Fasilitas Mirip Hotel, Berapa Harga Glamping di Situ Gunung Sukabumi?

  • Whatsapp
Glamping Situ Gunung (sumber: tiket.com)

Tidak kalah dengan Bandung, Bogor, atau Garut, Sukabumi juga memiliki banyak spot wisata alam yang oke, salah satunya Situ . Tingkat kunjungan ke danau yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango tersebut terus meningkat, diklaim lebih dari 600%, terutama sejak dibangunnya jembatan gantung sepanjang 240 meter yang dikatakan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.[1] Nah, untuk mengakomodasi kunjungan wisatawan, di sekitar Situ Gunung pun bermunculan banyak penginapan, termasuk glamping.

Pesona dan Fasilitas Situ Gunung

Dilansir dari situs resmi Kabupaten Sukabumi, Situ Gunung sebenarnya adalah nama dari sebuah danau yang berada di dataran tinggi di Sukabumi. Danau tersebut terletak pada ketinggian sekitar 850 mdpl, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango. Memang, lokasi wisata danau tersebut masih berada di area sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bacaan Lainnya

Seperti danau di pegunungan pada umumnya, saat Anda menginjakkan kaki di danau tersebut, tidak ada deru suara mesin dan klakson kendaraan. Yang akan Anda rasakan hanyalah suasana yang tenang dan dam, jauh dari polusi udara dan suara. Sesekali terdengar cuit burung yang masih bisa terbang dengan bebas, cocok untuk mereka yang ingin menyegarkan pikiran dan rutinitas sehari-hari.

Selain menawarkan panorama danau, seperti yang disinggung di atas, daya tarik lainnya yang ditawarkan Situ Gunung adalah keberadaan jembatan gantung, yang dikatakan terpanjang di Asia Tenggara. Diresmikan pada Maret 2019 lalu, Situ Gunung Suspension Bridge berada di ketinggian sekitar 107 meter dari dasar tanah. Saat melintasi jembatan ini, traveler dapat melihat pemandangan hutan asri dikelilingi hamparan perbukitan yang megah.

Lihat Juga:   Losmen Ombak Mentawai, Penginapan Nyaman dan Tenang berbalut Arsitektur Tradisional

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola Situ Gunung juga telah melengkapi area wisata ini dengan sejumlah fasilitas penunjang. Terdapat akses Wi-Fi gratis untuk wisatawan yang tidak ingin ketinggalan kabar terbaru. Ada pula warung yang menjual aneka makanan dan , trip rakit, api unggun untuk kebutuhan camping, serta toilet yang bersih.

Pesona Situ Gunung (sumber: pegipegi)
Pesona Situ Gunung (sumber: pegipegi)

Harga Situ Gunung

Waktu Kunjungan
Rekreasi Weekday Rp16.000 per orang
Rekreasi Weekend Rp18.500 per orang
Berkemah Weekday Rp24.000 per orang
Berkemah Weekend Rp29.000 per orang

Informasi harga tiket Situ Gunung di atas kami rangkum langsung dari website resminya. Perlu Anda catat bahwa tarif tiket masuk Situ Gunung tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Kemungkinan, biaya masuk dapat naik apabila Anda berkunjung pada peak season, seperti musim liburan sekolah, libur hari raya, atau libur pergantian tahun.

Paket Berkemah di Situ Gunung

Selain kunjungan harian, pengelola Situ Gunung juga telah menyediakan camping ground bagi mereka yang ingin berkemah, termasuk pelajar dan mahasiswa. Setidaknya ada dua paket berkemah yang ditawarkan ini, yakni paket berkemah pelajar dan paket berkemah umum. Terdapat pula paket fun game atau outbound yang cocok tidak hanya untuk siswa, tetapi juga karyawan perusahaan dan anggota komunitas.

Fasilitas kemah Situ Gunung (sumber: tiket.com)
Fasilitas kemah Situ Gunung (sumber: tiket.com)

Harga Paket Berkemah Situ Gunung

Paket Berkemah Harga
Paket Berkemah Pelajar min. 60 orang Rp245.000 per pax
Paket Berkemah Pelajar min. 40 orang Rp260.000 per pax
Paket Berkemah Pelajar min. 20 orang Rp285.000 per pax
Paket Berkemah Umum min. 40 orang Rp300.000 per pax
Paket Berkemah Umum min. 20 orang Rp325.000 per pax
Paket Berkemah Umum min. 8 orang Rp385.000 per pax
Paket Fun Game/Outbound min. 20 orang Rp350.000 per pax
Lihat Juga:   Pantai Ketapang Bahari, Tempat Rekreasi Keluarga di Lampung Tarif Terjangkau

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang ingin berkemah, tetapi tidak mau repot membawa perlengkapan? Tenang saja, karena sudah tersedia fasilitas glamping, yakni serasa di hotel, tetapi tetap dengan suasana camping. Ada beberapa tipe tenda yang dapat dipilih, dengan fasilitas mencakup sarapan, kasur, mandi di dalam tenda, hingga akses Wi-Fi.

Fasilitas tenda glamping Situ Gunung (sumber: tiket.com)
Fasilitas tenda glamping Situ Gunung (sumber: tiket.com)

Harga Glamping Situ Gunung

Tipe Tenda Tarif per Malam Kapasitas
Weekday Weekend
New Bungbuay Tent Rp950.000 2 pax
Pangrango Tent Rp1.400.000 Rp1.750.000 4 pax
Halimun Tent Rp1.650.000 Rp1.950.000 4 pax
Gede Tent Rp1.850.000 Rp2.350.000 6 pax

harga paket glamping di Situ Gunung di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia paket penginapan di kawasan wisata tersebut. Perlu Anda ingat bahwa biaya paket tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail atau hendak melakukan reservasi, bisa menghubungi 0857 9348 9040 atau email di alamat wisatasitugunung@gmail.com.

[1] Rezki, Amala, Ina Lidiawati, Bambang Supriono. 2021. Nilai Ekonomi Kegunaan Wisata Alam Situgunung Taman Nasional Gede Pangrango. Jurnal Nusa Sylva, Vol. 21(2): 48-55.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan