Referensi dan Tarif Hotel di Kertosono, Nganjuk




Stasiun Kertosono, Nganjuk (google: mNr Project)
Stasiun Kertosono, Nganjuk (google: mNr Project)

Jika Anda sering bepergian ke arah Jombang dan Kediri melewati Nganjuk, terutama menggunakan kereta api, pasti akan melewati Kertosono. Ini adalah kecamatan yang berada di Kabupaten Nganjuk sisi timur, yang memang memiliki stasiun yang cukup besar. Karena akses Kertosono cukup jauh dari kota terdekat, kawasan ini hanya sering dijadikan tempat transit. Meski demikian, di Kertosono sayangnya bisa dikatakan cukup minim.

Berbicara mengenai Kertosono, memang tidak akan lepas dari stasiun di kawasan tersebut. Yup, Stasiun Kertosono adalah stasiun yang cukup besar dibandingkan stasiun di kabupaten atau kota sekitarnya dan hampir semua kereta api reguler berhenti di sini, termasuk kereta api relasi Blitar-Surabaya Kota.[1] Berada di bawah pengelolaan PT KAI DAOP 7 Madiun, Stasiun Kertosono juga disebut-sebut sebagai stasiun pertigaan yang menghubungkan arah Madiun, Surabaya, dan Blitar.

Walau bukan termasuk kawasan , ternyata di Kertosono juga terdapat sebuah taman rekreasi bernama The Legend Waterpark Kertosono. Berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar dan berada tepat di pinggir jalan antar-provinsi, The Legend Waterpark Kertosono sudah dilengkapi dengan fasilitas rekreasi yang menarik, termasuk kolam arus, kolam ombak, papan seluncur, hingga mandi bilas dan food court.[2]

Sayangnya, untuk fasilitas lainnya, penginapan misalnya, Kertosono bisa dikatakan cukup minim. Hanya ada beberapa hotel yang berdiri di kawasan tersebut. Pasalnya, daerah ini memang bukan menjadi tujuan populer untuk berlibur dan cuma sebagai persinggahan sementara. Nah, apabila Anda kebetulan sedang mencari referensi hotel di Kertosono sebagai lokasi transit, berikut beberapa rekomendasi untuk Anda.

Budi Rahayu Hotel

Budi Rahayu Hotel (google)
Budi Rahayu Hotel (google)

Tempat bermalam ini dapat Anda temukan di Jalan Anusopati No. 20, Banaran, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Menurut ulasan para tamu yang sempat singgah, untuk sekelas di kecamatan, Budi Rahayu Hotel menyediakan fasilitas yang bisa dikatakan cukup memadai. Selain itu, harga yang ditawarkan pengelola juga relatif terjangkau.

Lihat Juga:   Daftar Alamat dan Tarif Guest House di Dago Bandung

Budi Rahayu Hotel sendiri bisa dikatakan sebagai rumah yang disulap menjadi hotel. Tempat ini memang mengusung desain khas rumah kebanyakan, hanya saja lebih luas. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kipas angin atau AC, kamar mandi pribadi plus shower, serta ranjang yang empuk. kamar dengan kipas angin sekitar Rp130 ribuan per malam, sedangkan harga sewa kamar AC berkisar Rp275 ribuan per malam. Jika berminat, bisa reservasi lewat nomor telepon (0358) 553448.

Hotel Shinta

Hotel Shinta – www.eastjava.com

Penginapan ini terletak di dua lokasi. Hotel Shinta 1 beralamat di Jalan Supriyadi No. 48, Kudu, Kecamatan Kertosono, sedangkan Hotel Shinta 2 berada di Jalan Panglima Sudirman No. 1, Pelem, Kecamatan Kertosono. Menurut penuturan yang pernah , Hotel Shinta 2 berlokasi lebih strategis dan dapat diakses angkutan umum, sedangkan Hotel Shinta 1 masih lebih masuk.

Untuk Hotel Shinta 1, fasilitas yang ditawarkan antara lain AC, televisi, selimut, handuk, sarapan, ruangan kamar yang cukup bersih, air bersih, hingga akses Wi-Fi gratis. Menyediakan beberapa kamar, mulai ekonomi, VIP, hingga VVIP, tarif sewa di tempat ini berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribuan per malam. Jika berminat, pemesanan dapat menghubungi nomor telepon (0358) 551588.

Sementara itu, fasilitas Hotel Shinta 2 tidak jauh berbeda dengan Hotel Shinta 1. Wisatawan yang menginap juga akan mendapatkan fasilitas seperti ranjang, AC, televisi, kamar mandi plus toilet duduk, serta akses Wi-Fi gratis. Dengan tarif mulai Rp260 ribu hingga Rp395 ribuan per malam, reservasi dapat dilakukan langsung di lokasi atau menghubungi nomor telepon (0358) 554024.

Hotel Lestari

Hotel Lestari Nganjuk (google street view)
Hotel Lestari Nganjuk (google street view)

Tempat inap ini berada di Jalan Dr. Sutomo No. 36, Kudu, Kecamatan Kertosono. Menurut ulasan pelancong yang pernah singgah, Hotel Lestari cocok untuk mereka yang berburu akomodasi low budget serta hanya sebagai tempat beristirahat sementara sebelum melanjutkan perjalanan. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan Puskesmas Kertosono dan Masjid Baitul Halim.

Lihat Juga:   Villa N2K Batu, Penginapan Kapasitas Besar dengan Tarif Terjangkau

Seperti penginapan murah pada umumnya, tidak ada hal istimewa yang ditawarkan Hotel Lestari. Bahkan, bangunan akomodasi ini tampak sangat sederhana, dengan cat berwarna hijau mencolok. Selama menginap, pelancong akan mendapatkan fasilitas seperti ranjang, kipas angin atau AC, serta area parkir kendaraan. Untuk lebih detail, Anda dapat menghubungi nomor telepon (0358) 551139.

99 Hotel

Ilustrasi: kamar hotel
Ilustrasi: kamar hotel

Hotel transit lainnya di Kertosono yang dapat dijadikan lokasi beristirahat sejenak adalah 99 Hotel. Tempat bermalam ini terletak di Jalan Supriyadi No. 24, Banaran, Kecamatan Kertosono. Menurut penuturan wisatawan yang pernah mampir, 99 Hotel atau Hotel 99 adalah tempat yang pas untuk melepas lelah serta menawarkan harga sewa kamar yang terjangkau.

Sayangnya, informasi mengenai hotel ini cukup minim, bahkan hampir tidak ada. Hanya saja, pada tahun 2011 silam, pihak 99 Hotel sempat menerima teror dari seseorang yang tidak dikenal, yang mengatakan ada bom. Untung saja, setelah diselidiki pihak kepolisian, motif pelaku disimpulkan hanya iseng. Jika Anda penasaran ingin mencoba bermalam di tempat ini, Anda dapat menghubungi nomor telepon (0358) 551719.

[1] Nissak, Khoirun, Agus Suryono, Abdul Wachid. 2013. Efektivitas Pelayanan di Stasiun Kereta Api Kertosono Kabupaten Nganjuk. Jurnal Administrasi Publik Universitas Brawijaya, Vol. 1(3): 111-114.

[2] As’ari, Hasyim. 2016. Perancangan Media Promosi The Legend Waterpark Kertosono (Tugas Akhir). Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain Produk Industri Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS Surabaya.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan