Riche Hotel, Penginapan Zaman Kolonial di Dekat Toko Oen, Malang




sejarah, kota malang, belanda, eropa, kolonial, hotel, penginapan, akomodasi, bangunan, arsitektur, klasik, alamat, telepon, fasilitas, lokasi, kamar,
Hotel Richie yang bersejarah

Mencari penginapan yang bernuansa kolonial di Kota memang tak begitu susah. Kota yang sejak zaman penjajahan dijadikan sebagai berlibur bangsawan Belanda ini memiliki banyak bangunan yang dapat dengan mudah disulap menjadi sebuah akomodasi dengan nuansa lawas. Salah satu penginapan yang memanfaatkan hal tersebut adalah Riche Hotel.

Hotel yang berdiri sejak tahun 1933 ini beralamat di Jl. Basuki Rahmat No. 1, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lokasinya berdampingan dengan Toko Es Krim Oen yang merupakan toko es krim legendaris di Kota Malang.

Letaknya yang strategis membuat akses menuju hotel ini cukup mudah. Dari Bandara Abdul Rachman Saleh, jaraknya hanya sekitar 13 km atau bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan berkendara. Sementara, dari Stasiun Kota Baru Malang, Anda dapat menjangkaunya dengan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki.

Landmark dan pusat keramaian di Kota Malang seperti Alun-Alun Merdeka, Balai Kota, dan Masjid Jami’ dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama 2 menit, sedangkan Museum Brawijaya, Kampung Wisata Jodipan, Mall Olympic Garden, dan Malang Town Square dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 5 menit dengan berkendara. Sementara, jika Anda berencana untuk berwisata , beberapa restoran dengan makanan khas Malang seperti Bakso Pak Man, Bakso Cak Man, dan Lalapan Cak Tomo, jaraknya juga tak terlalu jauh.

Lihat Juga:   Apple Green Hotel Batu, Tawarkan Sensasi Menginap Layaknya di Istana

Berdiri pada tahun 1933, Hotel Riche memang menjadi hotel tertua di Malang yang keasliannya masih terjaga. Hal ini jelas berbeda dengan Hotel Palace yang seringkali berubah fungsi sebelum bertahan menjadi Hotel Pelangi hingga saat ini.

Tak banyak informasi yang dapat ditemukan soal hotel ini di masa jayanya. Singkat cerita, hotel tersebut kemudian dibeli oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa bernama Oey Pek Hong pada 1975. Oey yang mempunyai nama lengkap Prof. Dr. Juwana Hardjawijaja saat itu merupakan jaksa tinggi di Kota Malang.

sejarah, kota malang, belanda, eropa, kolonial, hotel, penginapan, akomodasi, bangunan, arsitektur, klasik, alamat, telepon, fasilitas, lokasi, kamar,
Tamu bisa bersantai sejenak di Cafe Oey

Satu hal yang patut diapresiasi dari Hotel Riche adalah keautentikan bangunannya. Hingga saat ini, bisa dibilang 80 persen bangunannya masih asli. Yang paling terlihat jelas adalah daun pintu dan keramiknya yang masih sangat klasik.

Walaupun bangunannya klasik, tetapi soal , penginapan ini tak kalah dengan hotel-hotel modern. Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat milenium, pengelola sudah menyediakan seperti akses Wi-Fi 24 jam, meeting room, Gayatri Spa, LED TV, dan pendingin ruangan (AC). Nah, di hotel ini, cafe merupakan salah satu daya tarik utamanya. Dinamakan Cafe Oey, tempat nongkrong yang menyediakan berbagai macam kopi Nusantara tersebut selalu ramai didatangi pelancong.

Lihat Juga:   Daftar Lokasi Penginapan Strategis Di Dekat Masjid Istiqlal Jakarta
sejarah, kota malang, belanda, eropa, kolonial, hotel, penginapan, akomodasi, bangunan, arsitektur, klasik, alamat, telepon, fasilitas, lokasi, kamar,
Fasilitas kamar di Hotel Richie

Besarnya nilai historis Hotel Riche tak membuat pengelola mematok yang tinggi, bahkan akomodasi ini termasuk bertarif murah meriah. Per malamnya, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp90.000 hingga Rp600.000.

Tarif dan Fasilitas Kamar di Hotel Riche

Fasilitas kamar Hotel Richie
Fasilitas kamar Hotel Richie
KamarFasilitasTarif per Malam
Gambuh RoomFan, TV, kamar mandi dengan shower panas & dingin, breakfast, dan akses Wi-Fi 24 jamRp90.000 – Rp200.000
Glimpang RoomAC, TV, kamar mandi dalam dengan shower panas & dingin, breakfast, dan akses Wi-Fi 24 jamRp220.000 – Rp350.000
Beskalan RoomAC, LED TV, kamar mandi dalam dengan shower panas & dingin, breakfast, dan akses Wi-Fi 24 jamRp330.000 – Rp400.000
Remo RoomAC, LED TV, kamar mandi dalam dengan shower panas & dingin, breakfast, dan akses Wi-Fi 24 jamRp600.000

Untuk , Anda bisa melakukannya di beberapa situs online atau bisa juga memesan melalui situs resmi hotel di www.richehotel.com dan line telepon di nomor (+62341) 325460.




Tentang M. Nur Fahmi876 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*