Rekomendasi Penginapan Nyaman Dekat Vihara Nam Hai, Sukabumi




Penginapan Petra - www.traveloka.com
Penginapan Petra - www.traveloka.com

Jika Anda kebetulan sedang liburan ke , jangan lupa mampir ke Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, atau lebih sering disingkat Vihara Nam Hai atau Klenteng Kwan Im. Pasalnya, tempat ibadah ini cukup unik karena tidak hanya dijadikan lokasi bersembahyang umat Buddha, melainkan juga terbuka untuk wisatawan. Selain punya panorama yang elok, di sekitar kuil ini juga sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa dijadikan lokasi bermalam.

Vihara Nam Hai bisa Anda temukan di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, sekitar 8 km dari pusat Kota Sukabumi. Untuk mencapai tempat ini, Anda memang terlebih dahulu harus ke Desa Simpenan. Jalan menuju vihara cukup mulus dan bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, untuk masuk ke vihara ini, konon kabarnya wisatawan akan dikenakan retribusi oleh pemda setempat dengan bervariasi.

Dilansir dari Wikipedia, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa dibangun oleh Anotahi Kamonwathin (Mama Airin), seorang etnis Thailand yang telah menjadi warga negara Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2000 silam. Menurut keterangan warga setempat, Mama Airin bermimpi bahwa lokasi vihara ini telah ada sejak 600 tahun silam namun menjadi hilang karena termakan waktu. Karena itu, ia pun berinisiatif untuk membangun kembali tempat ibadah ini. Setelah mencari lokasi yang mirip dalam mimpinya di Gunung Batu, Malang, dan Gunung Kidul, , Mama Airin akhirnya menemukan tempat yang pas di daerah Sukabumi.

Jalan masuk harus melalui tangga yang di ujungnya terdapat sepasang naga berkepala 7 dengan ekornya mengelilingi tangga sampai ke atas. Cukup banyak anak tangga yang perlu dilewati, sekitar 500 tangga untuk mencapai bangunan paling atas. Tetapi, Anda jangan khawatir, karena di beberapa lokasi sudah terdapat tempat duduk untuk beristirahat.

Ada beberapa patung yang bisa Anda temukan ketika melewati anak tangga menuju vihara. Di samping tangga masuk, terdapat altar Dewi Bumi Nam Hai, sedangkan naik beberapa anak tangga, sudah menunggu altar Dewa Julaihud. Terdapat juga area yang cukup lapang dengan pemandangan ke laut lepas serta ornamen patung Buddha kecil di pinggir temboknya.

Setelah altar Dewa Julaihud ini, perjuangan mendaki tangga dimulai, karena cukup banyak anak tangga yang harus dilalui. Anda pun akan menjumpai altar utama Dewi Kwan Im. Ini adalah altar utama, dengan pemandangan yang indah. Naik lagi ke atas, Anda akan sampai di Padepokan Eyang Semar, kemudian juga ada Padepokan Prabu Siliwangi.

Di samping itu, wisatawan juga akan menemukan Padepokan Ratu Pantai Selatan atau lebih dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Untuk masuk ke altar ini, wisatawan perlu izin terlebih dahulu kepada penjaga. Meski merupakan kepercayaan masyarakat Jawa kuno, konon Ratu Pantai Selatan ini juga dianggap sebagai putri dari Raja Thailand keempat.

Nah, bagi wisatawan yang datang dari luar kota, pihak pengelola Vihara Nam Hai sebenarnya juga telah menyediakan tempat bermalam. Namun, apabila Anda tidak kebagian , Anda bisa mencari beberapa akomodasi di sekitar vihara. Berikut deretan penginapan yang berlokasi tidak jauh dari tempat ibadah tersebut.

Lojiwood Beach Cottages

Penginapan ini beralamat di Jalan Pantai Loji, Kampung Cisantri RT 45 RW 13, Desa Sangrawayang, Simpenan, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Lojiwood Beach Cottages hanya berselang 856 meter menuju Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Jika wisatawan bertolak dari Jakarta, perlu menempuh 6-7 jam berkendara untuk tiba di properti ini.

Menurut ulasan para tamu, Lojiwood Beach Cottages dikatakan sebagai akomodasi yang nyaman dengan udara yang segar. Beberapa fasilitas yang disukai pengunjung antara lain kolam renang serta taman hijau. Selain itu, tempat ini juga cukup strategis karena dekat dengan pantai, Geopark Ciletuh, serta beberapa air terjun di Sukabumi.

Menawarkan lokasi yang strategis serta fasilitas yang tergolong mewah, tidak mengherankan jika kemudian kamar di Lojiwood Beach Cottages cukup menguras kantong. Pengelola mematok kamar tipe Standard mulai Rp750 ribu hingga Rp1,1 jutaan per malam. Jika Anda tertarik singgah, pemesanan bisa dilakukan via beberapa situs online atau nomor ponsel 0853 8383 3998.

Lojiwood Beach Cottages - www.agoda.com
Lojiwood Beach Cottages – www.agoda.com

Hotel Cipunaga

Akomodasi lainnya yang berada tidak jauh dari Vihara Nam Hai adalah Hotel Cipunaga. Properti ini terletak di Jalan Raya Geopark KM 10, Sanggrawayang, Kecamatan Simpenan, Sukabumi. Selain dekat dengan Vihara Nam Hai, penginapan ini juga berada tidak jauh dari spot populer lainnya seperti Pantai Cipunaga dan Geopark Ciletuh.

Menurut ulasan tamu yang pernah menginap, Hotel Cipunaga memiliki pemandangan laut lepas yang menawan. Di samping itu, banyak tamu yang juga menyukai area parkir kendaraan yang cukup luas serta tarif kamar yang sangat bersahabat. Fasilitas di dalam kamar pun lumayan baik, termasuk ranjang tipe single atau double serta TV dan kamar mandi pribadi.

Sayangnya, tidak ada bocoran resmi dari pengelola mengenai tarif kamar di penginapan ini. Karena itu, apabila Anda berminat singgah selama liburan ke Sukabumi dan Vihara Nam Hai, mengenai ketersediaan dan biaya sewa kamar dapat Anda peroleh langsung ke lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0857 5954 7777.

Hotel Cipunaga - @Prabu Misfa
Hotel Cipunaga – @Prabu Misfa

Penginapan Petra

Bagi Anda yang membutuhkan hotel kelas melati, Penginapan Petra merupakan salah satu rekomendasi yang bagus. Akomodasi ini bisa Anda temukan di Jalan Siliwangi No. 148, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Selain dekat dengan Vihara Nam Hai, Penginapan Petra juga tidak terlalu jauh dari Pantai Karang Pamulang dan Pantai Citepus.

Meski tergolong hotel kelas melati, namun fasilitas yang disediakan Penginapan Petra ternyata cukup memadai. Ketika bermalam, tamu akan menemukan fasilitas seperti kipas angin atau AC, kamar 24 jam, ranjang tipe single bed atau double bed, hingga kamar mandi pribadi dan beverage seperti air mineral dan kopi.

Untuk bisa bermalam di tempat ini, pengelola mematok tarif 3 Single Bed Room dengan biaya mulai Rp200 ribuan per malam. Sementara, sewa kamar Standard AC mulai Rp300 ribuan per malam, sedangkan tarif Twin Room mulai Rp350 ribuan per malam. Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi beberapa situs booking online.

Penginapan Petra - www.traveloka.com
Penginapan Petra – www.traveloka.com
Lihat Juga:   Saung Geulis Hotel, Akomodasi Asri di Cisaat Sukabumi Dekat Situ Gunung




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*