Sumber Sira, Lokasi Foto Bawah Air Terbaik di Kabupaten Malang




Sumber Sira, Foto, Kabupaten Malang, Mata Air, Wisata Malang, Instagram, bawah air, rute, lokasi, jalan, alamat, biaya, tarif, fasilitas, PLTMH
Pemandian Sumber Sira

Lagi-lagi media sosial Instagram menguak surga baru di Kabupaten Malang. Setelah netter dibuat iri dengan foto-foto pantai yang indah, seakan tak lelah menggoda, kabupaten terbesar kedua di ini memamerkan keindahan bawah air yang menawan. Lokasi diambilnya foto-foto bawah air tersebut adalah Sumber Sira.

Sumber Sira merupakan sebuah mata air yang berada di Desa Tumpukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 45 menit berkendara dari Kota Malang.

Untuk menjangkaunya, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika angkutan umum menjadi pilihan Anda, dari Kota Malang, Anda bisa menumpang angkot berkode AG, LG, GL, atau GA menuju Terminal Hamid Rusidi (Gadang). Setelah itu, dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Gondanglegi, kemudian diteruskan dengan naik ojek sekitar 10 menit ke Sumber Sira.

Sumber Sira, Foto, Kabupaten Malang, Mata Air, Wisata Malang, Instagram, bawah air, rute, lokasi, jalan, alamat, biaya, tarif, fasilitas, PLTMH
Kolam Sumber Sira

Sementara, apabila menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi. Sesampainya di pertigaan Pabrik Gula Krebet, ambil jalur lurus sampai bertemu Pabrik Pioneer. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sekitar 0,5 km sampai menemukan penunjuk arah ke Sumber Sira. Lokasi penunjuk jalan tersebut berada di kiri jalan, jika Anda dari arah Kota Malang. Kemudian, lanjutkan perjalanan sekitar 1,5 km melalui jalan tanah dan berbatu hingga sampai di Sumber Sira.

Lihat Juga:   Elok Guest House, Penginapan Murah Bernuansa Modern di Balikpapan Utara

Sesampainya di Sumber Sira, mungkin Anda tak menemukan view yang spesial, karena hanya ada sebuah mata air yang tak terlalu luas berlatar sawah dengan pemandangan biasa saja. Untuk menikmati keindahan mata air yang dibuka sejak tahun 2015 ini, terlebih dahulu Anda harus berenang atau snorkeling di bawah air Sumber Sira. Di sanalah keindahan sesungguhnya dari ini.

Sumber Sirah
Sumber Sirah

Ketika berenang, Anda bisa melihat dasar mata air karena airnya sangat jernih. Saat melihat bawah air, Anda bisa menyaksikan tumbuhan-tumbuhan air berbentuk bulat berwarna hijau yang berkilau disinari matahari. Tumbuhan tersebut merupakan spesies ganggang yang hanya bisa tumbuh ketika air masih belum tercemar. Selain itu, jika kondisi sumber tak terlalu ramai, bisa melihat ikan-ikan kecil bersembunyi di balik ganggang.

Bagi Anda yang tak bisa berenang, jangan khawatir karena kedalaman air di Sumber Sira hanya sekitar 125 cm sampai 170 cm. Akan tetapi, jika masih takut untuk berenang, di tempat ini juga terdapat penyewaan ban dengan Rp10.000 untuk dipakai sepuasnya.

Lihat Juga:   Bukit Lambosir, Wisata dengan Pemandangan Alam yang Indah di Kuningan-Jawa Barat

Tarif dan di Sumber Sirah

Sumber Sira, Foto, Kabupaten Malang, Mata Air, Wisata Malang, Instagram, bawah air, rute, lokasi, jalan, alamat, biaya, tarif, fasilitas, PLTMH
Alam sekitar Sumber Sira

Sumber Sira termasuk tempat dengan tarif meriah. Untuk menikmati keseruannya, Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp3.000 per orang. Apabila berkunjung menggunakan sepeda motor, tarif parkirnya sebesar Rp2.000, sedangkan untuk mobil Rp5.000.

Fasilitas di Sumber Sira terbilang sudah cukup lengkap, termasuk musala, toilet umum, dan warung-warung penjual makanan dengan yang cukup terjangkau. Hampir sama dengan Sumber Maron, warung-warung tersebut juga menyediakan panganan khas, yakni sempol.

Sekadar informasi, sama seperti di Sumber Maron, Sumber Sira juga merupakan tempat wisata yang ramah lingkungan. Seluruh fasilitas yang ada di sumber ini mendapatkan energi dari PLTMH (pembangkit listrik tenaga micro-hidro) yang dibangun dengan swadaya masyarakat. Selain mengaliri listrik untuk kebutuhan wisata, PLTMH ini juga digunakan untuk memasok listrik ke rumah warga.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*