Tarif Wisata Puncak Paku, Kini Disebut Puncak Jokowi




Puncak Paku/Puncak Jokowi (facebook: @sungainyalotarusan)
Puncak Paku/Puncak Jokowi (facebook: @sungainyalotarusan)

Nagari Sungai Nyalo merupakan salah satu kenagarian yang ada di wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan dan terkenal dengan wisata pantai.[1] Selain itu, ada tempat wisata yang terbilang unik, yakni Puncak Jokowi yang sebelumnya memiliki nama Wisata Puncak Paku. Tempat wisata alam ini menawarkan fasilitas yang lengkap dengan tarif atau harga tiket masuk relatif terjangkau.

Fasilitas Puncak Paku

Dilansir dari KOMPAS.com, Puncak Paku merupakan sebuah bukit yang menjadi salah satu foto di kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan, Barat. Pemandangan di bukit ini tak kalah apik dengan kawasan Raja Ampat, Papua Barat. Wisatawan tak hanya bisa berfoto, tetapi juga melihat indahnya langit biru di atas area bukit hijau.

Saat ini, namanya diubah menjadi Puncak Jokowi, dilakukan untuk mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah datang ke Mandeh dan berswafoto di area ini pada beberapa waktu lalu. Ide untuk mengganti nama wisata alam ini muncul ketika Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Sandiaga Uno, juga berkunjung ke Wisata Puncak Paku. Perubahan nama pada tempat wisata ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik Wisata Puncak Paku sekaligus memberi dampak positif bagi warga di sekitarnya.

Selain itu, untuk menarik lebih banyak pengunjung, jalanan di kawasan ini sudah diperbaiki dan diaspal, sehingga sepeda motor dan mobil bisa melintas dengan baik. Tempat pemberhentian tempat wisata juga sudah dibenahi dengan adanya papan petunjuk gapura kayu kecil.

Lihat Juga:   Hotel Songgoriti, Akomodasi Hemat Tawarkan Akses Mudah ke PAPA

Fasilitas lain yang ada di tempat ini adalah foto yang melimpah. Anda bebas berfoto di mana saja, mulai dari di pinggir jalan dekat trotoar, area tebing, hingga lapangan rumput yang menghadap laut. Area pinggir kawasan ini masih asri dan ditumbuhi dengan pepohonan besar yang rindang. Anda seolah-olah akan melihat hutan kecil di pinggir jalan.

Puncak Paku, Sungai Nyalo (sumber: line today)
Puncak Paku, Sungai Nyalo (sumber: line today)

Dengan banyaknya tumbuhan di area sekitar tempat wisata, Anda tidak akan kepanasan saat berfoto. Angin di daerah ini juga terbilang sejuk dan sepoi-sepoi. Sayangnya, pada waktu tertentu, terutama musim liburan sekolah, Anda harus antre untuk berfoto di -spot favorit, seperti area pinggir tebing dan lapangan rumput.

Tak hanya berfoto, Anda juga bisa piknik di area sekitar. Namun, Anda harus membawa perbekalan sendiri. Anda juga disarankan untuk membawa alas duduk sendiri seperti tikar atau plastik, karena di area ini tidak banyak ditemukan lapak peminjaman alas duduk atau warung makanan.

Berhubung jalanan pinggir kawasan Puncak Paku adalah jalan raya umum, Anda harus pandai memilih tempat piknik. Sebagai saran, sebaiknya Anda memilih area pinggir yang dekat dengan pepohonan atau di lapangan rumput. Hal ini karena suara bising kendaraan dapat mengganggu suasana piknik Anda.

Bagi Anda yang sudah puas dengan berfoto dan piknik di Puncak Paku, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan bukit sambil minum kopi. Di pinggir jalan menuju Pantai Sungai Nyalo, terdapat beberapa kedai kopi yang menyajikan kopi hangat yang nikmat dengan aroma yang khas. Tak hanya itu, biasanya warung-warung ini menawarkan jajan atau makanan ringan seperti gorengan.

Lihat Juga:   Pilihan dan Harga Hotel di Harapan Indah, Bekasi

Biasanya, turis juga akan pergi ke Pantai Sungai Nyalo jika sudah selesai berfoto di Puncak Mandeh. Pantai berpasir putih ini tak jauh dari Puncak Paku. Dilansir dari Google Maps, dari foto menuju pantai, Anda hanya membutuhkan waktu dua menit menggunakan kendaraan bermotor atau 13 menit berjalan kaki.

Pantai Sungai Nyalo (google: Aceri Mufalino)
Pantai Sungai Nyalo (google: Aceri Mufalino)

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Sungai Nyalo, antara lain bermain air, berfoto, piknik, bersantai, bermain pasir, berenang, snorkeling dan diving. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk berkeliling area pantai atau memancing.

Selain itu, Anda juga diperbolehkan untuk camping di Pantai Sungai Nyalo. Saat berkemah di pantai ini, Anda disarankan untuk membawa perbekalan yang lengkap, termasuk tenda dengan terpal kedap air. Hal ini karena jarang ada lapak yang menyewakan peralatan camping, khususnya tenda.

Masuk Puncak Paku

Menurut review pengunjung, untuk menikmati keindahan panorama alam di Puncak Paku, turis harus membayar masuk mulai Rp10 ribu per orang. tiket masuk tersebut tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Fatimah, Siti, dkk. 2020. Nagari Literasi sebagai Pendukung Sustainable Tourism Sungai Nyalo, Pesisir Selatan, Barat. Jurnal Suluah Komunitas, Vol. 1(2): 62-70.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan