River Hill Tawangmangu, Akomodasi Asri Sediakan Paket Inap & Outbound




River Hill Tawangmangu - @Briyan wahyu utomo
River Hill Tawangmangu - @Briyan wahyu utomo

Tawangmangu telah menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika akhir pekan dan musim liburan. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian penginapan bertebaran di sekitar Tawangmangu. Nah, apabila Anda menginginkan menginap di akomodasi yang adem, salah satu rekomendasi yang menarik adalah River Hill.

Namun, sebelum kita membahas mengenai River Hill, tidak ada salahnya jika kita mengupas sedikit mengenai potensi wisata Tawangmangu. Dilansir Wikipedia, Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat dingin.

Berada di lereng Lawu, Tawangmangu memiliki udara yang cukup sejuk, bahkan cenderung dingin. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak pelancong menjadikan Tawangmangu sebagai refreshing karena punya suasana alam yang asri. Di samping itu, Tawangmangu pun menghadirkan beragam objek wisata yang kece.

Destinasi wisata dan mungkin paling terkenal di Tawangmangu adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata ‘sewu’ atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa.

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas sekitar 20 meter persegi. Kawasan hutan ini ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah flying fox, kolam renang, tempat istirahat, kios , kios buah-buahan dan cenderamata, musala, dan MCK. Tiket masuk Air Terjun Grojogan Sewu pun cukup , Rp20.000 per orang.

River Hill Tawangmangu - @River Hill
River Hill Tawangmangu – @River Hill

Wisata alam lainnya yang juga populer adalah Bumi Perkemahan Sekipan, yang terletak di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu. Ini adalah area yang berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan air laut dan cocok untuk berkemah bersama keluarga atau teman. Selain berkemah, wisatawan juga bisa menikmati kesejukan pohon pinus dan suasana pegunungan yang menenangkan.

Untuk mereka yang doyan mendaki gunung, bisa datang ke Puncak Lawu. Dapat diakses melalui Cemoro Kandang, Desa Gondosuli, destinasi ini dipercaya sebagian masyarakat sebagai kekuatan spiritual dengan sejumlah petilasan bersejarah. Di sini, Anda bisa menemukan Kawah Candradimuka, Sendang Drajat, Sumur Jolotundo, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Lumbung Selayur, Batu Tugu, Telaga Kuning, hingga Pawon Sewu.

Nah, bagi mereka yang ingin lebih kekinian, bisa berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia. Dibuka pada tahun 2018 lalu, ini adalah taman rekreasi dan edukasi yang diklaim pertama di Indonesia. Di sini, selain bisa menambah pengetahuan mengenai minyak atsiri, wisatawan juga dapat melihat keindahan taman atsiri sambil berfoto-foto.

Lokasi dan Fasilitas River Hill Tawangmangu

Dengan tingginya angka kunjungan wisatawan, di sekitar Tawangmangu lantas menjamur tempat bermalam. Sebagian besar akomodasi di kawasan ini berupa villa, namun ada juga yang mengusung konsep hotel hingga . Nah, apabila Anda hendak bermalam di yang komplet dan asri, salah satu pilihan menarik adalah River Hill.

River Hill bisa Anda temukan di Jalan Sekrincing Pintu 2 Grojogan Sewu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Ini adalah sebuah penginapan yang berlokasi dekat dengan beberapa objek wisata populer di Tawangmangu. Tempatnya yang luas serta jauh dari pemukiman penduduk membuat suasana di River Hill sangat tenang dan nyaman.

Menurut penuturan pengunjung yang pernah bermalam, River Hill dinilai sebagai akomodasi yang komplet. Ketika menginap, Anda akan menemukan fasilitas seperti tidur, perabotan rumah tangga, mandi plus shower air hangat, hingga restoran dengan makanan lezat. Tidak cuma itu, pihak pengelola pun sudah menyiapkan paket outbound menarik, terutama untuk rombongan dan instansi.

Penginapan ini memang menonjolkan kesan asri sebagai daya tarik utama untuk memikat wisatawan. Area penginapan sudah dikelilingi dengan taman hijau yang luas, lengkap dengan beraneka ragam pepohonan. Di tengah-tengah taman, wisatawan dapat menemukan sebuah kolam air mancur yang semakin menambah kesegaran penginapan ini.

Bangunan hotel River Hill sendiri mengusung desain modern, dengan arsitektur berbentuk kotak. Terdiri dari empat lantai, dinding luar bangunan hotel didominasi dengan warna kalem, seperti putih dan abu-abu. Area parkir kendaraan, seperti tamannya, juga sangat lapang sehingga cukup ditempati banyak kendaraan roda empat maupun bus.

Beralih ke sektor interior, wisatawan akan disambut dengan ruang lobby yang luas, masih dengan dinding-dinding berwarna kalem. Di ruangan depan ini, Anda akan menemukan sofa hitam yang nyaman sebagai tempat untuk beristirahat atau menunggu check-in, meja resepsionis yang beroperasi selama 24 jam, hingga etalase yang menyajikan berbagai minuman ringan pelepas dahaga.

Lalu, bagaimana dengan kamar-kamarnya? Pihak River Hill sendiri sudah menyediakan banyak ruang kamar, mengingat tipe tamu yang berkunjung ke tempat ini kebanyakan adalah rombongan. Fasilitas di dalam kamar pun tidak kalah dengan public area, seperti ranjang tipe single atau double plus bantal, meja dan kursi kerja, televisi layar datar, telepon kamar, hingga kamar mandi plus shower air hangat.

River Hill Tawangmangu - @River Hill
River Hill Tawangmangu – @River Hill

Tarif River Hill Tawangmangu

Lalu, berapa yang perlu dikeluarkan jika ingin bermalam di tempat ini? Sayangnya, pihak hotel tidak memberikan rincian resmi. Namun, menurut bocoran beberapa pengunjung, paket menginap di River Hill Tawangmangu mulai Rp250.000 per malam, sudah termasuk tiga kali makan plus snack. Namun, pengunjung yang memesan minimal harus 20 orang.

Selain menginap, River Hill Tawangmangu juga menyediakan beragam paket outbound, dengan harga mulai Rp50.000 per orang. Jika menginginkan paket Full Capacity Building, akan dikenakan tarif Rp90.000 per orang. Paket lain yang tersedia adalah FCB (Educational) dan FCB (Development) dengan biaya masing-masing Rp110.000 per orang dan Rp150.000 per orang. Apabila Anda berminat, bisa melakukan reservasi via nomor telepon (0271) 636484 atau nomor ponsel 0878 3681 4991.

Lihat Juga:   Tips Berwisata Murah Ke Yogyakarta Ala Backpacker




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*