Rekomendasi Tempat Wisata Keren & Menarik di Tanjung Pinang yang Layak Dikunjungi




Crystal Lagoon - travel.tribunnews.com
Crystal Lagoon - travel.tribunnews.com

Tanjung Pinang adalah ibu dari Provinsi Kepulauan . Tanjungpinang terletak di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat. Secara geografis, sebagian wilayah Tanjung Pinang merupakan dataran rendah, kawasan rawa bakau, dan sebagian lain adalah perbukitan, jadi tak heran jika lahan kota sangat bervariasi dan berkontur.

Saat bepergian ke Tanjung Pinang, Anda akan disuguhkan beragam wisata alam yang memukau dan mungkin belum tentu bisa Anda temukan di tempat lain. Selain punya alam yang menakjubkan, Tanjung Pinang juga punya beragam makanan atau khas yang menggugah selera. Beberapa tempat di Tanjung Pinang tidak hanya indah dikunjungi saat pagi atau siang hari, tetapi juga ada yang menawarkan gemerlap indah di malam hari.

Apabila Anda penasaran dengan keindahan Tanjung Pinang dan berencana pergi ke sana dalam waktu dekat, setidaknya ada beberapa tempat yang layak untuk dituju. Berikut ini rekomendasi tempat wisata keren di Tanjung Pinang yang tak boleh Anda lewatkan.

Lagoi

Lagoi adalah kawasan wisata terpadu dan eksklusif di Pulau Bintan. Lagoi berjarak sekitar 60 menit perjalanan dari Kota Tanjungpinang. Destinasi wisata ini terkenal akan pantainya yang sangat indah. Selain di kalangan turis domestik, Lagoi juga nge-hits di kalangan wisatawan mancanegara, terutama turis asal negeri seberang, yakni Singapura. Bahkan dulu Lagoi disebut-sebut sebagai miniatur Singapore, pasalnya sebelumnya untuk berkunjung ke Pantai Lagoi para wisatawan harus membayar dengan mata uang SGD. Dari segi , Lagoi disebut-sebut mirip seperti Bali, lengkap dengan club, spa, lapangan golf, hingga resort-resort mewah.

Lagoi - www.gosumatra.com
Lagoi – www.gosumatra.com

White Sands Island

Nah, bagi yang suka berlibur ala-ala Cast Away ke pulau yang eksotis, Anda bisa menyeberang dari Pulau Bintan menuju White Sands Island atau pulau beralas pasir. Jarak dari Bintan menuju White Sand Island hanya sekitar 15-20 menit saja jika Anda menyeberang menggunakan speedboat dari Desa Teluk Bakau. White Sand Island punya pemandangan laut biru yang airnya jernih. Tak heran jika White Sand Island disebut-sebut sebagai salah satu spot epic untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti snorkeling atau diving alias menyelam. Jika tidak bisa berenang, duduk santai di pinggir pantai pun sudah cukup memuaskan.

Lihat Juga:   Wisata Djaman Doeloe di Kampung Kemasan Gresik
White Sands Island - amazingkepri.com
White Sands Island – amazingkepri.com

Crystal Lagoon

Masih bernuansa ‘air’, wisata berikutnya di Tanjung Pinang yang tak boleh Anda lewatkan adalah Crystal Lagoon. Objek wisata satu ini disebut-sebut sebagai kolam terbesar se-Asia Tenggara yang letaknya ada di tepi pantai. Luas Crystal Lagoon mencapai 6,4 hektare dan mempunyai pemandangan yang luar biasa indah apabila dilihat dari udara. Kolam renang yang dibangun di tepi pantai ini menggunakan air laut yang telah melalui proses penyulingan, sehingga warnanya pun sangat jernih. Setidaknya dibutuhkan sekitar lebih dari 115 juta liter air untuk mengisi kolam renang megah tersebut. Selain berenang, di Crystal Lagoon Anda juga bisa melakukan aktivitas water sport seru lainnya seperti boat ride, kayak, fly board, dan sebagainya.

Crystal Lagoon - travel.tribunnews.com
Crystal Lagoon – travel.tribunnews.com

Mangrove Sei Carang

Bagi yang mendambakan nuansa lain daripada yang lain, mungkin bisa mencoba berkunjung ke Wisata Hutan Mangrove Sei Carang yang ada di tepi Sei (sungai) Carang, tepatnya di daerah Senggarang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Mangrove Sei Carang terkenal dengan hamparan hutan mangrove alias hutan bakau yang masih alami. Selain kerap dijadikan tempat berfoto selfie yang instagramable ala selebgram, Mangrove Sei Carang juga disemarakkan dengan beberapa hewan seperti biawak, beberapa burung, monyet, dan lain-lain.

Danau Biru Bintan

Mau pelesir ke Iceland tapi budget mepet? Cobalah ke Danau Biru Bintan! Tempat yang berada di area pertambangan pasir di Pulau Bintan ini menyuguhkan pemandangan genangan air yang berwarna biru layaknya Danau Kaolin di Bangka atau Blue Lagoon di Islandia. Untuk mencapai Danau Biru, Anda bisa berkendara dari Tanjung Pinang sekitar 20-30 menit. Untuk masuk ke Danau Biru pun kabarnya tidak dikenai tiket masuk, alias gratis. Jadi Anda bisa berfoto sepuasnya di sana, yang penting jangan sampai mengganggu aktivitas pertambangan ya!

Lihat Juga:   Penginapan Terjangkau & Dekat Observatorium Bosscha, Lembang

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Bagi yang hobi berwisata religi, cobalah datang ke Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Vihara ini berada di perbukitan sebelah barat Kota Tanjungpinang. Selain menjadi tempat ibadah, vihara yang dibangun sejak tahun 2010 ini juga menjadi tujuan wisata religi karena memiliki arsitektur memukau layaknya bangunan di . Selain itu ada juga Patung 1000 Wajah yang cukup menyedot perhatian.

Tepi Laut

Saat ke Tanjung Pinang, Anda akan banyak disuguhkan pemandangan laut. Nah, jika ingin melihat hamparan laut yang luas dan menakjubkan, tak ada salahnya mampir ke Tepi Laut yang berada di garis pantai pusat kota, sebagai pemanis atau wajah kota (waterfront city). Tepi Laut meliputi kawasan mulai Jalan H Agus Salim menuju Jl. Hang Tuang, sampai ke Jl. SM Amin atau Jl. Samudera. Di kawasan ini Anda dapat menikmati panorama perairan Selat Riau, Pulau Penyengat, Pulau Paku, Pulau Terkulai, Pulau Los, Senggarang, hingga Kampung Bugis.

Selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, masih banyak destinasi wisata lainnya di Tanjung Pinang seperti Pantai Trikora, Masjid Raya Sultan Riau, Masjid Pink, Masjid Raya Dompak, Panglong, Pantai Impian, Tugu Pensil, Pantai Tanjung Siambang, Tugu Gonggong Legenda, Tugu Proklamasi Riau, Jembatan Dompak, Taman 10, Taman Gurindam, Kursi Pulau Penyengat, Pulau Senggarang, dan sebagainya.




Tentang Dian Kartika1054 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*