Sumber Taman, Wisata Air Nyaman di Malang Selatan




Sumber Taman
Sumber Taman

Kabupaten merupakan kabupaten terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Wilayahnya terbentang luas dari Lawang di sebelah utara hingga deretan pantai di sebelah selatan. Sebagian besar wilayahnya didominasi berapi di sebelah utara, pegunungan karst di selatan, dan intermountain plain (daratan antar-pegunungan) di bagian tengah yang membentang luas.

Nah, keberadaan intermountain plain yang luas ini membuat Kabupaten Malang dianugerahi sumber air (spring) yang melimpah. Sumber-sumber tersebut dimanfaatkan masyarakat sebagai penyedia air bersih hingga menjadi objek wisata seperti Sumber Maron, Sumber Sirah, dan salah satu yang recommended, Sumber .

Wisata Sumber Taman
Wisata Sumber Taman

Sumber Taman berada di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya bisa dijangkau dengan berkendara selama sekitar satu jam dari Kota Malang. Untuk menjangkaunya, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika angkutan umum menjadi pilihan Anda, dari Kota Malang, Anda bisa menumpang angkot berkode AG, LG, GL, atau GA menuju Hamid Rusdi (Gadang). Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Karangsuko dan naik ojek selama sekitar 15 menit ke Sumber Taman.

Sementara, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Gondanglegi, dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 10 menit menuju Desa Karangsuko sampai menemukan Masjid Darussalam. Dari masjid tersebut, lanjutkan perjalanan sekitar 0,5 km sampai bertemu pertigaan, kemudian belok kanan. Selanjutnya, ikuti saja papan penunjuk arah hingga sampai di Sumber Taman.

Lihat Juga:   Yuk, Mampir ke Tempat-Tempat Romantis di Malang Berikut Ini!

Tak seperti Sumber Maron yang pamornya tengah menanjak, Sumber Taman memang masih tergolong sepi, walaupun soal keindahan tak kalah dibandingkan “saudaranya” tersebut. Di ini, wisatawan bisa melakukan berbagai macam kegiatan, mulai piknik, , foto selfie, dan pastinya berenang.

Airnya yang berwarna biru tua jernih membuat siapapun akan tergoda untuk segera menyelaminya. Airnya tak terlalu dalam, hanya sekitar 1 – 1,5 m, membuatnya jadi sangat aman untuk dipakai berenang. Akan tetapi, untuk anak kecil, masih harus didampingi dengan penjagaan ekstra. Ketika berenang, Anda tak usah khawatir terkena terik sinar matahari, karena pohon di sekitarnya sangat rindang.

Pohon-pohon besar di sekitar taman biasanya dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan yang berkunjung. Di situ, Anda bisa menyantap bekal yang dibawa atau makanan yang Anda beli di warung-warung yang berdiri di sekitar sumber. Tak hanya makanan, warung-warung tersebut juga menyewakan ban yang bisa digunakan untuk bersantai selama berenang.

Misteri Sumber Taman

Wisata Sumber Taman
Wisata Sumber Taman

Pohon-pohon besar yang berada di sekitar Sumber Taman ternyata memiliki legenda yang diketahui turun-temurun oleh warga sekitar. Menurut cerita, mata air Sumber Taman ini dulunya merupakan sebuah taman yang indah. Alkisah, ada seorang kakek tua yang melewati taman tersebut. Saat melewati taman, kakek tersebut bertemu sepasang kekasih yang sedang berduaan di taman.

Lihat Juga:   Villa DJ Ganis, Akomodasi Murah Fasilitas Lengkap di Pesanggrahan, Batu

Karena kelaparan, sang kakek meminta sedikit makanan yang dibawa. Sayangnya, sepasang kekasih tersebut tak bersedia dan justru membentak sang kakek. Tak diduga, sang kakek murka dan berubah menjadi sesosok ular raksasa.

Kakek yang murka kemudian mengutuk sepasang kekasih tersebut menjadi dua pohon besar. Anehnya, kedua pohon tersebut mengeluarkan air yang begitu deras. Kedua pohon besar tersebut kemudian dijadikan ular raksasa sebagai lokasi berdiamnya. Aliran air deras dari pohon ini lambat laun membentuk genangan besar yang kini dikenal dengan mata air Sumber Taman.

dan Fasilitas

Sumber Taman merupakan yang murah meriah. Dengan membayar tiket sebesar Rp3000, Anda sudah bisa menikmati segala fasilitasnya. Jika Anda membawa mobil, biaya parkirnya sebesar Rp5000 dan untuk sepeda motor Rp2000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu kala akhir pekan atau momen .

Jika ingin menggunakan fasilitas lain, seperti toilet, wisatawan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2000 untuk biaya perawatan kebersihan. Sementara, sewa ban untuk berenang dikenakan biaya sebesar Rp5000 untuk pemakaian sepuasnya.

Sayangnya, di tempat wisata ini, Anda tidak akan menemukan penginapan. Jika Anda ingin menginap, terdekat berada di Kecamatan Gondanglegi, atau bisa juga menginap di Kepanjen.

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*