Taman Nasional Wolong China, Tempat Wisata untuk Berinteraksi Langsung dengan Panda




Taman Nasional Wolong China - yinhuadaily.com

Anda pasti sudah tahu seperti apa wujud binatang Panda bukan? Binatang berbulu yang didominasi warna hitam dan putih ini berasal dari negeri Tiongkok. Meskipun tampilannya lucu dan terkesan tangguh, rupanya binatang bertubuh besar ini termasuk spesies yang langka dan dilindungi di .

Taman Nasional Wolong China - yinhuadaily.com
Wolong China – yinhuadaily.com

 

Pasalnya, akibat gempa yang melanda negeri Tirai Bambu tersebut pada akhir tahun 2008 silam telah mengakibatkan banyak panda tewas sehingga jumlahnya kini semakin berkurang. Sebagai langkah perlindungan panda, pemerintah China pun memindahkan sebagian besar panda ke Wolong National Natural Reserve alias Nasional Wolong.

Taman Nasional Wolong dibangun sejak awal tahun 60an di tanah seluas sekitar 200.000 hektar yang terletak di Provinsi Sichuan, China. Wilayah konservasi yang terletak di area Pegunungan Qionglai ini tak hanya menjadi rumah bagi lebih dari 150 panda raksasa yang terancam punah, tetapi juga menjadi tinggal untuk lebih dari 4.000 spesies satwa langka di China seperti monyet emas, panda merah, dan rusa berbibir putih.

Iklim subtropis lembab dari area Taman Nasional Wolong memberi kondisi yang menguntungkan untuk vegetasi dan makhluk hidup hutan bertahan hidup. Di sana juga menjadi habitat bagi lebih dari 4.000 spesies tanaman seperti pohon Katsure, pohon dove, dan Fragesia denudate.

Taman paling populer untuk melihat langsung habitat panda raksasa ini memiliki 4 medan utama, yaitu hutan bercampur bambu, sungai dan lembah, lereng alpine sebagai habitat bunga-bunga liar dan yak tinggi, serta gletser besar yang menutupi gunung.

Daya tarik atau atraksi utama dari Taman Nasional Wolong tentu saja panda raksasa dan juga sekitar 300 spesies burung yang hidup di sana. Pusat penelitian yang berada di sana mengusung teknologi tinggi untuk menyebarkan spesies panda.

Ketika berada di Taman Nasional Wolong, Anda diizinkan untuk berfoto secara dekat dengan bayi panda yang penampilannya sangat menggemaskan. Bahkan semua dari berbagai negara dipersilakan untuk mengadopsi panda dengan memberinya nama dan memberikan donasi bagi mereka.

Setiap tahunnya, Taman Nasional Wolong menjadi salah satu destinasi wisata para turis asing. Terbukti, setidaknya jumlah pengunjung Taman Nasional Wolong China mencapai sekitar 100 ribu orang per tahun.

Objek wisata satu ini menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berpetualang ke Chengdu. Jika ingin traveling ke Taman Nasional Wolong untuk melihat panda dan satwa liar lainnya yang dilindungi, maka sebaiknya Anda berangkat sekitar bulan Oktober. Oktober merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Wolong karena cuaca musim gugur akan mengubah pemandangan di sekitar pegunungan berubah nuansa menjadi warna-warna yang hangat.

Lihat Juga:   Harga Tiket Tirtasani Waterpark Malang, Alternatif Wahana Air Nyaman & Murah




Tentang Dian Kartika1089 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan