Jam Buka dan Tarif Paralayang Batu




Paralayang Batu - www.travelblog.id
Paralayang Batu - www.travelblog.id

Berbicara mengenai Kota , memangĀ  tidak akan lengkap tanpa Gunung Banyak. Yup, ini adalah satu kawasan yang telah lama dijadikan refreshing dan berkumpul bersama keluarga atau sahabat sambil menikmati keindahan Kota Apel dari ketinggian. Di sini, wisatawan pun bisa menjajal keseruan bermain paralayang, dengan tarif berkisar Rp400 ribuan per orang.

Terletak sekitar 15 km sebelah barat Kota , Batu telah lama menjadi rujukan banyak orang untuk berlibur. Orang Belanda dulunya bahkan menyebut kawasan ini dengan nama Klein Swiss (Swiss kecil) di Jawa lantaran punya pesona yang mirip salah satu negara Eropa tersebut.[1] Nah, salah satu pesona alam Kota Batu yang telah menjadi favorit banyak orang sejak lama adalah area Gunung Banyak.

Lokasi Paralayang Batu

Gunung Banyak terletak di Songgokerto, Batu, . Rute untuk menuju kawasan ini cukup mudah karena lokasinya dekat dengan pusat kota. Jika Anda ingin bepergian ke area ini, Anda tinggal menuju ke Batu. Saat sampai di Alun-Alun Batu, Anda bisa melanjutkan ke arah Pujon dan melewati kawasan wisata Payung dan pintu masuk Air Terjun Coban Rondo.

Ikuti terus jalan tersebut hingga tiba di pertigaan, lalu belok ke arah kanan. Sekitar 50 meter dari pertigaan tersebut, Anda bisa belok ke kiri untuk menuju Gunung Banyak. Ikuti saja jalan pedesaan tersebut. Tak perlu takut tersesat, sebab sudah tersedia banyak papan petunjuk arah yang siap mengarahkan Anda menuju Pintu Masuk Wisata Gunung Banyak.

Lihat Juga:   Berwisata dan Belajar Sejarah di Candi Badut, Candi Tertua di Jawa Timur
Paralayang Batu - (YouTube: MATSUKA)
Paralayang Batu – (YouTube: MATSUKA)

Lain lagi jika Anda berangkat dari arah Kediri atau Jombang. Anda bisa meneruskan perjalanan ke arah Ngantang dan Pujon, kemudian dilanjutkan ke arah Batu hingga bertemu pertigaan sebelum pertigaan pintu masuk Coban Rondo. Di pertigaan tersebut, Anda tinggal berkendara lurus saja sekitar 50 meter dan belok kiri. Lalu, ikuti saja jalan yang Anda sampai tiba di Pintu Masuk Wisata Gunung Banyak. Jika Anda masih kebingungan, Anda bisa bertanya pada penduduk setempat.

Paralayang Batu

Gunung Banyak sendiri sebenarnya adalah sebuah bukit di wilayah Perum Perhutani Petak 4 RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Punten BKPH (Bagian Pemangkuan Hutan) Pujon KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Malang. Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Federation Aeronautique International (FAI) menilai lokasi Gunung Banyak ini paling layak untuk menggelar pertandingan paralayang tingkat dunia karena memiliki standar dan tingkat kesulitan grade I (tertinggi).[2]

Kelebihan tempat ini adalah punya bukit dengan kemiringan hingga 45 derajat dan lokasi lepas landas di puncak bukit yang relatif luas serta akses yang sangat mudah dijangkau.[3] Selain itu, fasilitas dan sarana yang tersedia di Gunung Banyak pun relatif lebih memadai dibandingkan lokasi paralayang lainnya di Indonesia. Bahkan, pengunjung dapat melakukan kegiatan paralayang di malam hari jika temperatur udara bagus, dengan suhu udara berkisar 15 sampai 19 derajat Celcius.

Karena itu, jika Anda sudah tiba di kawasan wisata Gunung Banyak, Anda pasti akan melihat ada banyak pengunjung yang mencoba melakukan olahraga ekstrem paralayang atau paragliding. Olahraga ini hampir mirip seperti terjun payung. Bedanya, di kawasan tersebut, nantinya Anda bukan terbang seorang diri, melainkan terbang tandem bersama instruktur profesional, sehingga keamanan dan keselamatan Anda lebih terjamin.

Lihat Juga:   Lembah Biru, Spot Wisata Asri dan Instagenic di Malino
Paralayang Batu - www.kompasiana.com
Paralayang Batu – www.kompasiana.com

Menikmati pemandangan hijau dan Kota Batu sambil terbang dari ketinggian, tentunya bakal menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Anda pun masih bisa mengabadikan momen tersebut dengan kamera foto maupun video. Nah, apabila Anda berminat menantang adrenalin dengan melakukan paralayang, pihak pengelola ternyata mematok tarif yang relatif terjangkau.

Tarif Paralayang Batu

Berdasarkan akun Instagram resmi pengelola, untuk wisatawan yang ingin melakukan tandem paralayang, akan dikenakan tarif Rp400 ribu per orang. Tarif tersebut belum termasuk masuk ke kawasan Gunung Banyak sebesar Rp10 ribu per orang. Bedanya, jika tandem paralayang beroperasi mulai jam 7 pagi hingga 5 sore, maka kawasan Gunung Banyak buka selama 24 jam.

Selain paralayang, masih di kawasan yang sama, juga tersedia sejumlah spot yang oke untuk liburan dan berfoto. Anda bisa mampir ke Omah Kayu, yakni sebuah penginapan dengan bangunan dari material kayu, memungkinkan Anda menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian. Ada pula Langit Gunung Banyak yang menyediakan banyak spot Instagramable. Tiket masuk kedua wisata tersebut masing-masing Rp10 ribu per orang.

[1] Paramitha, Kartika Chandra dan Asidigisianti Surya Patria. 2016. Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Promosi Wisata Paralayang di Batu. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA, Vol. 4(2): 293-299.

[2] Ibid.

[3] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan