Hotel Tiara Pangkalan Bun, Lokasi Pusat Kota Tarif Standar




Hotel Tiara Pangkalan Bun - www.traveloka.com
Hotel Tiara Pangkalan Bun - www.traveloka.com

Pangkalan Bun saat ini telah menjadi salah satu destinasi alternatif wisatawan yang kebetulan sedang singgah di Kalimantan Tengah. Pasalnya, kota ini memang mudah dijangkau, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara. Urusan akomodasi pun sudah lumayan memadai, dengan deretan penginapan seperti Tiara, Losmen Diana, hingga Losmen Rahayu yang siap memberikan service memuaskan kepada para pengunjung.

Kalau Anda sedang bepergian ke Pulau Borneo, memang disarankan jangan lupa mampir ke Pangkalan Bun. Pasalnya, ini sekarang tidak cuma dikenal sebagai penghubung ke kota-kota besar seperti Sampit, Ketapang, dan Pontianak, juga punya tata kota yang rapi dan bersih. Sederet objek pun sudah menanti Anda jamah dan eksplorasi keindahannya.

Rekomendasi pertama adalah Bundaran Pancasila, sekaligus landmark Pangkalan Bun. Berlokasi di tengah kota, Bundaran Pancasila sering menjadi lokasi berkumpul warga setempat. Di sini, wisatawan dapat menjumpai lapak-lapak penjual beragam makanan, mulai camilan ringan hingga makanan berat. Jangan lupakan juga Monumen Penerjunan Pertama Palagan Sambi yang berada tepat di seberangnya.

Kamar Hotel Tiara Pangkalan Bun - www.pegipegi.com
Kamar Hotel Tiara Pangkalan Bun – www.pegipegi.com

Tidak hanya itu, di kota ini, Anda juga dapat menemukan wisata sejarah lainnya seperti Istana Kuning, Masjid Kyai Gede, hingga Makam Raja-Raja Kotawaringin. Masih di kota, sejumlah atraksi menarik dan kebudayaan juga patut disaksikan seperti festival seni dan budaya yang dilakukan rutin setiap tahun, taman budaya atau Pangkalan Bun Park, hingga Perkampungan Mendawai. Karena kebanyakan wisata ada di tengah kota, Pangkalan Bun sering dikategorikan sebagai Urban Heritage Tourism.[1]

Namun, dari sekian banyak spot wisata di Pangkalan Bun, daya tarik utama kota ini adalah Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP). Bahkan, lama tinggal wisatawan yang mengunjungi Kota Pangkalan Bun umumnya mereka yang melakukan perjalanan ke TNTP. Mereka menetap sementara waktu untuk melakukan riset di Desa Pasir Panjang, pusat riset dan rehabilitasi.[2]

Lihat Juga:   Losmen Anjani, Penginapan Murah Rp60 Ribuan di Kaliurang, Yogyakarta

Di seberang TNTP pun, sudah terdapat objek wisata keren lainnya, yakni Kubu, memungkinkan wisatawan untuk singgah sambil menikmati angin dan deburan ombak laut. Kubu dikenal sebagai kawasan wisata transit wisatawan yang berniat menjelajahi kemegahan hutan tropis Kalimantan yang sering disebut-sebut sebagai paru-paru dunia.[3]

Lokasi dan Fasilitas Hotel Tiara Pangkalan Bun

Seiring dengan tingginya minat wisatawan ke Pangkalan Bun, banyak penginapan lantas berdiri untuk mengakomodasi kebutuhan turis akan tempat bermalam. Sejumlah hotel dan losmen dapat Anda temukan di sekitar kota ini. Nah, salah satu nama yang cukup terkenal di kalangan pelancong yang singgah adalah Hotel Tiara karena selain berlokasi strategis, juga diklaim punya fasilitas memuaskan.

Anda dapat menemukan properti ini di Jalan Pangeran Antasari No. 16, Arut Selatan, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Berada di tengah kota, memudahkan traveler untuk mendatangi sejumlah spot populer. Jarak akomodasi menuju Istana Kuning hanya sekitar 785 meter, sedangkan perjalanan menuju Bandara Iskandar berkisar 6,03 km atau cuma 10 menit berkendara.

Menurut beberapa pengunjung yang pernah singgah, Hotel Tiara dikatakan cukup recommended bagi mereka yang mencari penginapan dan nyaman di area Pangkalan Bun. Pasalnya, properti ini punya kamar yang bersih, pelayanan yang ramah, serta area parkir kendaraan. Namun, beberapa tamu mengeluhkan akses Wi-Fi yang belum menyeluruh ke semua area kamar serta ukuran kamar yang tidak terlalu lapang.

Lihat Juga:   Ciwidey Valley Resort, Tempat Wisata Romantis Lengkap dengan Fasilitas Penginapan

Secara tampilan, Hotel Tiara punya bangunan dua lantai dengan warna dominan cokelat tua dan muda di dinding luar. Berada pas di pinggir jalan raya, cukup memudahkan wisatawan untuk menemukan akomodasi ini. Selain itu, pengelola juga sudah menyediakan papan nama berukuran sedang, berwarna biru tua mencolok yang sudah dapat terlihat dari kejauhan.

Sebagai tempat bermalam, Hotel Tiara sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti banquet, restoran ber-AC, sarapan, tamu, ruang keluarga, teras, resepsionis dan keamanan 24 jam, laundry, penitipan bagasi, porter, kopi/teh di lobi, akses internet gratis. Sementara, di dalam kamar, telah tersedia AC, kamar mandi pribadi, air minum kemasan gratis, meja, dan tentu saja ranjang.

Restaurant Hotel Tiara Pangkalan Bun - www.traveloka.com
Restaurant Hotel Tiara Pangkalan Bun – www.traveloka.com

Tarif Hotel Tiara Pangkalan Bun

KamarTarif per Malam
Superior Lantai 2 SingleRp433.333
Deluxe SingleRp500.000

Harga sewa kamar Hotel Tiara di atas kami rangkum dari beberapa situs online. Biaya sewa kamar tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Saat low season, biayanya bahkan bisa turun mulai Rp300 ribuan per malam. Jika Anda tertarik singgah, bisa melakukan reservasi via beberapa online travel agent atau nomor (0532) 22717.

[1]Priono, Yesser. 2012. Identifikasi Produk Wisata Pariwisata Kota (Urban Tourism) Kota Pangkalan Bun Sebagai Urban Heritage Tourism. Jurnal Perspektif Arsitektur Vol. 7(2): 72-84.

[2] Ibid.

[3]Yanuar, Vita. 2017. Ekowisata Berbasis Masyarakat Wisata Alam Pantai Kubu. Ziraa’ah Vol. 42(3): 183-192.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan