Rekomendasi Wisata di Juwana Pati, Cocok untuk Liburan Keluarga




Tugu Bandeng Juwana - www.lingkarmuria.com
Tugu Bandeng Juwana - www.lingkarmuria.com

Bagi Anda yang berlibur ke , Jawa Tengah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berkunjung ke Juwana. Juwana sendiri merupakan salah satu kecamatan yang berada di Pati, tepatnya berada di dekat pesisir utara Pulau Jawa. Punya beragam wisata yang menarik, Juwana dijamin akan membuat Anda selama di Pati menjadi tidak membosankan.

Dari Pati menuju Juwana, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan bermotor, dengan jarak sekitar 13,9 km. Bagi Anda yang penasaran dengan spot rekreasi menarik di Juwana, berikut ulasannya. Jangan lupa, siapkan juga bujet yang cukup untuk berjaga-jaga.

Juwana

Salah satu tempat rekreasi keluarga yang populer di Juwana dan sering disinggahi para pelancong dari luar , yaitu Alun-Alun Juwana. Area ini cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga, Anda bisa membawa makanan dan minuman dari rumah, lengkap dengan peralatan piknik. Udara yang sejuk dengan pemandangan taman yang asri membuat suasana piknik menjadi lebih menyenangkan.

Di setiap sudut alun-alun, Anda bisa melihat banyak tumbuhan berupa pohon dan tanaman berbunga. Anda tidak hanya bisa berpiknik atau bersantai saja, tetapi juga berfoto. Dengan latar belakang pemandangan hijau, Anda bisa berpose dengan gaya yang unik dan menarik di area ini. Alun-alun ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat untuk olahraga. Banyak orang datang ke alun-alun untuk lari pagi atau jogging sore. Bagi Anda yang ingin tetap fit saat liburan, Anda bisa mencoba olahraga di tempat ini.

Untuk sampai ke Alun-Alun Juwana, Anda bisa melalui beberapa rute. Jika Anda datang dari arah Pati, Anda bisa melewati Jl. Raya Pati-Juwana. Dari dari Kabupaten Pati, ambil arah utara menuju Jl. Kembang Joyo, ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan perempatan. Belok kiri dan masih berada di Jl. Kembang Joyo, lurus hingga menemukan pertigaan.

Di pertigaan tersebut, ambil arah kiri menuju Jl. Raya Pati. Telusuri Jl. Raya Pati hingga Anda menemukan Jl. Raya Pati-Juwana. Sejauh 11,2 km, Anda akan menemukan Alun-Alun Juwana di sebelah kanan jalan. Rute ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 17 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Alun-Alun Juwana - flickr: setyo pranoto
Alun-Alun Juwana – flickr: setyo pranoto

Juwana Water Fantasy

Jika Anda bosan dengan pemandangan taman, Anda bisa mencoba berkunjung ke wisata wahana Juwana Water Fantasy. Kebanyakan penduduk sekitar lebih mengenal tempat rekreasi ini sebagai Waterboom Juwana. Tergolong lengkap, spot wahana air ini menyediakan berbagai memadai dan menarik.

Memasuki area Juwana Water Fantasy, Anda akan disambut dengan pemandangan kolam renang lengkap dengan beragam wahana permainan. Anda bisa mencoba berseluncur di seluncuran dengan tingkat ketinggian dan kecepatan beragam. Ada ember tumpah juga yang siap mengguyur Anda dengan puluhan liter air.

Selain wahana permainan air, ada beberapa wahana permainan ekstrem yang bisa Anda coba, seperti roller coaster dan flying fox, serta arena balap motor trail. Juwana Water Fantasy ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan asri. Setiap spot di Juwana Water Fantasy dikelilingi oleh pohon dan tanaman berbunga.

Untuk fasilitas umum yang disediakan tempat ini, ada tempat makan atau cafetaria, tempat duduk payung di area kolam renang, gazebo, pondokan mini, toilet, ruang bilas, ruang ganti, mushola, dan rest area. Bagi Anda yang ingin menikmati semua wahana dan menggunakan fasilitas di Juwana Water Fantasy, And perlu membayar mulai Rp30 ribuan per orang.

Untuk sampai ke tempat tersebut, Anda perlu menuju Jl. Juwana-Rembang, Kabupaten Pati. dari Pati menuju Juwana Water Fantasy dapat ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Anda bisa menggunakan rute yang melewati Jl. Raya Pantura dari Jl. Kembang Joyo.

Juwana Water Fantasy - id.wikipedia.org
Juwana Water Fantasy – id.wikipedia.org

Tugu Bandeng Juwana

Salah satu tempat paling iconic di Juwana, yaitu Tugu Bandeng Juwana. Letaknya yang berada di Jl. P. Sudirman No. 3, Doropayung, Kec. Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menjadikan tempat ini selalu ramai. Bisa dibilang, Tugu Bandeng Juwana sebagai salah satu pertanda bahwa Anda sedang berada di Juwana. 

Tugu Bandeng Juwana tersebut biasanya dijadikan sebagai background foto para pelancong yang baru saja singgah di Juwana. Banyak orang yang berfoto, tidak hanya sendiri, tetapi bersama teman atau keluarga. Tugu Bandeng ini juga berfungsi sebagai penanda jalan pertigaan antara Jl. Silugonggo menuju Jl. Raya Pati-Juwana.

Untuk menuju Tugu Bandeng Juwana dari Pati, Anda bisa melewati Jl. Purworejo-Tambaharjo. Melewati jalan tersebut, Anda bisa langsung menuju ke Jl.Raya Pati. Ikuti jalan tersebut hingga Anda berada di Jl. Raya Pati-Juwana. Telusuri jalan tersebut, hingga Anda menemukan Tugu Bandeng Juwana di pertigaan menuju Jl. Silugonggo atau Jl. P. Sudirman. Rute perjalanan ini memiliki waktu tempuh sekitar 21 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tugu Bandeng Juwana - www.lingkarmuria.com
Tugu Bandeng Juwana – www.lingkarmuria.com

Sambilawang Trangkil

Tidak jauh dari Juwana, Anda bisa menemukan menarik berupa pantai. Pantai Sambilawang Trangkil, seperti namanya, berada di Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Spot wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Kebanyakan pengunjung berasal dari daerah sekitar Pati, seperti Pekalongan, Solo, Salatiga, dan Semarang.

Untuk menuju pantai tersebut dari Juwana, Anda bisa menggunakan rute Jl. Juwana-Tayu. Dari arah Kecamatan Juwana, pergilah ke Jl. Anoman di arah selatan, lalu menuju Jl. Banowati. Sekitar 780 m, Anda akan menemukan pertigaan, belok kanan ke Jl. Sunan Ngerang. Ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan Jl. Juwana Tayu. Ikuti saja Jl. Juwana Tayu hingga Anda menemukan Pantai Sambilawang Trangkil di ujung jalan.

Pantai Sambilawang Trangkil sendiri merupakan salah satu pantai yang masih sepi dan tidak banyak dikunjungi pengunjung. Area ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai yang damai dan tenang. Pasir pantai yang berwarna kecokelatan dengan pemandangan matahari tenggelam, menjadi daya tariknya.

Pantai Sambilawang Trangkil - arsip.murianews.com
Pantai Sambilawang Trangkil – arsip.murianews.com
Lihat Juga:   Update Tempat Wisata Dekat Stasiun Kiaracondong Bandung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan