Update Rute, Harga Makanan, Jam Buka, dan Tiket Masuk Cafe Sawah Pujon Kidul




Nongkrong di Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: travelingyuk.com)
Nongkrong di Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: travelingyuk.com)

cafe dan tempat saat ini memang semakin inovatif. Salah satu tempat yang bisa Anda coba untuk nongkrong bersama pasangan sembari berwisata adalah di Cafe Sawah Pujon Kidul. Yup, sebagian besar dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan tempat yang sedang nge-hits di kawasan ini. Banyak dari kawasan Malang, , hingga kota-kota lainnya yang rela melalui jalanan terjal dan berliku untuk mencapai tempat tongkrongan baru yang berada di tengah sawah ini. Lalu bagaimana jalan menuju lokasi dan berapa harga tiket masuk Pujon Kidul?

Rute Cafe Sawah Pujon Kidul

Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa berkendara ke arah Batu. Usai melewati daerah Payung, Anda akan menemui pertigaan patung sapi (pertigaan Coban Rondo). Kemudian masuk ke gang sebelah kiri jalan bernama Gang Beringin. Di sana Anda akan menemui papan bertuliskan ‘Pangkalan Ojek Pujon Kidul’. Masuk ke sana dan berkendara lurus saja sekitar 4 km, setelah menemui pertigaan Anda bisa lurus saja ke arah Pujon Kidul. Di sebelah kiri jalan Anda akan menemui sekolah satu atap yang menjadi penanda bahwa lokasi Cafe Sawah Pujon sudah dekat.

Anda bisa masuk ke gang kecil yang ada di kanan jalan, kemudian lurus saja hingga mentok, belok kanan, dan terakhir belok kiri. Nantinya Anda akan menemui area persawahan dan melalui jalan makadam. Teruslah berkendara hingga 300 meter dan di sanalah posisi Cafe Sawah Pujon berada. Apabila Anda tersesat atau tak tahu jalan, tak ada salahnya untuk bertanya pada warga sekitar. Mereka akan dengan senang hati memberitahu jalan yang benar pada Anda.

Cafe Sawah Pujon Kidul tampak dari ketinggian (sumber: datawisata.com)
Cafe Sawah Pujon Kidul tampak dari ketinggian (sumber: datawisata.com)

Jam Buka Cafe Sawah Pujon Kidul

Apabila Anda berencana nongkrong sambil berfoto-foto ria di Cafe Sawah Pujon Kidul, pastikan Anda datang ketika kafenya sedang buka. Cafe Sawah Pujon Kidul buka setiap hari mulai pagi jam 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Khusus akhir pekan (Sabtu-Minggu) kabarnya Cafe Sawah Pujon Kidul buka hingga jam 22.00 WIB loh.

Tiket Masuk & Menu di Cafe Sawah Pujon Kidul

Untuk sekadar masuk ke lokasi Cafe Sawah Pujon Kidul, Anda akan dikenai voucher kupon seharga Rp8.000, kemudian Anda bisa menukar voucher yang telah didapat tersebut dengan makanan atau minuman apa saja senilai Rp5.000. Anda juga dikenai parkir dengan tarif Rp2.000 saja untuk sepeda motor, sedangkan untuk parkir mobil tarifnya Rp5.000.

Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: malangstrudel.com)
Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: malangstrudel.com)

Sementara itu, untuk menu makanan tampaknya Anda tak bisa berharap terlalu banyak dari tempat satu ini. Cafe Sawah Pujon Kidul menawarkan menu-menu sederhana seperti nasi jagung, bakso, nasi goreng, ayam bumbu pedas manis, ayam crispy mayo, lalapan mujaer, dan sebagainya. Sedangkan untuk minuman hanya sejenis minuman sachet seperti kopi, teh, dan susu saja. Meski demikian, harga yang dipatok di Cafe Sawah Pujon Kidul cukup , berkisar Rp10 ribu hingga Rp30 ribuan saja. Di sana juga terdapat beberapa prasmanan yang juga menyediakan menu-menu masakan rumahan.

Lalu apa sih yang menarik dari Cafe Sawah Pujon Kidul? Mungkin karena sudah semakin padatnya kawasan perkotaan, masyarakat kini lebih senang mengunjungi kawasan pedesaan. Alhasil kafe-kafe atau yang mengambil setting di pedesaan, tengah sawah, hingga di kawasan bukit biasanya cenderung lebih ramai dibandingkan cafe-cafe yang ada di ruko atau mall-mall.

Terlebih karena Cafe Sawah Pujon Kidul menawarkan banyak spot-spot cantik yang sangat Instagrammable. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah sering melihat banyak netizen yang memamerkan foto-foto dengan latar belakang sawah serba hijau saat berada di Cafe Sawah Pujon Kidul. Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Cafe Sawah Pujon Kidul tampaknya memang bukan ada pada menunya, melainkan pada suasana sekeliling kafe yang bernuansa outdoor dan kental dengan nuansa alam pegunungan.

Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: iqbalazhari.com)
Cafe Sawah Pujon Kidul (sumber: iqbalazhari.com)

Anda bisa menjajal berfoto-foto selfie dengan background bertuliskan ‘Desa Wisata Pujon Kidul’, atau bisa juga foto di joglo-joglo bambu yang telah disediakan, hingga berpetualang ke tengah sawah untuk mendapatkan foto dengan angle terbaik di sana. Pastikan Anda tak lupa membawa hp atau kamera ketika berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul. Sebab ada begitu banyak pemandangan menarik yang terlalu sayang untuk dilewatkan tanpa mengabadikan gambarnya. Apalagi jika Anda termasuk kategori orang yang eksis di media sosial.

Saat nongkrong sembari makan dan minum di Cafe Sawah Pujon Kidul, Anda akan mendapatkan bonus pemandangan hamparan sawah yang luas dengan latar belakang gunung yang tinggi menjulang. Jika ingin berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul sebaiknya datang pada pagi hari saat matahari masih belum terik atau sore hari karena Anda bisa nongkrong sambil merasakan sejuknya udara di Pujon saat menjelang malam.

Bila ingin mendapatkan ‘combo’ pemandangan yang lebih memuaskan mata lagi, maka Anda bisa berlama-lama di sana sembari menikmati sunset alias matahari terbenam apabila sedang tidak ada kabut. Namun jangan lupa memakai pakaian yang hangat ya! Sebab udara di Pujon bisa terasa cukup dingin jika sedang mendung atau menjelang malam. Selain itu, jika ingin ke sana sebaiknya naik sepeda motor saja. Pasalnya jalanan menuju lokasi cukup sempit meski masih dapat dilalui dengan mobil.

[Update: Galih Conainthata]

Lihat Juga:   Info Tempat Wisata & Biaya Perjalanan ke Brunei Darussalam




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*