blogkulo.com)

Setelah sekitar seperempat jam berlayar, Anda akan sampai di Gili Nanggu. Pulau ini sendiri dikelilingi pasir dengan warna sangat putih, yang mungkin akan menyilaukan mata Anda ketika cahaya matahari sedang terik. Semakin dekat, pantai di Gili Nanggun akan semakin landai, sedangkan bagian tengahnya dipenuhi dengan pepohonan.

Tekstur Gili Nanggu sendiri tidak beda jauh dari tiga gili populer di Lombok, baik itu Gili Trawangan, Gili Meno, dan juga Gili Air, yaitu punya pantai pasir putih, ombak landai, air jernih, dan kaya terumbu karang serta biota laut. Namun, Gili Nanggu punya suasana di pulau yang lebih sepi dibanding tiga gili lainnya lantaran pulau ini memang belum banyak diketahui dan dijadikan sebagai tujuan wisata populer.

Meski belum terlalu terkenal, Anda jangan khawatir mengenai fasilitas di Gili Nanggu. Pasalnya, pulau ini sudah dibekali dengan berbagai fasilitas yang menarik, termasuk wahana olahraga air, jogging track, serta perlengkapan diving dan snorkeling. Turis pun akan merasakan sensasi serasa di pulau pribadi lantaran Gili Nanggu memang hanya dihuni oleh manajemen dan staf .

Aktivitas atau kegiatan populer yang sering dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke pulau ini adalah snorkeling. Setidaknya, ada dua titik snorkeling yang telah ditawarkan Gili Nanggu, yaitu di bagian timur yang menjadi tempatnya ikan berwarna-warni, serta di sisi selatan yang menghadirkan suguhan aneka terumbu karang dalam berbagai warna. Jika beruntung, wisatawan juga bisa menemukan penyu dan berenang bareng di dasar laut yang kedalamannya hanya beberapa meter saja.

Setelah lelah mengeksplorasi keindahan bawah lautnya, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai Gili Nanggu. Pasalnya, ada banyak pondok kecil yang bisa digunakan hanya untuk rebahan sambil menikmati semilir angin dan pemandangan laut lepas. Di samping itu, Anda pun bisa memberikan remah-remah roti kepada ikan-ikan yang biasanya ditemukan hanya beberapa meter dari bibir pantai.

Tak berhenti sampai di situ, ketika berkunjung ke pulau, Anda pun berkesempatan melihat penangkaran penyu yang terbuka untuk umum. Gili Nanggu sendiri sudah berperan dalam kegiatan konservasi alam sejak tahun 1995 silam melalui Gili Nanggu Turtle Conservation Program. Sejak 2004 hingga 2015, program ini dikatakan sudah sukses menetaskan sekitar 4.500 telur penyu.

Penginapan di Gili Nanggu

Gili Nanggu Cottage & Bungalow (sumber: pengendolan.com)
Gili Nanggu Cottage & Bungalow (sumber: pengendolan.com)

Nah, untuk wisatawan yang datang dari jauh dan ingin sedikit berlama-lama menikmati keindahan Gili Nanggu, tidak perlu khawatir akan tempat bermalam. Di pulau ini, sudah ada penginapan bernama Gili Nanggu Cottage & Bungalow, yang menjadi satu-satunya yang berada di Gili Nanggu. Tidak hanya tempat menginap, akomodasi ini juga menyediakan berbagai kebutuhan traveler, seperti alat snorkeling, kapal jukung, sepeda, hingga canoeing.

Gili Nanggu Cottage & Bungalow hadir dengan desain unik, mengadopsi rumah adat Sasak. Akomodasi ini setidaknya telah menyiapkan 17 unit kamar, yang terdiri atas 6 tipe cottage tanpa balkon dan AC (menggunakan kipas angin), 4 tipe cottage sea view dengan balkon tanpa AC (menggunakan kipas angin), dan 7 tipe bungalow lengkap dengan AC.

Untuk tipe pertama, kamar berlokasi di atas, kamar mandi luar terletak di bawah, dan tersedia tempat untuk bersantai di bawah kamar duduk santai atau berayun-ayun menggunakan hammock. Sementara, tipe kedua hadir dengan penataan kamar yang mirip tipe pertama, namun sudah tersedia balkon yang menghadap ke pantai. Terakhir, untuk tipe ketiga, punya fasilitas yang lebih mewah, seperti AC, kamar mandi pribadi, serta fasilitas api unggun.

Tarif Gili Nanggu Cottage & Bungalow

Gili Nanggu Cottages & Bungalows (sumber: homesweethome.travel)
Gili Nanggu Cottages & Bungalows (sumber: homesweethome.)
Tipe KamarTarif per Malam
Standard CottageRp400.000
Sea View CottageRp450.000
BungalowRp550.000

Tarif kamar Gili Nanggu Cottage & Bungalow di atas kami rangkum dari situs resmi akomodasi yang bersangkutan. Biaya sewa kamar Gili Nanggu Cottage & Bungalow tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan. Jika Anda tertarik singgah, reservasi bisa dilakukan langsung di lokasi, via situs resmi penginapan, atau nomor ponsel 0812 3797 3399, 0878 6458 2020.

Lihat Juga:   Rekomendasi Hotel di Malang yang Ada Fasilitas Bathtub




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan