Indahnya Senja Berbalut Aura Mistis di Pantai Ngliyep




Keindahan Pantai Ngliyep dari kejauhan (sumber: horesurabaya.co.id)
Keindahan Pantai Ngliyep dari kejauhan (sumber: horesurabaya.co.id)

Menikmati semilir angin sambil duduk di hamparan pasir pantai yang putih dan lembut seolah menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati liburan. Pantai-pantai di Bali dan masih menjadi primadona utama untuk menikmati liburan bagi para . Ya, Lombok dan memang masih lebih masyhur dibandingkan daerah lain di Indonesia. Pembangunan cepat serta promosi yang tepat memang menjadi keunggulan utama kedua daerah tersebut. Akan tetapi jika Anda menginginkan suasana berbeda, ada beberapa daerah yang juga sedang gencar mempromosikan wisata pantainya, salah satunya Kabupaten Malang.

Kabupaten Malang memang sedang mencoba membangun citra wisatanya. Pantai-pantainya sedang bersolek untuk menyambut kehadiran para traveler baik dari lokal maupun mancanegara. Di mana Pantai Ngliyep adalah salah satu alam andalannya.

Terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, . Kawasan Pantai Ngliyep cukup padat dengan karang, tidak seperti Pantai Balekambang relatif lapang penuh pasir. Namun sebaliknya, Pantai Ngliyep juga memunyai kesamaan dengan Balekambang, yakni sama-sama memiliki pulau kecil di tengah lautan dangkal. Pulau kecil di Pantai Ngliyep tersebut dinamakan Gunung Kombang.

Paduan pasir dan batu karang di Pantai Ngliyep (sumber: grid.id)
Paduan pasir dan batu karang di Pantai Ngliyep (sumber: grid.id)

Pantai Ngliyep Malang hanya berjarak sekitar 82km dari pusat Kota Malang. Merupakan perpaduan apik antara pantai pasir putih yang indah, tebing curam, serta hutan lindung yang menakjubkan. Suara ombak yang menabrak karang menjadikan ini semakin mengagumkan dan harus Anda kunjungi. Anda dapat beristirahat sembari menikmati suasana senja yang romantis.

Karena berbatu karang, pantai yang terkenal bernuansa mistis ini ini tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang. Akan tetapi Anda tak perlu kecewa. Bermain air di tepi garis pantai masih diperbolehkan, meski setiap pengunjung wajib selalu waspada. Lagipula, gelombang ombak di sini relatif besar. 

yang disediakan di pantai ini terbilang cukup lengkap. Terdapat toilet umum, warung kaki lima, toko oleh-oleh, mushola, serta gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai. Untuk menikmati keindahan dan fasilitasnya, cukup siapkan dana Rp15 ribu saja. Rp10 ribu untuk membeli , sedang sisanya untuk biaya parkir kendaraan. 

Trivia

Upacara larung sesaji pada tradisi Labuhan warga Kedungsalam di Pantai Ngliyep (sumber: timesindonesia.co.id)
Upacara larung sesaji pada tradisi Labuhan warga Kedungsalam di Pantai Ngliyep (sumber: timesindonesia.co.id)

Setiap tanggal 14 bulan Maulud (Rabiul Awal), Pantai Ngliyep akan lebih ramai dari hari biasa karena selalu diadakan acara labuhan. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan dengan menyembelih kambing atau sapi yang disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai. Namun, sebagian makanan juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut. Kegiatan ini sudah ada secara turun-temurun sejak masa Mbah Atun, orang yang dipercaya menemukan Ngliyep pertama kali.

Lihat Juga:   Bukit Wairinding, Kepingan Surga di Sumba yang Bikin Merinding

Upacara dilakukan oleh masyarakat Kedungsalam dengan membawa beraneka ragam sesaji, diiringi kesenian Jaranan, serta para pengawal yang mengenakan pakaian adat. Sesaji diarak dari pemukiman menuju Gunung Kombang yang berjarak kurang lebih 300 m dari garis pantai, melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Ngliyep.

Akses Menuju Pantai Ngliyep

Akses menuju Pantai Ngliyep relatif mudah. Infrastruktur jalan, baik di wilayah kota maupun Kabupaten Malang cukup baik dan dapat dilewati segala jenis kendaraan. Hanya satu kekurangannya, yaitu belum tersedianya sarana transportasi umum yang langsung menjangkau kawasan pantai di seluruh wilayah Malang Selatan, termasuk Ngliyep.

Pantai Ngliyep yang berbatu karang (sumber: kanalmalang.net)
Pantai Ngliyep yang berbatu karang (sumber: kanalmalang.net)

Berikut rute yang bisa Anda lewati untuk mengunjungi Pantai Ngliyep.

Kendaraan Umum (Bus, angkutan kota, ojek)

Bila wisatawan ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Balekambang patut dicoba. Rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjut dengan naik bison jurusan Donomulyo..

Lihat Juga:   Pesona dan Harga Tiket Masuk Pantai Alau Alau Kalianda

Sesampainya di Donomulyo wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Ngliyep karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Kendaraan Pribadi

Jika hendak pergi berwisata ke Ngliyep bersama rombongan keluarga besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari pusat kota Malang, wisatawan dapat memilih salah satu diantara dua rute berikut ini:

  • Malang – Bululawang

Dari Malang, ambil arah menuju Gadang dan Kendalpayak untuk menuju ke Desa Kedungsalam anda harus melewati Kecamatan Gondanglegi kemudian mengambil arah ke Kecamatan Pagak, dari Pagak anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Ngliyep. 

  • Malang- Kepanjen

Jika memilih rute ini, wisatawan dapat melewati Kecamatan Pakis Aji, kemudian menuju arah Kepanjen, setelah itu ikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Pagak, setelah dari pagak anda mengikuti petunjuk arah ke Donomulyo, setelah itu ikuti saja petunjuk jalan menuju Pantai Ngliyep.




Tentang M. Nur Fahmi1496 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan