Serunya Bermain Kayak di Pantai Gatra, Malang




Bermain kayak di Pantai Gatra (sumber: pantainesia.id)
Bermain kayak di Pantai Gatra (sumber: pantainesia.id)

Berlibur di Pantai dengan menikmati keindahan alam atau berenang mungkin sudah biasa. Bagaimana jika Anda mencoba untuk bermain kayak? Kegiatan mengasyikkan tersebut dapat dijumpai di beberapa pantai di Indonesia. Salah satunya di Pantai Gatra yang merupakan sebuah pantai di Kabupaten .

Pantai Gatra beralamatkan di Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. Pantai ini masih satu dengan wilayah konservasi mangrove CMC (Clungup Mangrove Conservation).

Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda bisa melalui jalanan sempit di sepanjang Clungup Mangrove Conservation (CMC). Sementara, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, mobil Anda ini harus diparkir sekitar 1 km sebelum masuk pos 1 CMC. Nanti, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau bisa juga menyewa ojek dengan biaya Rp5.000 per orang. Sekadar informasi, untuk masuk ke Clungup Mangrove Conservation, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp10.000 atau cukup menyerahkan satu pohon bakau.

Kayak memang menjadi utama yang disediakan di pantai ini. Saat bermain kayak, Anda akan disuguhi keindahan pulau-pulau kecil yang mengelilingi pantai tersebut. Selain itu, ketika bermain kayak, wisatawan juga disuguhi keindahan bawah air yang berupa terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Untuk menyewa kayak, Anda bisa langsung menghubungi pengelola dan membayar biaya sewa sebesar Rp150.000.

Sama seperti Pantai Tiga Warna dan Clungup, di Pantai Gatra, Anda juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan pantainya. Jika tidak, wisatawan yang melanggar peraturan akan dikenai denda oleh pengelola. Tujuan dikenakan denda ialah untuk menjaga kebersihan wilayah konservasi.

Lanskap Pantai Gatra dari kejauhan (sumber: superadventure.id)
Lanskap Pantai Gatra dari kejauhan (sumber: superadventure.id)

Menuju Pantai Gatra

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini secara rombongan ataupun sendiri, Anda tak perlu khawatir. Jalan yang dilewati sangat mudah untuk dilalui semua kendaraan. Sayangnya, seperti halnya tujuan wisata lain di Kab. Malang, belum ada kendaraan umum yang menuju langsung ke pantai ini.

Berikut rute yang bisa Anda lewati baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum jika ingin mengunjungi Pantai Gatra.

Kendaraan Umum (bus, angkutan kota, ojek)

Bila wisatawan ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Gatra patut dicoba. Dari Terminal Arjosari Anda bisa naik angkutan kota jurusan Gadang. Lalu, dilanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Sumbermanjing Wetan.

Sesampainya di Sumbermanjing Wetan, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Clungup karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Bermain kayak di Pantai Gatra (sumber: travelblog.id)
Bermain kayak di Pantai Gatra (sumber: travelblog.id)

Kendaraan Pribadi

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Clungup bersama rombongan besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari pusat kota Malang, wisatawan dapat memilih salah satu di antara dua rute berikut ini:

Malang- Kepanjen: Jika memilih rute ini, wisatawan dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco, sesampainya di perempatan menuju arah Balekambang anda belok kiri menuju Pantai Goa Cina. Sesampainya anda di Pantai Goa Cina lanjutkan perjalanan ke utara menuju arah Kota Malang. Setelah itu Anda menemukan pertigaan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut jaraknya sekitar 4 Km menuju pintu gerbang Sendang Biru. Dari sana ikuti saja penunjuk arah ke Pantai Clungup atau CMC.

Malang-Turen: Jika memilih rute ini, anda bisa belok kiri sebelum Pabrik Gula Krebet, setelah itu ikuti papan penunjuk jalan ke arah Sendang Biru, kemudian lanjutkan saja perjalanan Anda sampai Kec. Sumbermanjing Wetan, setelah itu lanjutkan perjalanan anda sekitar 8 km maka Anda akan menemukan sebuah persimpangan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut jaraknya sekitar 4 Km menuju pintu gerbang Sendang Biru.  Dari sana ikuti saja penunjuk arah ke Pantai Clungup atau CMC.

Lihat Juga:   Villa Rixma, Akomodasi Ramah di Kantong Dekat Candi Songgoriti




Tentang M. Nur Fahmi1496 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan