Taman Bunga Sakura Bogor, Sensasi Wisata Serasa di Jepang

Taman Bunga Sakura Bogor - www.dakatour.com

Bunga sakura memang identik dengan Jepang, dan dikatakan sebagai bunga nasional negara tersebut. Namun, Anda sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Matahari Terbit untuk menikmati keindahan bunga tersebut. Pasalnya, di Kebun Raya Cibodas , sudah ada taman bunga sakura yang tidak kalah cantik dengan yang ada di negeri asalnya.

Lokasi Taman Bunga Sakura Bogor

Seperti dituturkan di atas, taman bunga sakura berada di Kebun Raya Cibodas, Bogor, dengan luas sekitar 6.647 meter persegi. Kebun raya ini sendiri berlokasi di Kompleks Hutan Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas. Berada tepat di bawah kaki Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas terletak di ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu udara rata-rata 17 derajat sampai 27 derajat Celcius.

Taman Bunga Sakura Bogor - zoellula.blogspot.com

Taman Bunga Sakura Bogor – zoellula.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kebun raya ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 85 km jika berangkat dari Kota . Anda bisa melakukan perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur sampai ke persimpangan Cimacan dalam durasi waktu sekitar 90 menit berkendara. Setelah sampai di persimpangan Cimacan, Anda bisa belok kanan ke arah kebun raya dengan jarak kurang lebih 4 km.

Pesona Taman Bunga Sakura Bogor

Meski baru booming dalam beberapa tahun terakhir, ternyata bunga sakura di Kebun Raya Cibodas ini sudah ditanam sejak tahun 1938 silam, yaitu pohon dengan Prunus persica, atau pohon buah peach (persik). Sayangnya, upaya menanam persik tersebut kemudian mati sehingga tidak ditanam kembali.

Kemudian, di tahun 1963, percobaan kembali dilakukan untuk menanam Prunus cerasoides dan Prunus salicana. Prunus cerasoides inilah yang kemudian disebut sebagai ‘sakura’ di Kebun Raya Cibodas. Prunus cerasoides sendiri bukan berasal dari Jepang, melainkan dari Himalaya. Nama untuk tanaman ini adalah Himalayan Cherry. Lalu, taman bunga sakura kemudian resmi dibangun pada Maret-Desember 2007 untuk memperkaya taman tematik Kebun Raya Cibodas.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk dan Tiket Wahana di De’Ranch, Lembang

Untuk membangun taman sakura ini, pihak Kebun Raya Cibodas bekerja sama dengan Tsukuba Botanical Garden di Jepang sejak tahun 2007 lalu. Saat ini, pihak Tsukuba Botanical Garden memasok bibit untuk diujicobakan di Kebun Raya Cibodas guna mengetahui apakah ada tanaman dari genus Prunus lain yang bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas.

Apakah bunga sakura yang tumbuh di Kebun Raya Cibodas ini sama dengan yang tumbuh di Jepang? Ternyata, ada perbedaan antara sakura Kebun Raya Cibodas dengan sakura yang ada di Negeri Matahari Terbit. Dilansir Kumparan, meski keduanya berasal dari genus yang sama, yaitu Prunus, sakura yang tumbuh di Kebun Raya Cibodas termasuk dalam subgenus Laurocerasus, sementara di Jepang berasal dari subgenus Cerasus. Semua tanaman yang berada di genus Prunus memiliki kemiripan ketika flowering atau berbunga.

“Pada saat flowering, ya mereka (tanaman dari genus Prunus) hampir mirip. Mirip seperti sakura,” jelas Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, Muhammad Imam Surya. “Kalau climate atau iklimnya bagus, mereka akan berkembang seperti sakura Hanami (tradisi melihat sakura di musim semi di Jepang). Kalau sakura yang famous (terkenal) itu cherry, cherry blossom.”

Para peneliti sendiri mengklaim ada total 308 varian bunga sakura di seluruh dunia. Nah, tujuh di antaranya ternyata tumbuh nyaman di Kebun Raya Cibodas. Mereka antara lain Runus Cerasoides, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana, Prunus Yedoensis, dan Prunus Sp. Menariknya, beberapa varian merupakan hasil cangkok dengan jenis dari luar.

Letak pohon sakura yang tengah mekar di antaranya di dekat air mancur, tepatnya di dekat kafe dan Wisma Sakura. Letaknya yang tidak begitu jauh membuat pengunjung bisa melihat dari satu pohon ke pohon lain. Tumbuhan ini terlihat indah di antara hijaunya hamparan rumput dan rerimbunan pohon-pohon dari berbagai belahan dunia.

Lihat Juga:   5 Wahana Air Seru dan Menarik di Bekasi

Waktu Mekar Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas

Jika Anda harus menunggu musim semi untuk bisa menikmati keindahan bunga sakura di Jepang, berbeda dengan di Kebun Raya Cibodas. Bunga sakura di Kebun Raya Cibodas bisa berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu Januari-Februari dan Juli-Agustus. Ini berbeda dengan di negara asalnya, Jepang, yang hanya berbunga satu tahun sekali pada Maret-April.

Taman Bunga Sakura Bogor - www.dakatour.com

Taman Bunga Sakura Bogor – www.dakatour.com

Di negara asalnya, peristiwa mekarnya bunga sakura merupakan peristiwa yang dinantikan. Masyarakat merayakan musim sakura ini dengan melakukan tradisi Hanami, yang artinya ‘melihat bunga’. Mereka biasanya piknik dengan membawa bekal sambil menikmati bunga sakura yang bermekaran bersama anggota keluarga atau teman.

Tiket Taman Bunga Sakura

Berdasarkan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Cianjur dengan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI, bagi pengunjung Kebun Raya Cibodas, penarikan retribusi Objek Daerah Tujuan Kawasan Cibodas dilakukan di gerbang masuk (loket penjualan tiket) Kebun Raya Cibodas, dengan harga tiket:

  • Rp16.5000 per orang (Rp9.000 sesuai PP Nomor 106 tahun 2012 tentang Jenis dan atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Rp7.000 untuk Retribusi masuk Objek Tujuan Destinasi Wisata Kabupaten Cianjur berdasarkan Peraturan Bupati Cianjur No. 6 Tahun 2017, dan Rp500, untuk Asuransi Jasa Raharja Putra).
  • Tiket per motor Rp5.000.
  • Tiket per mobil Rp16.000.

Semua tiket tersebut sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putera. Untuk hari kerja, kendaraan roda dua dan roda empat dapat dibawa masuk keliling Kebun Raya Cibodas. Sementara, untuk tanggal merah, kendaraan roda dua tidak bisa dipakai keliling masuk Kebun Raya Cibodas. Harga tiket tersebut berlaku untuk hari kerja dan hari libur. Untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing , harga tiket tetap sama.

Wisma Firman Wisma Firman Rp 192.771 grade 0
IZI Hotel IZI Hotel Rp 330.000 grade 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>