Buana Lestari Hotel Syariah, Akomodasi Homey di Padang Pariaman Dekat Bandara




Buana Lestari Hotel Syariah - @Buana Lestari Syariah Hotel dan Parkir Inap
Buana Lestari Hotel Syariah - @Buana Lestari Syariah Hotel dan Parkir Inap

Seiring dengan tren halal yang terus meningkat, penginapan yang mengusung konsep syariah pun semakin menjamur di Indonesia, tidak terkecuali di Padang Pariaman. Di salah satu kota Barat ini, Anda bisa menemukan beragam akomodasi yang membawa konsep syariah. Nah, apabila Anda ingin bermalam seolah di rumah sendiri, salah satu rekomendasi yang menarik adalah Buana Lestari Hotel Syariah.

Sebelum membahas mengenai Buana Lestari Hotel Syariah, tidak ada salahnya jika kita mengulik mengenai potensi wisata Pariaman. Perlu diketahui, ini adalah salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Barat, dengan luas sekitar 1.328,79 km persegi dan punya ibukota di Parit Malintang, sejak tahun 2008.

Awalnya punya area yang luas, kini Padang Pariaman menjadi kabupaten dengan wilayah paling kecil di Sumatera Barat. Penyusutan wilayah ini karena ada perluasan Kota Padang pada tahun 1980, yang memasukkan sebagian area Padang Pariaman, serta adanya pemekaran Kabupaten Kepulauan Mentawai pada 1999 dan Kota Pariaman pada 2002.

Meski punya wilayah yang relatif kecil, tetapi Padang Pariaman menyajikan panorama alam yang luar biasa. Banyak objek wisata alam menakjubkan yang bisa Anda temukan ketika berlibur ke kabupaten ini. Tidak hanya air terjun yang segar dengan udara yang sejuk, spot pantai kece dengan pemandangan luar biasa juga tersedia di tempat ini.

Buana Lestari Hotel Syariah - @Yeni Zaid
Buana Lestari Hotel Syariah – @Yeni Zaid

Nah, apabila Anda ingin berlibur dengan suasana yang segar, salah satu rekomendasi menarik di Padang Pariaman adalah Air Terjun Nyarai. Objek wisata ini dapat Anda temukan di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Terletak di dalam hutan, dengan perjalanan sekitar 5,3 km dari gerbang masuk, Air Terjun Nyarai menghadirkan perjalanan yang tidak terlupakan dan tentu saja pemandangan alam yang eksotis.

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai, bisa langsung meluncur ke Pantai Katapiang (juga sering disebut Pantai Ketaping). Tempat wisata ini berlokasi di Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Salah satu keunikan Pantai Katapiang adalah memiliki pohon jomblo, yang berdiri sebatang kara di pinggir pantai yang luas.

Lokasi dan Fasilitas Buana Lestari Hotel Syariah

Ketika berkunjung ke Padang Pariaman, atau Kota Padang, Anda tidak perlu mengkhawatirkan tempat bermalam. Pasalnya, di kabupaten ini, sudah berdiri banyak akomodasi yang bisa Anda jadikan lokasi menginap, baik seorang diri maupun bersama keluarga. Nah, salah satu penginapan yang diklaim menawarkan sensasi bermalam seperti di rumah sendiri adalah Buana Lestari Hotel Syariah.

Hotel ini beralamat di Jalan Akses Bandara, Kelurahan Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Penginapan berdiri di lokasi yang cukup strategis karena terletak di jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau. Sebelumnya, fasilitas penginapan di dekat bandara memang masih sangat jarak. Hotel paling dekat rata-rata berlokasi di Padang, dengan waktu tempuh ke bandara sekitar 20 menit berkendara.

Menurut sang pengelola, Boy Lestari Datuak Palindih, ada dua alasan dirinya membangun hotel berkonsep syariah di jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau. Selain karena sebelumnya masih jarang fasilitas penginapan di dekat pelabuhan udara, Sumatera Barat yang mayoritas penduduknya beragama Islam seharusnya memiliki hotel dengan konsep syariah. Ia sendiri mengklaim, Buana Lestari Hotel Syariah sebagai hotel syariah pertama di provinsi tersebut.

Sebagai hotel syariah, pengelola pun memiliki beberapa syarat apabila tamu hendak bermalam di Buana Lestari Hotel Syariah. Mereka yang datang secara berpasangan (lain jenis kelamin), harus bisa menunjukkan bukti surat nikah apabila ingin menginap. Ketentuan ini diterapkan untuk menghindari terjadinya perbuatan maksiat di dalam hotel yang dilakukan pasangan tidak sah.

Secara keseluruhan, Buana Lestari Hotel Syariah tampil dengan desain arsitektur yang unik. Ketika memasuki lobi, tamu akan disuguhi kaligrafi bordir dalam sebingkai kaca bertuliskan ayat surat Al Fatihah dan dua kalimat syahadat. Sementara, lampu-lampu di langit-langit lobi berbentuk kubah terbalik, yang identik dengan simbol masjid di kawasan Timur Tengah.

Buana Lestari Hotel Syariah - @Heru Onggodinata
Buana Lestari Hotel Syariah – @Heru Onggodinata

Selain punya konsep Islami, hotel ini juga bernuansa rumah mewah. Di lobi hotel, sudah terdapat sofa yang rangkanya terbuat dari Jati Jepara. Kemudian, juga tersedia sebuah kaca berukuran besar yang meja dan bingkainya juga terbuat dari kayu jati. Tak jauh dari sofa jati tadi, dapat ditemukan sebuah sofa untuk mengobrol santai.

Punya bangunan berlantai empat, tidak hanya itu saja fasilitas yang ditawarkan oleh Buana Lestari Hotel Syariah. Penginapan ini pun sudah menyiapkan sejumlah fasilitas di area publik, seperti meeting room dengan kapasitas 300 orang, restoran dengan menu makanan tradisional Minangkabau, musala, lahan parkir inap, hingga kolam renang berkonsep syar’i (jadwal renang laki-laki dan perempuan berbeda).

Tidak kalah dengan area umum, fasilitas di dalam kamar pun terbilang mumpuni. Ketika bermalam, akan menemukan ranjang model single atau double bed yang nyaman, televisi layar datar, pendingin ruangan atau AC, meja kerja, kursi santai, hingga kamar mandi pribadi plus wastafel dan shower. Disediakan juga fasilitas penunjang ibadah, seperti sajadah dan Al Quran.

Buana Lestari Hotel Syariah

Tipe KamarTarif per Malam
Deluxe RoomRp500.000
Superior RoomRp600.000
VIP Room Rp800.000

Daftar sewa kamar Buana Lestari Hotel Syariah di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui, sewa kamar Buana Lestari Hotel Syariah tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal . Jika Anda tertarik singgah di tempat ini, bisa melakukan reservasi via nomor telepon (0751) 4851400 atau email di alamat buanalestarisyariah@gmail.com.

Lihat Juga:   Info Penginapan Paling Dekat dengan Lucky Plaza Singapore




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan