Rekomendasi Tempat Romantis di Jogja Saat Malam Hari




Hutan Pinus Pengger - www.alodiatour.com
Hutan Pinus Pengger - www.alodiatour.com

Berbicara mengenai potensi wisata di memang seolah tidak ada habisnya, karena status kota ini sebagai salah satu destinasi liburan utama. Jogja sendiri menghadirkan banyak spot wisata yang oke, mulai wisata alam, wisata , wisata budaya, wisata kuliner, hingga bermain. Tidak cuma itu, Kota Gudeg juga memiliki banyak tempat romantis yang sangat cocok dikunjungi saat malam hari bersama pasangan.

Bukit Bintang

Terletak di ketinggian, Bukit Bintang Jogja menawarkan pemandangan yang elok, terutama di sore dan malam hari. Jika Bandung punya kawasan Bukit Moko, sedangkan memiliki Bukit Gombel sebagai tempat menghabiskan malam, maka Yogyakarta mengandalkan Bukit Bintang ini. Hampir setiap malam, di Patuk, Kidul ini ramai didatangi pengunjung yang ingin sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Dari tempat ini, para wisatawan dapat menyaksikan landskap Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta pesawat yang landing atau take off di Bandara Internasional Adisutjipto. Jika beruntung dan cuaca sedang cerah, maka traveler bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang indah, dengan warna langit jingga yang menggoda.

Saat malam menjelang, wisatawan dapat menikmati keindahan kerlap-kerlip bintang-bintang di langit. Gemerlap lampu jalanan dan lampu kota di bawah pun bakal memanjakan mata siapa saja yang melihat. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak yang menyebut tempat ini sebagai salah satu spot romantis untuk berduaan bersama pasangan.

Bukit Bintang - travel.tempo.co
Bukit Bintang – .tempo.co

Taman Pelangi

Menghabiskan malam bersama pasangan tidak melulu minum secangkir kopi di kafe, kan? Nah, saat Anda liburan ke Yogyakarta, Anda bisa berkunjung ke Taman Pelangi apabila bingung menentukan destinasi malam hari. Tempat ini sendiri berada di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, dan masih terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali.

Daya tarik utama yang ditawarkan Taman Pelangi adalah lampion cantik dalam jumlah yang banyak dan berbagai warna. Bagi Anda yang membawa pasangan, spot ini bisa menjadi tempat yang romantis untuk menghabiskan malam berdua. Sementara, bagi Anda yang masih single, Taman Pelangi menyuguhkan suasana yang tenang dan damai, berbalut alunan musik yang syahdu.

Lebih dikenal dengan sebutan Taman Monjali oleh penduduk lokal, Taman Pelangi menyediakan beragam spot oke untuk berfoto. Anda bisa mengabadikan diri bersama pasangan, teman, keluarga, atau selfie. Beroperasi mulai jam lima sore hingga sebelas malam, harga tiket masuk Taman Pelangi sangat terjangkau, hanya Rp10 ribuan per orang.

Taman Pelangi - www.idntimes.com
Taman Pelangi – www.idntimes.com

Pintu Langit Dahromo

Objek wisata ini dapat Anda temukan di Jalan Dahromo, Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari Tugu Jogja, perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam 15 menit dengan berkendara untuk tiba di tempat ini, melewati Patuk, kemudian Jalan Patuk-Dlingo, dilanjutkan melalui jalan ke arah selatan yang nantinya sampai di Mangunan.

Seperti namanya, daya tarik utama di kawasan ini adalah semacam pintu dengan latar belakang hamparan terbuka sebelah barat. Ornamen tersebut lantas dinamai pintu langit karena seolah-olah mengarah ke langit. Di samping itu, terdapat juga piano besar dari kayu dengan latar belakang seperti pintu langit, yang lantas dinamakan piano langit.

Saat ini, Pintu Langit Dahromo banyak dikunjungi wisatawan yang ingin selfie dengan latar belakang yang oke. Momen paling syahdu di tempat ini adalah ketika matahari sedang terbit pada pagi hari. Sementara, saat malam hari, gemerlap lampu kota akan membuat suasana menjadi romantis, sehingga cocok dijadikan spot liburan para pasangan yang sedang kasmaran. Pintu Langit Dahromo sendiri beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

Pintu Langit Dahromo - www.dakatour.com
Pintu Langit Dahromo – www.dakatour.com

Bukit Paralayang Parangtritis

Parangtritis tidak hanya memiliki pantai yang eksotis. Tidak jauh dari Pantai Parangtritis, pengunjung bisa berlibur ke Bukit Paralayang. Ini adalah spot yang tepat untuk menyaksikan pemandangan Yogyakarta kala malam hari. Selain itu, dari atas bukit ini, traveler juga bisa menyaksikan keindahan seluruh sisi Pantai Parangtritis dengan lebih leluasa.

Kenapa Bukit Paralayang cocok dijadikan tempat liburan pada malam hari? Karena, ini adalah spot yang tepat untuk menyaksikan pemandangan sunset di ufuk barat tanpa halangan apa pun. Apabila cuaca sedang mendukung, Anda bisa melihat panorama matahari terbenam, dengan warna langit jingga yang menghadirkan kesan romantis sekaligus eksotis. Kabar baiknya, di sini telah tersedia beberapa meja dan kursi untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin mengeksplorasi pemandangan alam.

Bukit Paralayang Parangtritis - travelingyuk.com
Bukit Paralayang Parangtritis – travelingyuk.com

Hutan Pinus Pengger

Tempat ini beralamat di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Meski masih terdengar cukup asing, namun Hutan Pinus Pengger terbilang cukup populer di kalangan traveler yang menyukai keindahan alam. Dibuka secara resmi pada tanggal 7 April 2016 lalu, Hutan Pinus Pengger mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan Pathuk-Dlingo KM 4,5.

Selain asyik dikunjungi saat siang hari, Hutan Pinus Pengger juga menawarkan panorama yang keren ketika malam hari. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan gemerlap lampu kota dari ketinggian, yang sangat elok sekaligus romantis. Sementara, bagi para penyuka foto, Anda bisa mengabadikan diri di berbagai spot Instragamable, seperti rumah pohon, jembatan kayu, instalasi seni berupa tangan raksasa, atau lubang raksasa yang menghadap ke arah kota.

Hutan Pinus Pengger - www.alodiatour.com
Hutan Pinus Pengger – www.alodiatour.com

Lalu, berapa masuk ke tempat ini? Menurut Peraturan Gubernur No. 84 tahun 2016, tiket masuk ke Hutan Pinus Pengger mulai Rp2.500 per orang, dengan parkir berkisar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Apabila wisatawan ingin menyewa camping ground, dikenakan Rp15.000 per orang per hari.

Lihat Juga:   Pitta Guest House, Penginapan Murah di Kompleks P-WEC Malang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan