Suryo Homestay, Penginapan Murah Dekat Malioboro & Alun-Alun Kidul Yogyakarta




Suryo Homestay - @Muhammad Zahdi
Suryo Homestay - @Muhammad Zahdi

Hingga detik ini Kota Yogyakarta masih menjadi salah satu daya tarik wisata andalan di Indonesia. Ketersediaan murah dan juga banyaknya pilihan tempat wisata mungkin merupakan alasan kenapa Jogja termasuk destinasi yang disukai . Ada banyak pilihan penginapan murah di Yogya, salah satunya seperti Suryo Homestay.

Suryo Homestay merupakan sebuah penginapan yang terletak di Jalan Suryodiningratan, Gang Subarman, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, 55141. Posisi Suryo Homestay cukup strategis karena berada di dalam Kampung Suryodiningratan, dekat dengan Alun-Alun Kidul Jogja, Kampung Turis Prawirotaman, Museum Perjuangan Yogyakarta, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY), Puro Pakualaman, Kampung Seni Nitiprayan, Prawirotaman, Keraton Yogyakarta, hingga Malioboro.

Mencari kuliner di sekitar Suryo Homestay pun tak sulit, sebab ada banyak warung atau tempat makan dengan menu-menu yang menggugah selera di dekat homestay, antara lain seperti Sop Ayam Pak Min Klaten, Kedai Kanjeng Mami, Lesehan Aldan, Bubur Ayam & Kupat Tahu Khas , La Pergola, Bakmi Shibitsu, hingga Mediterranea Restaurant by Kamil.

Untuk menuju Suryo Homestay pun cukup mudah. Jika dari Malioboro, Anda bisa belok kiri di km 0, lalu masuk Jalan Panembahan Senopati, belok kanan di traffic light menuju Jl. Brigadir Katamso, lurus di traffic light menuju arah Jalan Parangtritis, kemudian Anda bisa belok kanan masuk ke Jl. Tirtodipuran, Jl. Suryodiningratan, belok kiri masuk Gang Sahid. Lalu di gang pertama belok kanan, sampailah Anda di Suryo Homestay.

Suryo Homestay - @Puspita Sari
Suryo Homestay – @Puspita Sari

Ketika menginap di Suryo Homestay, Anda bisa merasakan suasana akomodasi yang sangat homey lengkap dengan fasilitas mewah. Di lantai Suryo Homestay tersedia 1 kamar tidur dengan AC dan 3 kamar dengan fan, sedangkan di lantai 2 ada 2 kamar dengan fasilitas fan. Adapun rate untuk kamar tidur dengan fan dikenai Rp 80 ribuan per malam. Dalam kamar tipe Room with Fan ini dapat menampung kapasitas 2 orang tamu serta ditunjang fasilitas berupa ranjang yang bersih dan nyaman, kipas angin, televisi, kamar mandi luar.

Lihat Juga:   Karolin Syariah Homestay, Akomodasi Alternatif Dekat Kota Batu & Malang

Kemudian tipe kamar berikutnya adalah Room with AC yang disewakan dengan atau Rp 100 ribuan per malam. Cukup murah bukan? Dalam kamar yang dapat diisi oleh 2 orang ini dilengkapi fasilitas penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), TV, dan juga kamar mandi dalam yang bersih, lengkap dengan WC duduk dan shower air dingin. Khusus di lantai 2 Suryo Homestay juga terdapat area jemur bagi Anda yang hendak mengeringkan atau menjemur pakaian sehabis dicuci.

Meskipun harga kamar di Suryo Homestay terbilang murah untuk kalangan backpacker, tetapi fasilitas umum yang disediakan pihak pengelola Suryo Homestay cukup lengkap. Bahkan ada beberapa fasilitas umum yang tergolong mewah. Misalnya saja di lantai 1 ada area komunal yang ditunjang dengan TV LCD 50 inch. Area komunal tersebut menyatu dengan area makan, jadi Anda bisa makan sembari menonton siaran televisi sekaligus berinteraksi dengan backpacker lainnya yang kebetulan sedang menginap di Suryo Homestay.

Lalu fasilitas berikutnya yang menakjubkan adalah kamar mandi luarnya. Walaupun diperuntukkan bersama, kamar mandi luar yang ada di Suryo Homestay ternyata dirancang sedemikian rupa sehingga terkesan mewah, bersih, apalagi didukung dengan kloset duduk, shower air dingin, dan tak ketinggalan bathtub. Ya! Bathtub! Anda bisa menikmati berendam di bathtub yang ada di Suryo Homestay. Namun ingat ya, Anda harus tetap ingat batasan waktunya, sebab kamar mandi tersebut adalah kamar mandi bersama yang digunakan bergantian dengan tamu-tamu lainnya.

Selain itu ada teras dengan taman kecil plus air mancur yang suaranya gemericik, seolah membuat nuansa istirahat Anda selama berada di Suryo Homestay terasa semakin menenangkan dan tentunya menyenangkan. Anda juga bisa menikmati senja sembari menyeruput secangkir kopi, teh, atau hangat lainnya dengan duduk-duduk di teras yang telah disediakan.

Lihat Juga:   Shanum Guesthouse, Rumah Singgah Dekat UB dan UNISMA

Nuansa desain interior dari Suryo Homestay memang sepintas terkesan jadul alias vintage. Jadi Anda seolah akan diajak untuk merasakan sensasi seperti sedang menginap di rumah eyang Anda yang berada di desa. Seru kan? Bagi Anda yang hendak bersantap di Suryo Homestay pun tak perlu khawatir, Anda bisa membeli dari luar untuk disantap di penginapan. Di sana Anda bisa meminjam peralatan makan kok!

Apabila Anda mendapat kamar di lantai 2 pun tak perlu kebingungan, sebab di lantai 2 juga sudah terdapat teras yang cukup teduh dan cukup nyaman digunakan duduk bersantai. Suryo Homestay pun menyediakan fasilitas lain berupa akses internet wifi, area parkir sepeda motor yang cukup luas, musala di lantai 2 yang sudah dilengkapi sajadah, mukena, dan Alquran.

Perlu diingat bahwa tarif atau harga sewa kamar di Suryo Homestay bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda menginap saat weekend (akhir pekan), libur Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, atau musim lainnya, rate yang dikenakan biasanya akan lebih mahal.

Suryo Homestay - @Lulu Kemaludin
Suryo Homestay – @Lulu Kemaludin

Pihak Suryo Homestay menetapkan kebijakan check in mulai pukul 14.00 WIB dan check out sebelum jam 12.00 WIB. Apabila Anda berencana untuk pergi ke Jogja dalam waktu dekat dan tertarik untuk menginap di Suryo Homestay, Anda bisa langsung melakukan atau booking kamar dengan menghubungi kontak berikut.

Suryo Homestay

Alamat: Jl. Suryodiningratan, Gg. Subarman, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 55141, Indonesia
Nomor telepon/WhatsApp: 081901466028




Tentang Dian Kartika1112 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan